Cara Print Tiket Garuda dan Kelebihan Booking Online

Sebarkan artikel ini

Di era serba digital seperti saat ini, kemudahan dalam berbagai aktivitas sudah bisa dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Mulai dari kemudahan berkomunikasi, mencari informasi hingga melakukan transaksi online.

Salah satu transaksi online yang cukup digandrungi masyarakat karena sangat memudahkan mereka ialah membeli tiket pesawat secara online. Ya, jadi saat ini masyarakat tak lagi harus ke bandara dan mengantri untuk beli tiket di suatu maskapai penerbangan.

Hanya melalui website resmi maskapai ataupun aplikasi booking tiket pesawat Anda sudah bisa beli tiket. Menariknya, Anda bisa mendapatkan potongan harga besar-besaran ketika melakukan pembelian melalui website ataupun aplikasi booking tiket pesawat.

Salah satu maskapai yang sudah menawarkan layanan ini adalah Garuda. Maskapai terbesar di Indonesia ini memberikan kemudahan bagi pelanggannya untuk melakukan pembelian tiket pesawat tanpa harus antri dan ribet pergi ke bandara atau agen.

Setelah melakukan pemesanan tiket, selanjutnya tiket tersebut harus dicetak atau diprint untuk selanjutnya digunakan pada penerbangan. Jadi tiket yang digunakan saat hendak melakukan penerbangan tetap berupa tiket fisik yang sudah Anda print.

Keuntungan Booking Tiket Secara Online

Ada begitu banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan pembelian tiket pesawat secara online. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Lebih Praktis dan Cepat

Karena tidak harus datang ke bandara atau kantor agen maskapai dan mengantri panjang, tentunya pembelian tiket pesawat secara online jauh lebih praktis dan cepat.

  • Tak Perlu Khawatir Tiket Hilang

Jika Anda melakukan pembelian tiket fisik langsung, akan sangat merepotkan jika tiket yang Anda dapatkan hilang. Tapi jika Anda booking online, maka tiket bisa dicetak lagi dengan mudah. jadi sekalipun tiket yang sudah dicetak hilang Anda tak harus booking tiket baru.

  • Banyak Promo

Khusus bagi Anda yang melakukan pembelian melalui agen booking tiket, ada begitu banyak promo menarik menanti Anda. jadi makin murah deh!

Cara Print Tiket Garuda

Nah yang jadi pertanyaan disini, bagaimanakah cara print tiket Garuda? Tak perlu khawatir, karena proses pembelian tiket secara online dan cara printnya sangat mudah. Berikut panduan lengkapnya;

  1. Siapkan kode booking dan juga nama belakang Anda (nama belakang penumpang)
  2. Masuk ke website Garuda Indonesia
  3. Klik pada status reservasi
  4. Klik Manage kemudian masukkan kode booking yang sudah Anda dapatkan saat melakukan pemesanan beserta nama belakang penumpang
  5. Klik check dan print tiket
  6. Tiket fisik pun sudah bisa Anda dapatkan.

Mudah dan praktis bukan? Yang paling menguntungkan, Anda bisa mencetak tiket pesawat yang sudah di-booking secara online ini lebih dari 1 kali. Jadi ketika Anda mengalami masalah semisal tiket pesawat yang sudah dicetak hilang, maka Anda bisa mencetaknya lagi.

Tapi ingat, disini Anda harus menjaga kode booking yang didapatkan saat pemesanan. Dengan begitu tiket pesawat yang Anda dapatkan tidak disalah gunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Cara Cetak Tiket Pesawat

Selain Garuda Indonesia, ada banyak maskapai lain yang sudah menawarkan layanan booking tiket secara online, seperti Citilink, LIonAir, Wings Air, Batik Air, Sriwijaya Air dan lain sebagainya.

Cara cetak tiketnya sendiri tak jauh berbeda dengan cara print tiket Garuda di atas. Nah berikut adalah panduan untuk cetak atau print tiket pesawat dari masing-masing maskapai :

1. Lion Air, Wings Air dan Batik Air

  • Pertama-tama siapkan kode booking yang sudah Anda dapatkan saat melakukan booking tiket
  • Kemudian siapkan juga nomor penerbagan, tanggal keberangkatan dan nama penumpang
  • Masuk ke website masing-masing maskapai
  • Input kode booking, nama depan dan nama belakang penumpang, nomor penerbangan serta tanggal keberangkatan
  • Klik retrieve
  • Klik print dan jangan lupa untuk mematikan pop up blocker untuk menjamin keamanannya.

2. Citilink

  • Pertama yang harus Anda siapkan adalah kode booking atau nomor konfirmasi dan nama belakang penumpang
  • Masuk website Citilink
  • Pilih penerbangan dan klik status reservasi
  • Masukkan kode booking dan nama belakang penumpang
  • Klik find booking.

3. Sriwijaya Air

  • Siapkan kode booking yang sebelumnya Anda dapatkan ketika melakukan pemesanan tiket pesawat, siapkan pula nama belakang penumpang
  • Masuk ke website Sriwijaya Air
  • Klik lihat ticket
  • Masukkan kode booking dan nama belakang penumpang
  • Klik submit dan silahkan cetak tiket Anda.

Ada kesulitan? Dengan langkah yang sangat mudah dan praktis, Anda tak perlu lagi harus repot-repot membeli tiket langsung. Lalu bagaimana jika Anda lupa kode booking yang sebelumnya didapatkan ketika melakukan pembelian tiket secara online?

Tak usah khawatir, karena Anda bisa menanyakan langsung pada agen perjalanan jika Anda memesan tiket melalui agen perjalanan. Sementara jika Anda melakukan pemesanan melalui maskapai langsung, maka Anda harus menghubungi pusat layanan maskapai langsung. Nomor pusat layanan maskapai sendiri bisa Anda dapatkan dari masing-masing website maskapai.


Nah itulah paduan untuk Cara Print Tiket Garuda dan Kelebihan Booking Online. Jika Anda ingin memiliki peluang dari layanan bisnis travel bergabunglah dengan Toko Modern Fastpay. Di Fastpay Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan komisi terbaik dan terpecaya!

Segera cek official Toko Modern Fastpay di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Cara Print Tiket Garuda dan Kelebihan Booking Online

Tim SBF