Cara Buka Ekspedisi Untuk Ide Bisnis yang Baru

Sebarkan artikel ini

Saat ini, bisnis ekspedisi menjadi salah satu ide bisnis yang sangat menarik seiring dengan berkembangnya pasar online. Ya, ramainya pasar online membuat bisnis ekspedisi ikut terangkat dan menawarkan potensi bisnis yang sangat lumayan. Bisa dilihat bahwa saat ini sudah cukup banyak ekspedisi yang menawarkan kerja sama dalam bentuk franchise.

Tentu, bergabung dengan menjadi agen ekspedisi bisa menjadi ide bisnis yang baru untuk Anda. Selain potensi keuntungan yang cukup besar, bisnis ini pun bisa dijalankan dengan cukup mudah. Hanya saja, Anda perlu mengetahui tentang cara buka ekspedisi agar bisnis yang Anda dambakan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal terkait bisnis ekspedisi yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Keuntungan Bisnis Ekspedisi

Sebelum membahas cara buka ekspedisi, ada beberapa keuntungan dari bisnis ini yang perlu Anda ketahui. Beberapa keuntungan jasa ekspedisi bisa menjadi sebab kenapa Anda memilih ide bisnis ini untuk bisnis yang baru dan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Adapun beberapa keuntungan dari ide bisnis ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pangsa Pasar yang Semakin Meningkat

Disadari atau tidak, pangsa pasar dari bisnis ekspedisi terus meningkat dari waktu ke waktu. Semakin banyaknya marketplace dan keinginan masyarakat berbelanja online yang terus meningkat membuat jasa ekspedisi semakin dicari. Sebagaimana diketahui, pangsa pasar adalah roh dari bisnis apapun. Dengan pangsa pasar yang luas, ada gambaran keuntungan yang semakin meyakinkan untuk didapatkan.

  • Kemudahan Operasional

Bisnis jasa ekspedisi termasuk salah satu bisnis yang cukup mudah untuk dijalankan dan tidak membutuhkan skill khusus. Hal ini dikarenakan Anda hanya perlu kemampuan mengoperasikan komputer yang standar. Tugas Anda nantinya hanya memasukkan data sesuai alamat paket yang akan diantar dan melakukan sortir sesuai dengan wilayah. Sangat mudah, bukan?

  • Modal yang Tidak Terlalu Besar

Masalah modal memang menjadi salah satu hal yang biasanya mengganjal terutama pebisnis pemula. Hal ini wajar karena modal merupakan kebutuhan awal yang harus disiapkan guna operasional bisnis yang dijalankan. Nah, selain cara buka ekspedisi yang mudah, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Anda bisa mendapatkan akses jasa ekspedisi secara franchise dengan modal sekitar 10 jutaan. Tentu saja, masing-masing jasa ekspedisi menawarkan paket kerja sama dengan besaran modal yang berbeda.

  • Bisa membuka Beberapa Ekspedisi Sekaligus

Dalam praktik bisnis ini, Anda bisa saja membuka beberapa macam ekspedisi dalam satu tempat. Asal pengaturan tempat, paket dan layanan yang bisa diatur dengan baik, ide ini tentu saja bisa menjadi opsi yang sangat menarik. Dengan adanya beberapa layanan sekaligus, maka potensi keuntungan Anda pun akan menjadi semakin tinggi.

Cara Buka Ekspedisi Untuk Diketahui

Berbincang tentang cara buka ekspedisi, tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda lakukan demi kelancaran bisnis yang akan Anda lakukan tersebut. Adapun beberapa cara untuk membuka bisnis ekspedisi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan Tempat

Tempat adalah hal yang sangat krusial untuk bisnis yang satu ini. Dalam hal ini, usahakan Anda menyediakan tempat yang strategis dan mudah diakses. Pastikan tempat tersebut juga berada di lingkungan di mana orang-orang sudah familiar dengan kegiatan mengirim paket. Dengan demikian, maka potensi mendapatkan pelanggan akan semakin tinggi.

Juga, Anda harus menyiapkan tempat untuk menyortir paket. Tentu, Anda bisa menyediakan rak atau keranjang besar untuk menyendirikan paket.

  • Mencari Informasi Jasa Ekspedisi

Untuk menjadi agen ekspedisi secara franchise, maka Anda harus mencari informasi tentang jasa ekspedisi tersebut. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis jasa ekspedisi yang menyediakan layanan. Misalnya saja, jasa ekspedisi untuk pengiriman paket regular dengan berat tertentu atau paket kargo dengan volume dan berat yang biasanya lebih besar.

Seiring banyaknya jasa ekspedisi tersebut, lakukan perbandingan satu dengan lainnya. Pastikan jika Anda memilih jasa ekspedisi yang memang sudah dikenal oleh khalayak dan mendapatkan apresiasi yang positif. Selain itu, cek bagaimana persyaratan untuk menjadi agen terkait modal dan juga fasilitas yang nantinya akan Anda dapatkan.

  • Melakukan Promosi

Promosi adalah hal yang sangat penting untuk segala bisnis, termasuk bisnis jasa ekspedisi. Dengan promosi yang masif, maka Anda akan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak dan potensi keuntungan yang lebih besar.

Oleh karenanya, di samping pemahaman tentang cara buka ekspedisi, Anda juga harus tahu cara melakukan promosi. Dalam hal ini, Anda perlu ide kreatif untuk melakukan promosi. Manfaatkan media dengan maksimal untuk melakukan promosi. Selain itu, jika memungkinkan, bisa saja Anda juga memberikan layanan tambahan kepada konsumen.

Nah, beberapa poin di atas adalah cara buka ekspedisi yang perlu Anda lakukan. Pelajari hal-hal terkait ekspedisi yang tentu akan menunjang bagaimana Anda menjalankan bisnis ini. Semoga bermanfaat.


Itulah beberapa informasi “Tips Memilih Mitra dan Cara Menjadi Agen Ekspedisi”. Informasi dan promo menguntungkan lainnya bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Siapa Lagi Mau Jadi Juragan Ekspedisi?
Gabung Fastpay dan Miliki Bisnis Tiket yang Paling Menguntungkan

Tim SBF