Cek Disini Vaksin Booster di Stasiun sebagai Syarat Perjalanan

Sebarkan artikel ini

Syarat vaksin booster sebagai syarat perjalanan sudah diberlakukan mulai 17 Juli 2022. Buat yang belum dapat booster, vaksin booster di stasiun ini gratis bisa dilakukan untuk pelanggan kereta api dan masyarakat umum.

PT KAI menghadirkan layanan vaksin booster di stasiun gratis untuk jenis Pfizer dan Sinovac, yang telah menjadi syarat naik kereta api mulai 17 Juli 2022. Tujuan dari layanan vaksin booster ini untuk membantu calon penumpang melengkapi syarat perjalanan menggunakan kereta api.

Layanan vaksin booster dari KAI tidak terbatas untuk penumpang kereta saja. Masyarakat umum dipersilakan mengikuti vaksin booster gratis dari KAI ini. Jadi jangan khawatir gak harus membeli tiket kereta dulu untuk bisa dapat vaksin ketiga alias booster ini.

Vaksin Covid-19 yang diadakan oleh PT KAI ini bisa untuk vaksin dosis satu, dosis dua hingga booster.

Syarat Vaksin Booster di Stasiun

Ada dua golongan yang bisa mendapatkan vaksin booster gratis yang diselenggarakan oleh PT KAI, yaitu bagi pelanggan kereta jarak jauh dan masyarakat umum. Masing-masing punya syarat dan ketentuan di bawah ini.

Syarat Vaksin Booster Bagi Pelanggan KA Jarak Jauh

Bagi pelangan KA Jarak Jauh yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi Covid-19 atau vaksin booster gratis dapat diperoleh dengan syarat berikut.

  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku.
  • Memiliki KTP datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api.
  • Khusus calon penumpang yang akan melakukan vaksin, diharapkan untuk tidak melakukan proses vaksinasi pada hari yang sama dengan hari yang sama dengan jadwal keberangkatan. Dikhawatirkan antrian yang ada dapat mempengaruhi jadwal keberangkatan penumpang.

Syarat Vaksin Booster Bagi Masyarakat Umum

Adapun untuk masyarakat umum, syarat vaksinasi booster di stasiun adalah sebagai berikut.

  • Memperlihatkan NIK atau KTP.
  • Memberitahukan riwayat vaksinasi kepada petugas.

Lokasi Vaksin Booster di Stasiun

PT KAI memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat umum dengan menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 hingga booster gratis di berbagai stasiun-stasiun.

lokasi-vaksin-booster-di-stasiun Cek Disini Vaksin Booster di Stasiun sebagai Syarat Perjalanan

Adapun jam operasional yang dilayani untuk vaksin booster mulai pukul 08.00 hingga 12.00. Jadi khusus penumpang kereta jarak jauh bisa H-1 sebelum keberangkatan sesuai syarat di atas.

Berikut lokasi vaksinasi covid-19 dan vaksin booster gratis di berbagai stasiun dan fasilitas kesehatan KAI atau Klinik Mediska yang berlokasi di lingkungan stasiun.

  1. Daop 1 Jakarta
    Stasiun Gambir
    Stasiun Pasar Senen
    Stasiun Manggarai
  2. Daop 2 Bandung
    Stasiun Bandung
  3. Daop 3 Cirebon
    Klinik Mediska Stasiun Jatibarang
    Klinik Mediska Stasiun Cirebon
  4. Daop 4 Semarang
    Stasiun Semarang Tawang
    Klinik Mediska Stasiun Semarang Poncol
  5. Daop 5 Purwokerto
    Stasiun Purwokerto
    Klinik Mediska Stasiun Kroya
    Klinik Mediska Stasiun Kutoarjo
  6. Daop 6 Yogyakarta
    Klinik Mediska Stasiun Yogyakarta
    Klinik Mediska Stasiun Solo Balapan
  7. Daop 7 Madiun
    Klinik Mediska Stasiun Madiun
  8. Daop 8 Surabaya
    Pos Kesehatan Stasiun Surabaya Gubeng (08.00-14.00)
    Pos Kesehatan Stasiun Surabaya Pasar Turi (08.00-14.00)
    Klinik Mediska Stasiun Malang (08.00-14.00)
  9. Daop 9 Jember
    Klinik Mediska Stasiun Jember
    Klinik Mediska Stasiun Ketapang
  10. Divre 1 Medan
    Klinik Mediska Stasiun Medan
    Stasiun Tebing Tinggi
    Stasiun Rantau Prapat
  11. Divre 2 Padang
    Klinik Mediska Padang
  12. Divre 3 Palembang
    Klinik Mediska Palembang
    Stasiun Kertapati
    Klinik Mediska Tanjungkarang
    Stasiun Baturaja

PT KAI akan terus menambah jumlah stasiun dan klinik yang melayani vaksin Covid-19 gratis dan vaksin booster secara bertahap di berbagai lokasi lainnya.

Syarat Perjalanan Naik Kereta Api

Sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 per 17 Juli 2022.

KA Jarak Jauh

Syarat untuk naik KA Jarak Jauh, yaitu:

  1. Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.
  2. Bagi yang baru mendapatkan vaksin kedua, wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam.
  3. Bagi yang baru mendapat vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam.
  4. Bagi penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR yang berlaku 3×24 jam.
  5. Penumpang dengan usia 6-17 tahun wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif skrining Covid-19. Jika vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam.
  6. Penumpang usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Selengkapnya bisa dilihat dalam tabel syarat perjalanan kereta api, pesawat domestik, bus AKAP dan kapal PELNI berikut.

table-syarat-perjalanan-terbaru17-juli-fastpay Cek Disini Vaksin Booster di Stasiun sebagai Syarat Perjalanan

KA Lokal dan Aglomerasi

Syarat untuk naik KA Lokal dan Aglomerasi, yaitu:

  1. Vaksin minimal dosis pertama.
  2. Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR.
  3. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.
  4. Penumpang usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Ayo, manfaatkan layanan vaksinasi gratis dari PT KAI yang disediakan, sehingga penyebaran pandemi Covid-19 dapat lebih terkendali sekaligus menjadikan perjalanan kereta api tetap nyaman dan sehat. (tgh)

Dapatkan Tiket Perjalanan Lengkap di Fastpay

Buat kamu yang merencanakan perjalanan antara kota atau antar provin dan antar pulau, bisa membeli tiket perjalanan kamu di Agen-agen Fastpay terdekat. Agen Fastpay melayani tiket pesawat domesti, tiket kereta api, tiket bus AKAP hingga tiket kapal PELNI.

Selain itu, kebutuhan digital lainnya bisa kamu dapatkan di Agen Fastpay seperti bayar tagihan, pulsa dan kuota internet, kirim barang ekspedisi, top up emoney, voucher game, transfer uang, dll. Semua ada di Fastpay.

Peluang Bisnis Agen Tiket dan PPOB Terlengkap

Bisnis tiket dan agen PPOB masih menjadi bisnis yang menguntungkan. Kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Semua bisa dilakukan di Loket Fastpay sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPON dan agen tiket bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay Cek Disini Vaksin Booster di Stasiun sebagai Syarat Perjalanan ic_temukan-di-googleplay Cek Disini Vaksin Booster di Stasiun sebagai Syarat Perjalanan
asset-bisnis-tiket-travel-fastpay Cek Disini Vaksin Booster di Stasiun sebagai Syarat Perjalanan

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/