Hindari Salah Langkah! Ini 5 Cara Buka Barbershop Kekinian

Sebarkan artikel ini

Salah satu jasa yang dari dulu hingga sekarang masih dibutuhkan adalah jasa cukur rambut atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama kekinian yakni barbershop. Tak heran jika sekarang sudah mulai bermunculan usaha barbershop yang menawarkan mode kekinian, sehingga sangat menarik bagi kaum milenial untuk mencukur rambut di tempat tersebut.

Seperti yang diketahui bersama, jasa cukur rambut memang banyak dibutuhkan. Maka tidak ada salahnya jika Anda ingin memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha barbershop. Jika Anda masih kebingungan harus memulai bisnis ini darimana, maka berikut cara membuka barbershop kekinian yang mudah:

  1. Menentukan Lokasi Usaha

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari lokasi yang tepat untuk usaha barbershop Anda. Pastikan Anda memilih lokasi yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Misalnya saja lokasi yang dekat dengan pasar, kampus atau bisa juga lokasi yang dekat dengan perkantoran.

Terlebih jika di lokasi yang ramai tersebut belum terdapat usaha barbershop yang lain, maka ini menjadi suatu kesempatan emas bagi Anda untuk mengembangkan usaha. Dalam penentuan lokasi juga harus disertai dengan bidikan siapa sajakah yang menjadi target pasar Anda.

  1. Menyiapkan Modal yang Cukup

Cara membuka barbershop yang kedua setelah menentukan lokasi yang tepat adalah dengan menyiapkan modal. Modal ini adalah komponen yang sangat penting saat akan memulai sebuah usaha. Sebab tanpa adanya modal maka apapun rencana Anda terhadap bisnis yang akan dirintis tidak akan terealisasi.

Dikarenakan uang adalah sesuatu yang tidak semua orang mempunyainya terlebih jika dalam jumlah yang banyak. Maka masalah modal ini yang bisa jadi sebuah masalah yang amat rumit.

Jika Anda ingin membutuhkan modal yang cukup besar, Ada beberapa alternatif solusi yang bisa ditempuh antara lain meminjam di bank atau koperasi, menggadaikan produk di pegadaian dan bisa juga Anda mencari mitra kerja untuk berbagi modal. Dengan begitu maka masalah modal akan segera tercukup dan siap untuk memulai usaha barbershop.

  1. Mempunyai Tukan Potong Rambut yang Kompeten

Ketika Anda ingin mengetahui cara membuka barbershop kekinian, maka tentu Anda harus memiliki keahlian di bidang potong rambut. Jika Anda tidak memiliki keahlian di bidang ini, maka lakukanlah kursus potong rambut. Atau jika tidak Anda bisa mempekerjakan karyawan yang memang berkompeten di bidang potong rambut.

Saat akan menempuh cara yang kedua yaitu merekrut karyawan, pastikan Anda harus selektif dalam memilihnya. Karena penentuan bagaimana jalannya usaha Anda secara tidak langsung berada di tangannya. Saat pelanggan merasa puas dengan hasil potongan rambutnya maka bisa jadi kedepan usaha Anda akan semakin lancar. Tetapi sebaliknya jika pelanggan tidak merasa puas, bukan tidak mungkin usaha Anda akan sepi.

Untuk menjawab permintaan pelanggan, tukang potong tersebut harus bisa memotong dengan gaya rambut apapun. Mulai dari kalangan dewasa, tua, remaja bahkan hingga potongan yang biasa diinginkan oleh anak-anak.

  1. Lakukan Promosi yang Menarik

Mengenalkan sebuah produk atau jasa kepada khalayak ramai adalah sebuah keharusan saat memulai bisnis baru. Sebab melalui promosi inilah, pelanggan akan mengetahui keberadaan Anda dan bisnis yang dijalankan.

Saat pelanggan awal datang berikanlah layanan yang terbaik, selanjutnya dari pelanggan awal inilah usaha Anda dipertaruhkan. Karena jika dia merasa puas maka bisa dipastikan ikut andil dalam promosi dengan cara menceritakan mengenai usaha Anda kepada orang-orang di lingkungan sekitarnya.

Saat awal pembukaan usaha barbershop, Anda juga bisa mengadakan promo menarik. Contohnya tiga kali potong gratis sekali, atau bisa juga dengan memberikan hadiah kepada para pelanggan pertama yang hadir. Adanya promo yang Anda lakukan akan mengundang pelanggan baru untuk ikut menggunakan jasa yang ditawarkan.

  1. Bekerjasama dengan Usaha Lain

Cara membuka barbershop agar bisa terus berkembang menjadi bisnis yang sukses adalah dengan mengadakan kerjasama dengan usaha lain. lama kelamaan barbershop tidak hanya akan digunakan sebagai tempat untuk potong rambut saja, tetapi lebih dari itu Anda bisa juga menambahkan kafe di dalamnya.

Dengan adanya kafe di dalamnya memberikan banyak manfaat loh, diantaranya adalah bisa digunakan sebagai tempat bersantai sembari ngopi bagi pelanggan yang belum mendapat giliran untuk potong rambut. Selain itu, jika pelanggan Anda tidak datang sendirian, tentu yang menunggui pun tidak merasa jenuh jika ada kafe yang nyaman sebagai tempat untuk menunggu.

Ditambah lagi kafe tersebut juga menyediakan berbagai cemilan hingga makanan berat. Penting juga untuk menyediakan pojok baca, teruntuk pelanggan yang memang menyukai aktivitas membaca.

Cara membuka barbershop di atas adalah cara-cara yang paling banyak dipraktikkan oleh para pebisnis barbershop. Semoga setelah mengetahui mengenai informasi cara-cara tersebut bisa membantu barbershop Anda semakin sukses dan ramai pelanggan.

Jangan lupa juga untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan lama maupun  baru agar mereka tetap berlangganan dengan Anda. Jangan sampai sedikit kesalahan yang Anda lakukan menghancurkan usaha yang sudah Anda bangun dengan susah payah.

Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

banner Hindari Salah Langkah! Ini 5 Cara Buka Barbershop Kekinian

Tim SBF