Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Wajib Kamu Ketahui untuk Mudik Lebaran

Sebarkan artikel ini

Rest area Tol Trans Jawa wajib kamu ketahui sebelum melakukan perjalanan atau mudik menggunakan kendaraan pribadi. Ada 77 titik rest area di Tol Trans Jawa yang bisa jadi panduan selama berada di jalan tol.

  • 77 titik rest area dibangun sebagai fasilitas untuk pengguna jalan tol.
  • Ada dua jenis rest area di Tol Trans Jawa dengan kode A dan B.
  • Pastikan sebelum menggunakan jalan tol, saldo e-toll sudah terisi.

Tol Trans Jawa dengan panjang 1.167 km membentang dari Merak di ujung barat Pulau Jawa hingga Probolinggo. Dengan jalur yang panjang tersebut, kamu tidak perlu khawatir bila perlu berhenti untuk istirahat sejenak, membeli makanan dan minuman, isi angin ban atau untuk mengisi BBM.

daftar-panjang-tol-trans-jawa Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Wajib Kamu Ketahui untuk Mudik Lebaran

Disepanjang Tol Trans Jawa disediakan titik-titik rest area yang bisa kamu gunakan untuk mengisi bahan bakar atau sekedar beristirahat.

Rest area di Tol Trans Jawa memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Contohnya beberapa rest area di jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Saat melewati jalan tol yang memiliki panjang mencapai 116 kilometer ini, pengendara dapat beristirahat sejenak di delapan rest area.

Di rest area Tol Trans Jawa, kamu juga bisa melakukan top up saldo e-toll di gerai minimarket yang ada di rest area ini. Pastikan saldo e-toll kamu cukup dengan tarif tol yang bervariasi sesuai tujuan kamu.

Baca juga: Mau Mudik? Cek Tarif Tol Trans Jawa Jakarta ke Semarang, Solo, Surabaya

Perbedaan Kode A dan B pada Rest Area

Fasilitas
Rest Area berkode A dikategorikan sebagai rest area dengan fasilitas lengkap yang memiliki bengkel, resto, kios, ATM, pengisian e-toll, toilet, klinik kesehatan, minimarket, masjid/musholla, SPBU, ruang terbuka hijau dan lahan parkir yang cukup luas.

Rest Area berkode B, dari skala ukuran wilayah lebih kecil dibandingkan tipe A. Dari segi fasilitas untuk isi ulang e-toll, ATM, restoran, kios, tempat parkir, toilet, mushola hingga minimarket.

Arah dan Wilayah
Untuk Tol Trans Jawa, rest area dengan kode A lokasinya berada di jalur yang pergi meninggalkan Jakarta menuju ke arah Timur. Sedangkan, untuk rest area dengan kode B adalah jalur yang menuju ke arah Jakarta atau menuju Barat.

Daftar Rest Area Tol Trans Jawa

Rest area Tol Trans Jawa memiliki 77 titik, berikut daftarnya.

  • Ruas Tol Merak – Tangerang
    Rest area: KM 42 A, KM 43 B, KM 45 B, KM 68 A, KM 68 B.
  • Ruas Tol Tangerang – Jakarta
    Rest area: KM 14B dan KM 13+500 A.
  • Ruas Tol Jagorawi
    Rest area: KM 11+250 A, KM 21 B, KM 22 B, KM 35+650, KM 38+950, KM 38 A, KM 46+050 A.
  • Ruas Tol Cipularang
    Rest area: KM 72 A, KM 72 B, KM 88 A, KM 88 B, KM 97 B
  • Ruas Tol Jakarta – Cikampek
    Rest area: KM 6 B, KM 19 A, KM 32 B, KM 33 A, KM 33 B, KM 39 A, KM 42 B, KM 52 B, KM 57 A, KM 58 B, KM 59 A, KM 60 A, KM 62 B, KM 71 B.
  • Ruas Tol Purbaleunyi
    Rest area: KM 73 B, KM 88 B, KM 97 B, KM 125 B, KM 149 B.
  • Ruas Tol Palimanan – Kanci
    Rest area: KM 207 A, KM 208 B, Parking bay KM 191+450 A
  • Ruas Tol Kanci – Pejagan
    Rest area: KM 229 B.
  • Ruas Tol Pejagan – Pemalang
    Rest area: KM 260 B, KM 282 B.
  • Ruas Tol Batang – Semarang
    Rest area: KM 389 B, KM 360 B, KM 379 A, KM 391 A, KM 429 A.
  • Ruas Tol Semarang – Solo
    Rest area: KM 419 B, KM 429 B, KM 456 B, KM 487 A, KM 487 B, KM 538 A.
  • Ruas Tol Solo – Ngawi
    Rest area: KM 456+600 A, KM 456+600 B, KM 467 A, KM 482 A, KM 519+250 A, KM 519 B, KM 538+400 A, KM 538 B, KM 575 A, KM 575 B.
  • Ruas Tol Ngawi – Kertosono
    Rest area: KM 597 B, KM 626 B, KM 640 B.
  • Ruas Tol Surabaya – Mojokerto
    Rest area: KM 725 A, KM 725 B.
  • Ruas Tol Surabaya – Gempol
    Rest area: KM 26 A, KM 25 B.
  • Ruas Tol Gempol – Pasuruan
    Rest area: KM 16 A dan KM 64 A.
  • Ruas Tol Pasuruan – Probolinggo
    Rest area: KM 833 A, KM 833 B.

