Dampak Positif Cashless Society Bagi Bisnis Warung/Toko Kelontong

Sebarkan artikel ini

Perkembangan financial technology dengan produk uang digital membuat pertumbuhan cashless society terus meningkat. Disadari atau tidak, di berbagai wilayah di Indonesia transaksi tanpa uang tunai sudah merebak, bahkan sejak beberapa tahun terakhir. Kondisi ini tentu menimbulkan dampak cashless society yang cukup beragam.

Tidak hanya dalam urusan pemerintah atau penggunaan layanan publik, transaksi cashless juga mulai masuk dalam transaksi yang dilakukan di warung atau toko kelontong. Ya, saat ini sudah banyak toko kelontong atau warung yang menyediakan mobile payment untuk alat pembayaran yang lebih mudah, simple dan aman.

Beberapa Dampak Cashless Society Bagi Perkembangan Bisnis

Terus berkembangnya peran uang digital yang semakin masif hingga membawa terbentuknya cashless society memang memberikan berbagai macam dampak. Salah satu dampak yang cukup terasa terjadi pada perkembangan bisnis yang ada di masyarakat.

Nah, adapun beberapa dampak cashless society terkait dunia bisnis, termasuk di dalamnya warung dan toko kelontong adalah sebagai berikut:

  • Perputaran Transaksi yang Lebih Cepat

Ketika transaksi masih berkutat secara tunai, maka seorang pembeli harus bertemu dengan penjual. Ada jarak yang harus ditempuh sebelum melakukan transaksi. Jika jarak ini jauh, maka ada waktu yang harus dialokasikan hingga nantinya transaksi akan terjadi. Hal inilah yang membuat transaksi tunai menjadi lama dan tak kunjung selesai.

Munculnya cashless society memberikan perubahan yang cukup signifikan dalam transaksi yang dilakukan. Dengan mobile payment, kini seorang pembeli bisa melakukan transaksi melalui virtual connection di mana ia dan penjual tidak harus bertemu. Selain itu, pembayaran bisa juga dilakukan dengan jarak jauh.

Kondisi inilah yang nantinya akan membuat perputaran transaksi yang lebih cepat. Bagi penjual atau pebisnis, transaksi yang lebih cepat berarti kemungkinan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

  • Promosi yang Lebih Menarik

Perlu diketahui bahwa mobile payment kini disediakan oleh cukup banyak penyedia jasa yang memberikan peluang bagi pebisnis untuk bekerja sama. Kerja sama dengan penyedia mobil payment ini tentu saja akan menghasilkan dampak cashless society yang cukup kentara.

Dengan adanya penyedia mobile payment tersebut, pebisnis akan mendapatkan platform promosi yang baru. Dengan platform ini, promosi bisa dilakukan dengan lebih menarik dan modern. Efek yang nantinya akan ditimbulkan adalah pelanggan akan menjadi lebih mudah untuk menemukan produk yang mereka inginkan dan transaksi akan terjadi.

  • Catatan Transaksi Lebih Rapi

Hal lain yang menjadi dampak cashless society bagi para pelaku bisnis, seperti pemilik toko kelontong dan lainnya, adalah catatan transaksi yang cenderung lebih rapi. Sebagaimana diketahui bahwa pencatatan transaksi adalah hal yang sangat penting dan tentu saja berdampak pada perkembangan bisnis yang dijalankan.

Ketika menggunakan uang tunai, pencatatan keuangan seringkali tidak terlalu rapi dan ada saja dana yang terselip dan akhirnya hilang. Kondisi ini tentu saja merugikan, terutama untuk toko yang memiliki margin keuntungan terbatas.

Nah, dengan adanya cashless transaction, maka pencatatan transaksi bisa dilakukan dengan sangat baik dan akurat. Semua transaksi akan tercatat pada sistem yang tersedia. Dengan demikian, risiko dana yang terselip dan hilang tentu hampir dipastikan tidak ada.

  • Pelayanan Bisa Lebih Baik

Salah satu dampak cashless society yang juga positif terutama untuk para pebisnis dan pemilik toko kelontong adalah pelayanan yang diberikan cenderung bisa lebih baik. Sebagaimana diketahui, pelayanan yang terbaik adalah hal yang sangat penting bagi para pemilik toko kelontong.

Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, tentu saja para pelanggan akan cenderung lebih puas dan gambaran mendapatkan pelanggan baru bisa menjadi target yang bisa dicapai. Nah, dengan pembayaran cashless, maka transaksi bisa dilakukan dengan cepat.

Tentu, banyak pelanggan yang ingin melakukan transaksi dengan cepat karena diburu waktu atau kondisi yang cenderung ramai. Dengan adanya pembayaran cashless ini, pelanggan tentu tidak perlu menunggu lama untuk melakukan pembayaran atau menunggu kembalian layaknya transaksi tunai.

Beberapa dampak cashless society di atas tentu hanya sebagian kecil dari manfaat dari financial technology yang sedang dan terus berkembang saat ini. Tentu, masih banyak manfaat yang akan didapatkan di mana bisa menjadi alasan kenapa pembayaran cashless ini perlu diterapkan pada toko kelontong yang dikelola.

Tips Menggunakan Pembayaran Cashless Bagi Pebisnis

Tidak dipungkiri memang bahwa dampak cashless society cenderung lebih memberikan sentuhan yang positif dibandingkan yang negatif. Selain itu, perkembangan dunia financial technology yang semakin maju tentu akan memberikan peluang bisnis yang lebih besar untuk para pebisnis.

Namun, tentu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi para pelaku bisnis sebelum memanfaatkan teknologi ini. Adapun beberapa tips menggunakan pembayaran cashless bagi pebisnis adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan Beberapa Alat Pembayaran

Saat ini, ada cukup banyak penyedia jasa pembayaran mobile atau cashless yang populer di kalangan masyarakat. Sayangnya, beberapa penyedia tersebut belum bisa terhubung satu sama lain. Artinya, perlu device yang seragam agar transaksi tersebut bisa dilakukan dengan baik dan sukses.

Oleh karena itu, bagi pemilik toko kelontong, menyediakan beberapa jenis alat pembayaran cashless tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Dengan adanya beberapa alat pembayaran tersebut, maka pelanggan bisa memilih mana platform pembayaran yang akan digunakan sesuai dengan platform yang mereka miliki.

Hal ini sebenarnya simple, namun sangat berpengaruh. Dengan adanya beberapa jenis platform pembayaran cashless, maka toko kelontong yang dikelola akan memiliki daya tarik tersendiri.

  • Tulis Dalam Layanan

Meskipun saat ini dunia pembayaran cashless terus bertumbuh dan meluas, namun belum terlalu banyak toko kelontong –terutama yang menggunakan modal kecil, menggunakan perkembangan teknologi yang satu ini. Oleh karena itu, banyak calon pelanggan yang bisa saja belum tahu jika ada layanan pembayaran cashless yang disediakan.

Nah, dalam hal ini, pemilik toko kelontong sebaiknya menuliskan tersedianya layanan pembayaran cashless dalam layanan yang mereka berikan. Dengan penulisan ini, maka calon pelanggan tentu akan mengetahui layanan yang diberikan ini dan menjadi salah satu cara promosi yang lebih menarik dibandingkan dengan ide promosi lainnya.

  • Update Informasi

Tidak dimungkiri bahwa dampak cashless society akan semakin besar dengan pemutakhiran layanan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, senantiasa update mengenai perkembangan dunia transaksi virtual dan fitur dalam alat pembayaran yang disediakan menjadi penting.

Dengan senantiasa update informasi, maka ada pembaruan yang bisa ditawarkan. Misalnya saja, adanya cashback yang ditawarkan dan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan untuk melakukan transaksi di toko kelontong yang Anda kelola.

Demikian beberapa ulasan mengenai dampak cashless society yang positif terutama bagi para pelaku usaha, termasuk pemilik toko kelontong. Memang, seiring perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat, sikap terbuka terhadap perkembangan tersebut menjadi penting guna menunjang bisnis yang dikelola.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online, aplikasi toko kelontong, aplikasi warung

Tim SBF