Cara Pesan Tiket Pesawat Untuk Anak di Bawah 17 Tahun

Sebarkan artikel ini

Di Indonesia remaja di bawah 17 tahun masih termasuk tanggung jawab orang tua. Dimana ketentuan ini memberikan dampak yang cukup besar terhadap berbagai aspek. Sebut saja untuk masalah pemesanan tiket pesawat.

Meskipun sudah bisa dikatakan “cukup umur” akan tetapi anak di bawah 17 tahun masih membutuhkan pendamping ketika ingin melakukan pemesanan tiket pesawat. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi jika anak melakukan perjalanan sendiri.

Terlebih lagi jika perjalanan dilakukan ke luar negeri, maka anak pun harus membawa KK sebagai syarat penerbangan dari maskapai.

Syarat Pesan Tiket Pesawat Untuk Anak di Bawah 17 Tahun

Dengan status masih dalam perlindungan orang tau atau pihak/wali lain, anak-anak tidak bisa dengan bebasnya melakukan segala sesuatu tanpa persetujuan dari orang tau atau pengawalnya. Begitu juga ketika hendak pesan tiket pesawat.

Sebenarnya, cara pesan tiket pesawat untuk anak di bawah 17 tahun sama saja seperti prosedur pesan tiket bagi orang dewasa. Hanya saja ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi sehingga tiket pesawat yang diinginkan bisa didapatkan dengan mudah.

Berikut adalah beberapa syarat pemesanan tiket pesawat untuk anak di bawah 17 tahun;

  • Pendamping

Yang dimaksud pendamping disini tidak harus selalu orang tua atau keluarga, namun mereka yang sudah berumur di atas 18 tahun. Tugas atau syarat penerbangan dengan pendamping anak ialah sebagai penanggung jawab penerbangan yang dilakukan anak tersebut.

Semisal ketika anak di bawah 17 tahun (pelajar) akan melakukan kegiatan perlombaan dan didampingi oleh seorang guru, maka guru tersebut bisa berperan sebagai pendampingnya selama pernerbangan.

Syarat pendamping pun tidak harus satu KK dengan anak tersebut, sehingga tidak begitu merepotkan calon penumpang.

  • KK

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika untuk melakukan penerbangan ke luar negeri, anak di bawah 17 tahun bukan hanya membutuhkan pendamping namun juga harus membawa KK.

Nantinya KK akan dicek ketika melakukan check in pesawat. Sementara ketika melakukan pemesanan tiket, dokumen Kartu Keluarga atau KK tidak dibutuhkan. KK pun hanya akan dicek tanpa Anda harus menfoto copynya untuk diserahkan bersama tiket fisik yang sudah Anda dapatkan dari agen tiket pesawat.

  • Kartu Identitas Anak dan Pendamping

Dokumen selanjutnya yang dibutuhkan untuk pesan tiket pesawat anak di bawah 17 tahun ialah kartu identitas anak serta pendamping. Kartu identitas anak sendiri bisa berupa kartu pelajar atau kartu lain yang memiliki fungsi sama.

Sedangkan kartu identitas pendamping bisa berupa KTP, SIM atau kartu lain yang memiliki fungsi serupa. Nantinya nama penumpang dewasa dan nama penumpang anak akan dibutuhkan ketika reservasi tiket pesawat.

Setelah masuk tahap ini, cara pesan tiket pesawat untuk anak di bawah 17 tahun sama seperti orang dewasa umumnya.

Jika semua syarat di atas sudah dipenuhi, selanjutnya Anda bisa mencari agen atau aplikasi/website booking tiket pesawat. Pilihan untuk booking tiket pesawat secara online memang lebih disarankan. Mengapa? Karena dari sini Anda bisa mendapatkan banyak promo menarik mulai dari potongan harga, cashback dan lain sebagainya.

Promo yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi/website booking tiket pesawat pun berbeda, jadi tak ada salahnya untuk cek beberapa website booking tiket pesawat untuk mendapatkan harga terbaik.

Selain itu, jika Anda booking tiket pesawat secara online juga jauh lebih aman. Sebut saja ketika tiket pesawat yang sudah Anda cetak hilang, maka Anda bisa mencetaknya kembali di website tersebut.

Beda halnya ketika Anda langsung pesan tiket di bandara dan mendapatkan tiket fisik saat itu juga. Jika tiket hilang maka Anda sudah tidak bisa mencetaknya kembali dan uang Anda pun akan hangus.

Cara pesan tiket pesawat untuk anak di bawah 17 tahun  secara online juga cepat dan dapat dilakukan kapan saja. Anda hanya membutuhkan media ponsel atau PC yang terhubung dengan internet. Selanjutnya ikuti langkah berikut:

  1. Login ke website/aplikasi yang ingin Anda gunakan
  2. Selanjutnya cari tiket pesawat yang Anda inginkan, pastikan Anda mengecek maskapai, jadwal penerbangan, bangku pesawat dan harga tiket secara detail
  3. Cek untuk 2 penumpang. Jika sudah fix langsung lakukan pemesanan
  4. Untuk pemesanan tiket bagi anak di bawah 17 tahun Anda juga harus mengisi bagian pendamping (dengan syarat seperti di atas)
  5. Isi semua data yang dibutuhkan kemudian cari voucher yang bisa Anda gunakan
  6. Klik pesan dan tunggu hingga muncul kode booking serta kode pembayaran
  7. Lakukan pembayaran melalui ATM atau sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih.

Jika sudah melakukan pembayaran, selanjutnya Anda bisa print out tiket pesawat tersebut untuk selanjutnya digunakan saat check in pesawat.


Itulah beberapa informasi “Cara Pesan Tiket Pesawat Untuk Anak di Bawah 17 Tahun”. Jika Anda ingin memiliki Outlet Tiketing berprospek tinggi, murah, aman & terpecaya bergabunglah dengan Toko Modern Fastpay. Temukan segala kemudahan berbinis dalam aplikasi Fastpay

Informasi dan promo menguntungkan lainnya bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Siapa Lagi Mau Jadi Juragan Tiket Pesawat & Tiket Kereta Api?
Gabung Fastpay dan Miliki Bisnis Tiket yang Paling Menguntungkan

Travel-min Cara Pesan Tiket Pesawat Untuk Anak di Bawah 17 Tahun

Tim SBF