Daftar rest area di Tol Trans Jawa yang ada di atas, bisa digunakan masyarakat untuk beristirahat sejenak dalam perjalanan atau pada momen mudik lebaran 2022 nanti. Sehingga, kondisi tubuh pengendara kembali dalam kondisi baik saat melanjutkan perjalanan.

Referensi Rest Area Terbaik di Tol Trans Jawa

1. Rest Area KM 88 B
Rest area KM 88 B ini berada di ruas tol Purbaleunyi. Ada apa di rest area ini? Rest area KM 88 B memiliki masjid yang sangat populer dan megah, bernama Masjid Al Safar. Masjid ini yang paling besar di sepanjang rest area Tol Trans Jawa.

rest-area-km88 Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Wajib Kamu Ketahui untuk Mudik Lebaran

2. Rest Area KM 429 A
Rest Area KM 429 A berada di ruas tol Batang – Semarang. Memiliki pemandangan berupa pegunungan yang bisa membuat kamu rileks setelah mengendara seharian. Ada pula taman bermain anak hingga cafe populer seperti Starbucks yang bisa kamu nikmati di titik rest area ini.

rest-area-km429 Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Wajib Kamu Ketahui untuk Mudik Lebaran

3. Rest Area KM 97 B
Rest Area KM 97 B terletak di ruas tol Cipularang. Mempunyai fasilitas yang lengkap salah satunya terdapat Masjid Al-Miraj yang megah. Tempat ini menjadi pusat perhatian bagi para masayrakat yang baru saja pulang dari Bandung dan hendak melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. Di tempat ini ada banyak toko dan restoran. Kamu dapat membeli buah tangan dan berbagai cemilan. Rest area ini selalu ramai karena menjadi salah satu rest area yang luas dan megah.

rest-area-km97 Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Wajib Kamu Ketahui untuk Mudik Lebaran

Manfaatkan fasilitas yang ada di rest area disepanjang Tol Trans Jawa ini. Hindari terus mengemudi bila kamu merasa sudah kelelahan. Rest area dibangun salah satunya sebagai tempat istirahat sejenak. Perlu diingat, batas berada di rest area adalah 12 jam karena berhubungan dengan masa aktif etoll ketika melewati gerbang tol hingga gerbang berikutnya.

Isi Saldo Etoll di Fastpay

Pastikan sebelum melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi saldo etoll kamu cukup untuk perjalanan menuju kota tujuan. Kamu bisa top up saldo etoll di Agen Fastpay terdekat dengan mudah. Jangan lupa untuk update saldo etoll dan pastikan sudah terisi.

Peluang Bisnis PPOB Digital dan Top UP E-Money

Fastpay membuka kesempatan buat kamu untuk menjadi agen PPOB, top up emoney yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, seperti Gopay, Ovo, DANA, LinkAja, Shopeepay, Speedcash, saldo e-toll Mandiri, BRIZZI, BNI TapCash , dll.

Gak cuma berbisnis top up emoney, kamu juga bisa bisnis PPOB, bisnis tiket travel, bisnis pulsa internet, dll. Semua layanan bisnis ada di Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay Terlengkap

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa melayani pembayaran tagihan bulanan terlengkap, menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan hanya modal kecil saja untuk bisnis PPOB Fastpay. Menjadi Agen Fastpay atau Mitra Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB terlengkap; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; layanan transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Bisa transaksi dan transfer uang menggunakan EDC Fastpay.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Wajib Kamu Ketahui untuk Mudik Lebaran ic_temukan-di-googleplay Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Wajib Kamu Ketahui untuk Mudik Lebaran
asset-bisnis-ppob-terlengkap Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Wajib Kamu Ketahui untuk Mudik Lebaran

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/