Cara Cetak Tiket Kereta Api dan Keuntungan Menggunakan e-Tiket

Sebarkan artikel ini

Halo Juragan Fastpay tercinta! Pastinya Anda sudah pernah bukan mencoba layanan satu ini? Ya, layanan tiket reservasi KAI dari Fastpay. Kali ini ada tips bagaimana cara mencetak tiket kerta api dan apa saja keuntungan dari e-tiket masa kini, yuk kita simak penjelasannya, check it out!

Pengembangan layanan pada penumpang tampaknya terus dilakukan oleh pihak perkeretaapian Indonesia. Salah satu hasilnya ialah dengan penyediaan mesin cetak tiket mandiri yang bisa digunakan oleh penumpang tanpa perlu bantuan petugas loket.

Dengan adanya mesin cetak tiket mandiri ini penumpang pun tak harus mengantri panjang untuk mendapatkan tiket kereta yang diharapkan. Proses dan cara cetak tiket kereta api melalui mesin ini juga begitu mudah dan cepat, sehingga pengguna tak akan merasa kesulitan meski baru pertama menggunakannya.

Mesin cetak mandiri yang biasanya ada di setiap stasiun ini bisa digunakan untuk mencetak tiket fisik yang nantinya dapat digunakan untuk check-in ke kereta api. Lalu bagaimana cara cetak tiket kereta api menggunakan mesin cetak mandiri ini? Berikut panduan lengkapnya untuk Anda.

1. Datang ke Mesin CTM

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan pertama kali tentunya menemukan mesin CTM. Biasanya Anda akan dengan mudah menemukan mesin Cetak Tiket Mandiri ini di stasiun. Jika pun tak ada, Anda bisa mencarinya di sarana umum lain.

2. Masukkan Kode Booking dan Data Diri

Setelah menemukan mesin Cetak Tiket Mandiri, langsung operasikan mesin tersebut dan Anda akan melihat kolom isian kode booking atau pembayaran di layar utamanya. Masukkan kode booking atau nomor kode pembayaran yang sudah Anda dapatkan ketika melakukan pemesanan tiket atau biasanya sudah tertera pada bukti transfer pembayaran tiket.

Setelah kode booking terisi dengan benar, selanjutnya isi data diri lainnya seperti nomor telepon Anda atau nomor kartu identitas (sesuai dengan nomor yang Anda gunakan ketika pemesanan). Isi data diri tersebut pada kolom No. ID/Telp yang ada di layar mesin Cetak Tiket Mandiri tersebut.

3. Mencari Tiket yang Sudah Dipesan

Jika semua data yang dibutuhkan sudah terisi dengan benar dan runtut, kemudian klik cari. Selanjutnya di layar mesin akan terpampang informasi tentang data penumpang yang meliputi nama pemesan, tanggal perjalanan, nama dan nomor kereta api serta lain sebagainya. Jika semua data sudah sesuai, tiket sudah siap dicetak.

4. Cetak Tiket

Langkah terakhir setelah semua informasi sesuai langsung saja klik cetak dan dalam hitungan detail mesin Cetak Tiket Mandiri akan mengeluarkan tiket fisik pesanan Anda. Ambil tiket tersebut dan gunakan untuk check-in kereta sebelum pemberangkatan.

Sangat mudah bukan cara cetak tiket kereta api? Semua langkah tersebut bisa Anda lakukan hanya dalam hitungan menit, dan pastinya sangat hemat waktu jika dibanding harus mengantri di loket pembelian tiket kereta api di stasiun.

Booking Tiket Kereta Api

Bagi Anda yang belum paham bagaimana cara kerja e-tiket mungkin sedikit kebingungan bagaimana cara mendapatkan dan menggunakannya. Nah sebelum Anda mencetak tiket menggunakan mesin Cetak Tiket Mandiri seperti panduan di atas, sebelumnya Anda harus booking tiket kereta api terlebih dahulu.

Cara booking  tiket kereta api pun bisa dilakukan melalui berbagai media, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Melalui Toko Modern Fastpay

Fitur terbaik dari Toko Modern Fastpay salah satunya adalah pemesan tiket dan reservasi. Fitur layanan ini sangat memudahkan penjual ataupun pembeli karena kemudahan dan inovasi yang disuguhkan oleh Fatspay. Untuk para penjual, bisa langsung memesan tiket melalui loket.fastpay.co.id dan masuk ke menu layanan tiket. Situs fastpay akan masuk pelayanan resmi kereta api yaitu tiketkai.com, sehingga memudahkan para pelanggan juga dapat melakukan pengecekan jadwal dan harga sebelum melakukan pembayaran di toko modern fastpay.

