Cek Tagihan Listrik Lebih Mudah Dengan E-Billing Pln

Sebarkan artikel ini

Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk manusia di zaman yang modern ini. semua orang membutuhkan listrik untuk memenuhi segala aktivitasnya. Tidak heran jika masyarakat tidak keberatan untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya.

Untuk membayar tagihan listrik, kebanyakan orang masih menggunakan cara yang manual yakni datang langsung ke outletnya. Padahal, saat ini ada cara yang lebih praktis untuk dilakukan yakni dengan menggunakan e-Billing PLN.

Apa yang dimaksud dengan E-Billing PLN? Nah, kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai e Billing PLN. Namun, sebelum itu Anda harus tahu betapa pentingnya listrik bagi kehidupan.

Bagi kehidupan, listrik menjadi salah satu energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia, apalagi saat ini dimana semua aktivitas dilakukan dengan menggunakan bantuan listrik. bahkan, tanpa adanya listrik banyak sekali kegiatan yang tidak bisa dilakukan karena tertunda. Bahkan, mati listrik satu jam saja bisa membuat sebuah perusahaan mengalami kerugian yang besar.

Misalnya saja di pabrik baju, saat listrik mati satu jam, maka proses produksi baju akan terhambat selama satu jam. Jika satu jam bisa menghasilkan 100 baju, maka perusahaan akan rugi 100 baju hanya dalam waktu satu jam selama listrik pada.

Hal ini karena mesin-mesin yang ada di pabrik kini dikendalikan oleh listrik. Sehingga saat listrik padam, maka secara otomatis kegiatan yang ada di pabrik akan berhenti. Karena itu, keberadaan listrik ini sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, listrik harus dibayarkan setiap bulannya. Nah, salah satu cara untuk membayar tagihan listrik adalah dengan menggunakan e-Billing PLN. Sebenarnya apa si yang dimaksud dengan e-Billing PLN itu?

E-Billing PLN adalah sebuah metode yang digunakan untuk membayar tagihan listrik secara elektronik dengan menggunakan kode Billing. Bisa dikatakan ini adalah metode pembayaran tagihan listrik secara online.

Dengan menggunakan layanan ini, maka Anda tidak perlu repot-repot dan capek-capek datang ke outlet PLN hanya untuk mengecek dan membayar tagihan listrik bulanan. Lantas bagaimana caranya? Nah, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini juga akan dibahas caranya secara lengkap.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Menggunakan E-Billing PLN

1. Menggunakan website

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan website. Nah, salah satu website yang bisa Anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik bulanan adalah dengan mengunjungi www.cekbill.com.

Di sini, Anda bisa menemukan berapa jumlah tagihan listrik yang harus dibayarkan setiap bulannya. Untuk mengecek tagihan listrik di sini juga mudah lho, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya yang ada di bawah ini.

  • Bukalah website tersebut
  • Jika sudah berhasil, nantinya Anda akan menemukan navigasi yang bertuliskan cek tagihan listrik PLN yang terletak di sebelah kiri halaman.
  • Setelah itu, langsung saja masukkan ID pelanggan PLN Anda pada kolom yang sudah ada.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kode captcha dengan tujuan untuk melakukan verifikasi.
  • Setelah itu, akan muncul cek tagihan dan langsung saja Anda klik cek tagihan tersebut. Maka secara otomatis tagihan listrik  bisa Anda lihat beserta dengan status pembayarannya.

2. Menggunakan Android

Untuk Anda para pengguna android, kini Anda juga bisa melakukan pembayaran dan pengecekan tagihan listrik bulanan dengan menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi ini disebut dengan PLN Mobile for Android.

Pada aplikasi ini, Anda akan menemukan fitur yang bisa digunakan untuk menghubungi pusat pelayanan PLN 123 tanpa harus melalui telepon rumah maupun operator seluler. Namun, fitur ini menawarkan Anda menghubungi layanan PLN dengan menggunakan Voice Over Internet Protocol (VoIP).

Tentunya untuk bisa mengecek sekaligus membayar tagihan listrik menggunakan cara ini, maka Anda harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Untuk memilikinya, Anda bisa langsung mengunduhnya melalui Play Store.

Setelah itu, langsung saja buka aplikasinya dan pilih menu informasi . jika sudah, langsung saja pilih menu Informasi tagihan listrik dan token listrik. Jangan lupa untuk memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran Anda.

Jika sudah, langsung klik Car dan secara otomatis aplikasi akan menunjukkan status tagihan listrik beserta nominalnya. Jika Anda akan membayar, langsung saja klik bayar menggunakan E-Billing pln.

3. Menggunakan iOS

Bagi Anda para pengguna ponsel iOS., Anda juga bisa melakukan E Billing PLN dengan menggunakan iOS Anda. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda unduh di App Store untuk melakukan pengecekan sekaligus pembayaran.

Mulai dari PLN Mobile, Tagihan listrik PLn dan masih banyak lainnya. Namun, jika Anda ingin menggunakan aplikasi resmi dari PLN, maka Anda bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile saja.

Aplikasi ini tidak hanya dilakukan untuk melakukan E Billing saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengecek riwayat pemakaian listrik, info lokasi pembayaran, status pembayaran dan masih banyak lainnya.

Nah, bagi Anda yang sudah memiliki aplikasi ini, cara menggunakannya juga sangat mudah lho. Caranya saja seperti saat Anda menggunakan aplikasi yang berbasis Android dari PLN Mobile.

4. Melalui Email PLN

Cara melakukan E-Billing LN selanjutnya adalah dengan menggunakan email PLN. Dengan menggunakan cara ini maka Anda bisa memperoleh info seputar tagihan yang harus dibayarkan melalui email.

Jika Anda ingin menggunakan cara ini, maka Anda harus terdaftar dulu pada e-Billing PLN. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menghubungi pln123@pln.co.id atau Anda juga bisa menghubungi customer service pln secara langsung di 123.

Dengan menggunakan layanan ini, maka Anda akan lebih nyaman dalam menggunakan listrik bahkan, Anda juga bisa menghemat listrik bulanan lho. Hal in karena mengingat ketersediaan listrik mulai terbatas sedangkan kebutuhan manusia akan listrik semakin bertambah.

Dengan menghemat listrik, hal ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk menghemat tagihan bulanan. Saat Anda belajar berhemat, maka Anda sendiri yang akan merasakan hasilnya di akhir bulan dimana tagihannya juga sedikit.

Karena itu, biasakan untuk tidak menggunakan listrik di siang hari. Sebab, hal ini tidak begitu dibutuhkan kecuali untuk hal-hal tertentu saja. lantas, bagaimana sih cara menghemat listrik? Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan diantaranya seperti mematikan lampu saat tidak digunakan, mematikan TV saat tidak ditonton, mencabut charger setelah tidak digunakan dan masih banyak lainnya.

Jadilah masyarakat yang bijak dengan hemat menggunakan listrik. Sisakan listrik untuk generasi selanjutnya agar mereka merasakan nikmatnya dunia dengan adanya listrik.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan e Billing pln? Cara ini tentunya sangat praktis dan membantu terutama dalam hal pengecekan biaya bulanan. Dengan begitu, maka Anda bisa mempersiapkan berapa nominal yang harus dibayarkan setiap bulannya. Semoga adanya informasi ini bisa memberikan banyak manfaat dan membuat kita semua sadar akan penting dan perlunya berhemat pada listrik.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

banner Cek Tagihan Listrik Lebih Mudah Dengan E-Billing Pln

Tim SBF