Cara Print Tiket Pesawat Berbagai Maskapai Penerbangan

Sebarkan artikel ini

Anda hendak pergi jauh dan tak memiliki cukup waktu untuk beli tiket di bandara? Tak perlu khawatir, sebab saat ini banyak maskapai yang sudah menawarkan layanan pemesanan tiket pesawat secara online.

Caranya pun begitu mudah dan keamanannya pun terjamin. Disini Anda bisa langsung mengunjungi website dari masing-masing maskapai yang diinginkan maupun melalui agen booking pesawat online.

Setelah mendapatkan tiket pesawat dengan jadwal penerbangan yang diinginkan, selanjutnya Anda harus mencetak tiket tersebut dan nantinya bisa digunakan untuk check-in pesawat.

Cara print tiket pesawat pun tak kalah mudahnya. Berikut adalah panduan cara cetak tiket pesawat melalui website dari masing-masing maskapai :

1. Garuda Indonesia

Maskapai terbesar di Indonesia ini tentunya sudah menawarkan pembelian tiket pesawat secara online dan prosedur pemesanan maupun cetak tiket yang sangat mudah. Berikut adalah panduan lengkapnya:

  • Siapkan kode booking yang Anda dapatkan ketika melakukan pemesanan dan nama belakang penumpang
  • Masuk ke website Garuda Indonesia
  • Klik reservasi pada halaman utama website
  • Klik Manage dan input kode booking serta nama belakang penumpang yang sudah disiapkan tadi
  • Klik check kemudian print tiket. Tiket fisik pun sudah bisa Anda dapatkan.

2. Lion Air, Batik Air dan Wings Air

Tiga maskapai ini juga sudah menawarkan layanan yang sama, namun dengan prosedur pemesanan serta cetak tiket yang berbeda tentunya. Berikut adalah tata cara print tiket pesawat Lion Air, Batik Air dan Wings Air:

  • Siapkan kode booking, nomor penerbangan, tanggal keberangkatan dan nama depan serta nama belakang penumpang
  • Masuk ke website maskapai yang diinginkan
  • Masukkan kode booking, nomor penerbangan, tanggal penerbangan, nama belakang dan juga nama belakang penumpang
  • Klik retrieve di kolom yang tersedia di website
  • Klik print kemudian matikan pop up blocker untuk keamanan.

3. Sriwijaya Air

Maskapai lain yang juga menawarkan pemesanan tiket secara online adalah Sriwijaya. Maskapai ini juga memungkinkan penumpangnya melakukan pencetakan tiket secara personal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan kode booking dan juga nama belakang penumpang
  • Masuk ke website Sriwijaya Air
  • Klik lihat ticket kemudian input kode booking yang sudah Anda dapatkan ketika melakukan pemesanan. Masukkan pula nama belakang penumpang
  • Klik submit lalu print tiket yang sudah Anda booking sebelumnya.

4. Citilink

Terakhir ada Citilink yang juga menawarkan layanan serupa. Di bawah ini adalah prosedur cetak tiket pada maskapai Citilink:

  • Siapkan kode booking, nomor konfirmasi atau kode booking dan juga nama belakang penumpang
  • Masuk ke website Citilink
  • Pilih penerbangan kemudian klik status reservasi
  • Input kode booking dan juga nama belakang penumpang
  • Pilih find booking dan Anda akan mendapatkan tiket pesawat fisiknya.

Mudah bukan? Dengan layanan tersebut, kini Anda sudah tidak perlu lagi pergi ke bandara dan mengantri hanya untuk beli tiket pesawat, ataupun datang ke agen maskapai yang terkadang hanya ada di daerah-daerah tertentu saja.

Kelebihan E-Tiket

Jika dibandingkan dengan tiket pesawat model lama, e-tiket memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya lebih banyak dipilih oleh para penumpang. Apa sajakah kelebihan e-tiket? Berikut beberapa diantaranya:

1. Tidak Mungkin Hilang

Berbeda dengan tiket fisik lawas yang bisa hilang sewaktu-waktu dan tidak bisa digunakan lagi jika tiket fisiknya sudah tidak ada. E-tiket ini bisa dikatakan tak bisa hilang, sebab jika penumpang sudah mencetak tiketnya dan hilang, penumpang bisa mencetaknya lagi dengan prosedur print tiket pesawat seperti di atas.

Selain itu beberapa maskapai juga memberikan kelonggaran, yang mana Anda bisa menunjukkan kode booking atau PNR pada salinan email Anda. Dengan kata lain, tiket yang sudah dicetak hanyalah salinan dari data yang telah masuk ke database maskapai. Dengan begitu hanya orang yang bisa membuktikan identitas sesuai identitas yang terdaftar di database lah yang bisa menggunakan e-tiket tersebut.

2. Mudah

Di era modern seperti saat ini Anda tak harus repot-repot lagi ke bandara. Hanya dengan memanfaatkan smartphone saja Anda sudah bisa pesan e-tiket. Prosesnya pun bukan hanya mudah, namun juga cepat.

3. Fleksibel dan Efisien

Beberapa agen perjalanan maupun maskapai bahkan telah menyediakan layanan perubahan jadwal keberangkatan. Bahkan perusahan pun bisa dilakukan pada tempat duduk sampai maskapai yang dikehendaki.

Menariknya, perubahan tersebut tidak dikenai tambahan biaya apapun. Namun perlu diingat, perubahan ini minimal harus dilakukan h-30 sebelum tanggal keberangkatan alias tidak bisa dilakukan secara mendadak.

4. Banyak Promo dan Voucher

Ketika Anda beli tiket pesawat secara online, ada begitu banyak promo menarik dan juga voucher belanja yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, promo yang diberikan begitu besar jadi akan menghemat pengeluaran Anda.

Yuk beralih ke e-tiket dan dapatkan berbagai keuntungan di atas. Selain itu, penggunaan e-tiket juga ramah lingkungan, sebab beberapa maskapai/agen bahkan tak mengharuskan pencetakan tiket.

nah itulah paduan Cara Print Tiket Pesawat Berbagai Maskapai Penerbangan. Jika Anda ingin memiliki peluang dari layanan bisnis travel bergabunglah dengan Toko Modern Fastpay. Di Fastpay Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan komisi terbaik dan terpecaya!

Segera cek official Toko Modern Fastpay di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Cara Print Tiket Pesawat Berbagai Maskapai Penerbangan

Tim SBF