2. Melalui Internet

Salah satu cara paling banyak digunakan oleh penumpang masa kini adalah booking tiket via internet. Anda bisa memanfaatkan beberapa perangkat untuk pesan tiket online, baik menggunakan laptop atau PC maupun hanya menggunakan handphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Setelah mendapatkan perangkat yang mendukung, selanjutnya Anda bisa pesan melalui agen perjalanan ataupun melalui website pihak perkeretaapian Indonesia langsung. Lakukan pemesanan tiket dengan jadwal yang diharapkan, mulai dari tanggal hingga jam keberangkatan.

Jangan lupa pula untuk memilih nama kereta dan nomor kereta yang diinginkan lengkap dengan rute kereta yang sesuai. Setelah semua data terisi kemudian langsung klik pesan dan transfer ke nomor rekening atau nomor pembayaran yang tertera dan Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang di dalamnya terdapat kode booking untuk cetak tiket.

3. Melalui Minimarket

Tak mau ribet pesan tiket kereta api secara online? Anda bisa mencoba cara yang lebih mudah, yakni membelinya di minimarket. Anda bisa langsung menuju kasir dan memakainya langsung disini.

Sebutkan tanggal keberangkatan Anda, nama kereta dan tujuan perjalanan serta yang terpenting data diri. Jika sudah didapatkan tiket yang sesuai dengan keinginan, kasir minimarket akan menyebutkan nominal atau harga tiket yang harus Anda bayar.

Lakukan pembayaran dan tunggu struk yang berisikan data diri serta kode booking untuk nantinya digunakan saat hendak cetak tiket fisiknya.

4. Telephone 021121

Cara terakhir untuk booking tiket kereta api adalah dengan menghubungi 021121. Nomor tersebut merupakan nomor layanan dari pihak perkeretaapian Indonesia resmi, sehingga ketika Anda menghubungi nomor tersebut tak perlu khawatirkan penipuan atau semacamnya.

Jika telepon sudah diangkat, langsung pesan tiket dengan cara menyebutkan rute atau tujuan perjalanan Anda, jam keberangkatan dan tanggal keberangkatan serta data diri Anda. Selanjutnya Anda akan diberitahu panduan untuk pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran baru Anda bisa mendapatkan kode booking tiket.

Empat media ini bisa Anda manfaatkan dengan mudah dan tanpa batasan waktu alias 24 jam. Namun untuk pemesanan secara online atau melalui internet, Anda harus lebih berhati-hati. Jangan sampai Anda melakukan pemesanan di website non resmi. Pastikan jika Anda hanya melakukan booking tiket di website resmi untuk menghindari kasus penipuan.

Kelebihan Menggunakan e-Tiket Kereta Api

Tertarik untuk memanfaatkan layanan booking tiket mandiri? Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan layanan tersebut.

1. Fleksibel dan Efisien

Seperti yang sudah diterangkan di atas, jika penumpang tak harus lagi mengantri di loket untuk mendapatkan tiket dan hanya perlu booking tiket kemudian mengikuti panduan cara cetak tiket kereta api melalui CTM.

Pemesanan atau booking tiket online sendiri bisa dilakukan 24 jam, sehingga bisa dilakukan kapan saja sesuai keinginan Anda. begitu juga dengan proses pencetakan tiket yang tak harus dilakukan pada jam-jam tertentu.

2. Tidak Mungkin Hilang

Berbeda dengan tiket fisik yang langsung Anda beli melalui loket tiket, dimana jika tiket ini hilang maka Anda tak bisa menggunakannya lagi atau bisa menggunakannya lagi dengan biaya tambahan.

Jika Anda menggunakan e-tiket maka Anda tak akan mungkin kehilangan tiket Anda. kalaupun tiket fisik yang sudah Anda cetak hilang, Anda hanya perlu menunjukkan Salinan kode booking yang biasanya dikirim juga ke email Anda. Dengan begitu Anda tak harus membayar biaya tambahan atau membeli tiket kereta api baru.

3. Lebih Murah

Nah jika Anda memanfaatkan layanan pembelian e-tiket kereta api melalui agen perjalanan, satu keuntungan plus yang bisa Anda dapatkan, yakni harga lebih miring. Ya, disini Anda bisa berburu voucher atau potongan harga khusus yang dibagikan untuk siapa saja. Menarik bukan?

Itulah beberapa keuntungan menggunakan layanan pesan e-tiket kereta api. Di era modern seperti saat ini tentu layanan semacam ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan penumpang dalam melakukan pemesanan tiket.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Cara Cetak Tiket Kereta Api dan Keuntungan Menggunakan e-Tiket

Tim SBF