Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil KPR Agar Tidak Salah Pilih

Sebarkan artikel ini

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kini menjadi salah satu solusi pembelian properti yang banyak diambil oleh masyarakat. Harga properti yang terus melambung dengan cukup signifikan memang membuat properti hampir menjadi barang yang tidak bisa dibeli secara cash. Oleh karena itu, kredit menjadi salah satu solusi yang terbaik untuk ditempuh, meskipun memberikan risiko menanggung hutang.

Dewasa ini, sudah cukup banyak agen KPR yang menyediakan layanan untuk mempermudah Anda mendapatkan properti impian, terutama rumah. Adanya banyak agen KPR memang akan memberikan keleluasaan untuk memilih. Hanya saja, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengambil KPR agar Anda tidak salah dalam memilih. Jika salah pilih, tentu Anda akan merasakan kerugian yang tidak sedikit.

Ya, mempertahankan hal-hal di sekitar KPR menjadi penting sebelum Anda memutuskan mengambil KPR. Lantas, apa saja hal-hal tersebut yang perlu untuk diperhatikan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

  1. Mengetahui Besaran Plafon Kredit

Diantara hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil KPR, mengetahui besarnya plafon kredit tersebut. Ini adalah salah satu hal yang harus dilakukan di awal agar urusan KPR Anda berjalan dengan lancar. Perlu diketahui bahwa setiap bank menawarkan limit plafon yang berbeda-beda untuk pinjaman KPR.

Nah, dengan mengetahui besaran plafon dari bank tersebut, tentu Anda bisa melakukan kalkulasi terhadap berapa kebutuhan Anda untuk KPR tersebut. Dalam hal ini, tentu saja Anda tidak akan mengajukan KPR yang melebihi plafon karena pasti apa yang Anda ajukan akan ditolak oleh pihak bank.

  1. Menghitung Suku Bungatax-300x129 Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil KPR Agar Tidak Salah Pilih

Jika Anda ingin mengambil kredit di bank, maka hal yang harus Anda perhatikan adalah suku bunga. Ya, dalam hal ini, bank memberlakukan suku bunga terhadap para nasabah yang akan mengajukan KPR. Nah, dalam hal ini, besaran bunga yang ditetapkan oleh pihak bank cukup berbeda dari bank satu dan bank lainnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda mengajukan KPR, maka pastikan Anda memahami besaran bunga yang harus dibayarkan. Tidak hanya itu, diantara hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil KPR, Anda juga perlu mengetahui simulasi pembayaran cicilan tiap bulan. Mintalah pihak bank untuk menjelaskannya pada Anda.

Hal lain yang cukup penting berkaitan dengan bank adalah usahakan untuk memilih KPR syariah. Ada keuntungan yang akan Anda dapatkan jika mengambil KPR syariah, terlebih non-bank. Selain cicilan yang flat dari awal hingga lunas, dalam kredit tersebut Anda akan terbebas dari jeratan riba.

  1. Masa Pinjaman KPR

pd1-300x150 Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil KPR Agar Tidak Salah Pilih

Selain bunga dan simulasi, salah satu diantara hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil KPR adalah masa pinjaman. Ini adalah hal yang penting untuk diketahui agar Anda bisa memperkirakan sampai kapan Anda harus membayar cicilan per bulan.

Dalam hal ini, beberapa bank memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai masa pinjaman. Biasanya, pihak bank akan memberikan tenggat waktu KPR hingga 15 tahun. Namun, ada juga bank yang memberikan tenggat waktu hingga 20 tahun. Perhatikan hal ini dengan bijak agar Anda bisa memperkirakan besaran cicilan per bulan yang dibayarkan.

  1. Memperbaiki Track Record Pinjaman

Untuk fokus pada pengajuan KPR, Anda juga perlu memperhatikan riwayat pinjaman. Perlu diketahui, Anda akan mendapatkan beberapa syarat untuk mengajukan KPR. Dalam hal ini, track record dari pinjaman memiliki dampak yang cukup signifikan dalam keputusan pinjaman.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan KPR, maka sebaiknya Anda memperbaiki track record dari pinjaman, terlebih jika Anda sudah sering mengambil pinjaman di bank. Pihak bank tentu tidak akan mengambil risiko menyetujui KPR bagi mereka yang memiliki riwayat peminjaman yang bermasalah.

  1. Mempertimbangkan Penghasilan

pdutama-300x129 Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil KPR Agar Tidak Salah Pilih

Diantara hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil KPR, mempertimbangkan penghasilan pribadi adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, Anda tentu harus bisa untuk melakukan kalkulasi mengenai hal ini. Saat Anda mengajukan KPR, maka Anda tentu sudah setuju dengan konsekuensi yang didapatkan.

Ya, salah satu konsekuensi yang akan Anda hadapi adalah adanya tanggungan per bulan untuk dibayar. Dalam hal ini, tentu Anda harus bisa mengatur keuangan pribadi dengan baik. Manajemen keuangan yang baik diperlukan agar cicilan tetap berjalan lancar dan kebutuhan pribadi tetap terpenuhi. Mau tambahan penghasilan bulanan dengan bisnis untung terlengkap hanya dalam satu aplikasi? Bergabunglah dengan Fastpay. Klik di sini.

Oleh karena itu, ketika Anda memiliki penghasilan yang tidak terlalu besar, maka jangan mengambil properti dengan harga yang terlalu mahal. Harga properti yang terlalu mahal tentu akan memberatkan karena cicilan yang harus dibayarkan akan semakin besar.

Nah, dari beberapa poin di atas, Anda bisa melihat hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil KPR guna mendapatkan kemudahan dalam berburu property. Simak dan perhatikan beberapa hal tersebut agar Anda tidak salah melangkah.

Sebagai tambahan, selain hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil KPR tersebut, Anda juga harus melihat objek properti secara detail. Jangan sampai Anda yang sudah deal dalam pengajuan KPR mendadak kecewa karena properti yang dipilih tidak sesuai dengan keinginan.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil KPR Agar Tidak Salah Pilih


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil KPR Agar Tidak Salah Pilih

Tim SBF