Cara Pesan Tiket Pesawat Anak dan Prosedur Check In-nya

Sebarkan artikel ini

Pesawat merupakan salah satu mode transportasi tercepat yang bisa digunakan oleh manusia untuk pergi dari satu daerah ke daerah lain. Di Indonesia sendiri sudah ada begitu banyak maskapai penerbangan yang menawarkan layanan di berbagai daerah bahkan hingga ke pelosok nusantara sekalipun.

Meski harga tiket pesawat relatif lebih mahal dibanding tiket untuk sarana transportasi darat dan laut, akan tetapi waktu yang perjalanan yang lebih singkat menjadikan masyarakat tetap banyak memilih pesawat sebagai mode transportasi andalannya.

Alat transportasi ini pun sudah bisa digunakan oleh anak-anak bahkan bayi. Tapi yang sering jadi pertanyaan calon penumpang, apakah tiket untuk anak-anak harganya sama dengan harga tiket orang dewasa?

Beberapa maskapai menerapkan harga yang berbeda untuk anak-anak di bawah 12 tahun, yang mana harganya jauh lebih murah dan akan berbeda lagi untuk bayi di bawah 2 tahun.

Dengan ketentuan tersebut, calon penumpang tidak lagi harus merasakan kerugian atau mengeluarkan budget yang terlalu banyak saat bepergian bersama sang buah hati.

Cara Pesan Tiket Pesawat Anak

Untuk bisa pesan tiket pesawat anak, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dengan baik. Meski secara umum tidak ada perbedaan cara pesan tiket pesawat anak dan orang dewasa, akan tetapi tetap ada poin yang harus dipersiapkan sebelumnya.

Pemesan tetap harus bersama orang dewasa sebagai pendamping yang umurnya sudah di atas 18 tahun. Yang kerap jadi masalah, bagaimana jika pendamping sudah memesan tiket terlebih dahulu sementara anak-anak membutuhkan tiket susulan? Apakah pendampingnya harus membeli tiket baru sebagai persyaratan untuk mendapatkan tiket bagi si kecil?

Nah jika Anda mengalami hal ini, jangan dulu buru-buru refund atau membatalkan tiket pertama yang sudah dipesan. Anda bisa kembali cek pesanan tiket di agen terkait ataupun pada aplikasi online yang Anda gunakan sebelumnya.

Anda dapat menghubungi customer service dari jasa booking tiket pesawat tersebut dan menanyakan apakah bisa memesan tiket pesawat anak dengan pendamping terpisah? Sayangnya kebanyakan agen booking tiket pesawat akan mengatakan tidak, alias Anda harus melakukan pembelian lagi. Tapi disisi lain Anda juga akan disarankan untuk menghubungi pihak maskapai langsung.

Dari sini Anda bisa mengajukan pertanyaan pada pihak maskapai terkait bisa atau tidaknya pembelian tiket pesawat anak dengan pendamping secara terpisah? Jika memungkinkan untuk beli  tiket pesawat anak secara terpisah, biasanya Anda akan dimintai beberapa data, seperti:

  • Kode booking
  • Nama Penumpang Dewasa (yang sudah memesan tiket pesawat sebelumnya)
  • Nama Penumpang Anak-anak (di bawah umur 12 tahun/sesuai ketentuan maskapai)
  • Untuk penerbangan ke luar negeri, saat check in harus menyiapkan KK.

Jika data tersebut sudah disiapkan, biasanya Anda akan langsung di pandu untuk pesan tiket pesawat anak. Cara pesan tiket pesawat anak pun sama seperti prosedur reservasi tiket untuk orang dewasa, hanya ada tambahan kolom pendamping saja. Pemesanan yang dilakukan secara terpisah pun tidak akan dikenai biaya tambahan.

Setelah fix, kemudian Anda akan diberi kelonggaran waktu untuk bayar tiket pesawat yang telah dipesan selama 72 jam atau 3 hari. Pembayaran dapat dilakukan via ATM jadi lebih efektif dan mudah.

Sebelum mengakhiri komunikasi dengan customer service maskapai, pastikan Anda sudah mendapatkan informasi berikut ini:

  • Kode Perusahaan
  • Kode Pembayaran
  • Total pembayaran (harga tiket)
  • Kode booking
  • Nama penumpang dan jadwal keberangkatan.

Sesudah melakukan pembayaran via ATM, selanjutnya Anda bisa cetak tiket pesawat yang dipesan sesuai dengan prosedur cetak tiket dari setiap maskapai. Tiket fisik inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk check in.

Tata Cara Check In Pesawat Untuk Anak-Anak

Jika tiket yang dibutuhkan sudah di genggaman tangan, langsung saja pergi ke bandara dengan waktu yang tidak mepet. Maksimal 1 jam sebelum jadwal keberangkatan, karena pintu pesawat biasanya akan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan.

Ketika check in anak-anak bisa pergi bersama pendamping agar tidak terjadi masalah. Terlebih lagi untuk penerbangan ke luar negeri. Selain bersama dengan pendamping, calon penumpang juga harus membawa KK dan menunjukkannya pada kru pesawat yang sedang bertugas.

Peraturan ini ditetapkan tentu bukan tanpa alasan, namun untuk menghindari masalah-masalah buruk yang mungkin terjadi nantinya mengingat calon penumpang yang dibawah masih di bawah umur dan membutuhkan pendamping khusus.

Sementara untuk pendampingnya sendiri tidak harus satu keluarga yang tercantum dalam KK tersebut. Semisal anak-anak umur 7 tahun yang bisa pergi bersama dengan neneknya dan keduanya sudah tercatat dalam KK berbeda.

Status nenek disini adalah sebagai pendamping ketika dalam perjalanan, sementara KK dibutuhkan untuk validasi data yang dibutuhkan oleh pihak maskapai.

Itu dia panduan cara pesan tiket pesawat anak dan bagaimana cara check in-nya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.


Itulah beberapa trik “Cara Pesan Tiket Pesawat Anak dan Prosedur Check In-nya”. Jika Anda ingin memiliki Outlet Tiketing berprospek tinggi, murah, aman & terpecaya bergabunglah dengan Toko Modern Fastpay. Temukan segala kemudahan berbinis dalam aplikasi Fastpay

Informasi dan promo menguntungkan lainnya bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Siapa Lagi Mau Jadi Juragan Tiket Pesawat & Tiket Kereta Api?
Gabung Fastpay dan Miliki Bisnis Tiket yang Paling Menguntungkan

Travel-min Cara Pesan Tiket Pesawat Anak dan Prosedur Check In-nya

Tim SBF