Cara Membuat Kartu Kredit Bank Pertama Kali, Apa yang Harus Diperhatikan?

Sebarkan artikel ini

Di zaman yang telah modern ini, kartu kredit tengah dipandang sebagai cara tepat untuk menopang gaya hidup seseorang ketika akan membayar tanpa uang tunai. Sehingga tak heran, dengan pandangan tersebut, menjadikan banyaknya pihak yang mengajukan membanjiri bank-bank penerbit kartu kredit untuk memilikinya.

Namun pertanyaannya adalah, apakah semua penerbit kartu kredit akan menyetujuinya? Jawabannya adalah tidak. Pada dasarnya, setiap bank akan mempertimbangkan persetujuan atau penolakan aplikasi kartu kredit, dengan memprioritaskan mereka yang telah mempunyai kartu kredit sebelumnya. Sebab, pihak bank bisa mengetahui bagaimana kinerja keuangan atau riwayat pengeluaran kartu kredit yang dilakukan nasabah tersebut sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan Anda yang baru akan membuat kartu kredit? Simak ulasan berikut ini, hingga Anda menemukan jawabannya!

Memilih Bank Penerbit Kartu Kredit Pertama yang Akan Digunakan

Meski pada umumnya pihak bank akan memprioritaskan seseorang yang telah memiliki kartu kredit sebelumnya, namun jangan khawatir bagi Anda yang baru akan membuatnya. Sebab, tak sedikit bank-bank yang mau menerima pengajuan kartu kredit pertama. Beberapa bank tersebut yakni:

  • Maybank Indonesia

Bagi Anda yang baru akan membuat kartu kredit melalui Maybank Indonesia, minimal harus berusia 21 tahun serta mempunyai penghasilan tetap minimal 3 juta per bulan. Keunggulan dari bank ini adalah, ketika Anda belanja di supermarket atau membayar di SPBU akan mendapat cashback.

  • CIMB Niaga

Tak hanya mudah untuk mendapatkan persetujuan permohonan membuat kartu kredit pertama, CIMB Niaga juga membebaskan iuran tahunan kartu kredit Anda, selama dua tahun pertama kepemilikan. Dengan demikian, selama dua tahun pertama, Anda hanya akan membayar bunga dan utang saja.

Namun untuk membuat kartu kredit ini, pemohon harus berusia minimal 21 tahun, dan maksimal 65 tahun, mempunyai slip gaji tetap, serta bukti penghasilan yang disertai dengan NPWP.

  • Bank Mega

Bank Mega juga menawarkan kemudahan bagi Anda yang baru pertama kali membuat kartu kredit.  Menariknya, jika Anda belanja di Carrefour, maka anda akan mendapatkan diskon hingga 10% untuk setiap barang yang dibeli.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Kartu Kredit Pertama

Meski terdapat banyak bank yang memudahkan pengajuan kartu kredit pertama, namun Anda tetap harus memikirkan berbagai aspek untuk membuatnya. Beberapa point penting yang harus Anda perhatikan yakni:

  • Kebijaksanaan Pribadi

Sebelum Anda membuat kartu kredit, maka Anda harus yakin bahwa Anda telah cukup dewasa untuk memilikinya. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, mengingat bahwa mudahnya melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, tentunya jika seseorang tak memiliki sikap bijak, ini akan menjadi bumerang bagi orang tersebut.

Ya, jika Anda menggunakan kartu kredit secara sembarangan, imbasnya adalah tagihan bulanan yang menumpuk.

  • Pastikan Riwayat Keuangan Anda Aman

Tak mempunyai kartu kredit sebelumnya, bukan berarti seseorang tak mempunyai pinjaman lain bukan? Nah, dalam hal ini, jika Anda akan membuat kartu kredit, perhatikan dahulu bagaimana kondisi keuangan Anda, misalnya kredit rumah, kredit mobil atau lainnya.

Hal tersebut tentu perlu dilakukan, agar nantinya tak terjadi kemacetan dalam pembayaran kartu kredit, karena digunakan untuk berbagai keperluan. Berkaitan dengan hal ini, perlu diketahui, banyak nasabah yang gagal melakukan permohonan penerbitan kartu kredit, karena terjadi masalah terhadap masa lalu keuangannya.

  • Cari Kartu Kredit yang Sesuai

Meski diatas telah disebutkan beberapa bank yang mau menerima permohonan penerbitan kartu kredit pertama, bukan berarti Anda asal dalam memilihnya. Hal tersebut karena, setiap penerbit kartu kredit, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai saran, pilihlah aru kredit yang menyediakan banyak keuntungan serta memiliki akses yang cukup luas.

Lebih dari itu, carilah kartu kredit yang memiliki penawaran khusus, seperti gratis iuran tahunan, reward dan suku bunga yang kecil, atau lainnya yang akan menguntungkan Anda. Lalu bagaimana untuk mendapatkan hal tersebut? Anda bisa membandingkan antara satu penerbit kartu kredit dengan penerbit lainnya, baik melalui browser yang disediakan atau lainnya.

  • Lengkapi Persyaratan dan Isi Formulir

Agar permohonan penerbitan kartu kredit cepat disetujui, tentu Anda harus melengkapi atau memenuhi persyaratan yang diajukan. Dimana umumnya, setiap bank memiliki ketentuan yang sama, yakni minimal pemohon  berusia 21 tahun, serta memiliki gaji tetap minimal 3 juta per bulan, yang dibuktikan dengan slip gaji atau Surat Keterangan Perusahan.

  • Perhatikan Baik-Baik Ketentuan yang Diajukan Bank

Setiap bank pasti mempunyai ketentuan bagi pemohon penerbitan kartu kredit. Yakni, meliputi limit, bunga, iuran tahunan ataupun lainnya. Dengan demikian, ketentuan-ketentuan tersebut tentunya harus benar-benar Anda pahami, agar dikemudian hari tak menjadi beban atau muncul penyesalan.

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika akan membuat kartu kredit pastikan Anda telah memiliki mental yang kuat. Artinya mampu menahan diri dari penggunaan kartu kredit yang tak penting. Selain itu, agar tak terjadi penunggakan pembayaran kartu kredit, sedari dini usahakan Anda membayar tagihan kartu kredit secara rutin.

Mau nyaman dan aman dalam penggunaan kartu kredit? Yuk download aplikasi Fastpay. Ya, aplikasi yang satu ini menyediakan fitur pembayaran tagihan kartu kredit secara online. Jadi, hanya dengan beberapa klik saja menggunakan Fastpay, tagihan bulanan kartu kredit Anda akan terbayarkan.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Cara Membuat Kartu Kredit Bank Pertama Kali, Apa yang Harus Diperhatikan?


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Cara Membuat Kartu Kredit Bank Pertama Kali, Apa yang Harus Diperhatikan?

Tim SBF