Cara Bayar dan Cek Tagihan PDAM Online Paling Akurat!

Sebarkan artikel ini

Dalam kehidupan sehari-hari, air adalah komponen yang harus selalu ada. Selain untuk memenuhi kebutuhan pokok yakni untuk minum dan masak, air bersih juga sangat dibutuhkan untuk melakukan kegiatan lain seperti mencuci, mandi dan lain sebagainya.

Jika Anda tinggal di daerah pegunungan, mungkin akan sangat mudah menjumpai sumber mata air alami, namun bagaimana dengan Anda yang tinggal di daerah perkotaan atau dataran rendah? Selain memanfaatkan sumur, PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum bisa jadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan air bersih Anda.

Saat ini, biaya pemasangan PDAM pun bisa dikatakan cukup murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan. Selain itu, tagihan bulanan PDAM pun relatif terjangkau, ya tentunya juga disesuaikan dengan kebutuhan air yang Anda gunakan.

Cara Cek Tagihan PDAM Online

Seiring perkembangan teknologi, saat ini PDAM telah menghadirkan layanan yang bisa memudahkan pelanggannya melakukan pengecekan tagihan secara online. Jadi bagi Anda yang memiliki kebutuhan air bersih tinggi maka tak lagi harus khawatir jika tagihan membengkak. Anda bisa mengecek tagihan PDAM setiap waktu dan tanpa dipungut biaya apapun pastinya.

Nah berikut adalah cara cek tagihan PDAM online:

  1. Sebelumnya, Anda bisa memilih beberapa laman yang bisa digunakan untuk cek tagihan PDAM, dan salah satu yang termudah adalah via marketplace seperti Tokopedia
  2. Setelah masuk ke laman yang Anda inginkan, selanjutnya masuk ke menu tagihan PDAM
  3. Masukkan nomor pelanggan atau nomor meter Anda, kemudian klik enter
  4. Pilih nama kabupaten atau kota tempat Anda berlangganan PDAM
  5. Klik tombol bayar/cek jika semua data yang dibutuhkan sudah terisi dengan benar
  6. Dalam beberapa saat rincian tagihan PDAM Anda akan muncul secara lengkap.

Selain melalui marketplace, cara cek tagihan PDAM online yang tak kalah mudah yakni melalui website PDAM dari masing-masing kota. Untuk pengecekan tagihan melalui website PDAM masing-masing kota, biasanya Anda tidak akan diminta untuk mengisi kota atau kabupaten tempat Anda berlangganan PDAM karena langkah ini sudah otomatis.

Cara Menghitung Tagihan PDAM

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk cek tagihan PDAM online, Anda juga bisa menghitung tagihan PDAM secara manual. Meskipun perhitungannya masih berupa perkiraan, namun setidaknya Anda bisa melihat tagihan dari jumlah air yang sudah Anda gunakan dalam bulan tersebut.

Semisal untuk pelanggan rumah tangga yang menggunakan air sebesar 50 meter kubik dalam 1 bulan penuh dan setiap meter kubiknya dikenai tarif Rp. 3.000, maka di bulan tersebut tagihan yang harus Anda bayar sebesar Rp. 150.000.

Besar tagihan PDAM juga sangat tergantung dengan kategori langganan. Selain itu, besar tagihan di atas juga belum termasuk biaya administrasi, biaya pemeliharaan, denda jika ada tagihan yang telat dibayarkan dan lain sebagainya.

Cara Cek Tagihan PDAM Langsung

Masih bingung dengan perhitungan di atas? Solusi ketiga yang bisa Anda coba ialah dengan cek tagihan PDAM langsung. Anda bisa datang langsung ke kantor PDAM terdekat dengan membawa kartu langganan Anda.

Setelah sampai di kantor PDAM, Anda bisa langsung informasikan maksud dan tujuan Anda datang pada petugas. Selanjutnya petugas akan meminta nomor langganan Anda. Tunggu beberapa saat hingga petuga selesai melakukan pengecekan dan Anda bisa mendapatkan informasi lengkap terkait besar tagihan PDAM Anda.

Bayar Tagihan PDAM

Sama seperti cara cek tagihannya, untuk pembayaran tagihan PDAM Anda pun bisa melakukannya secara online maupun offline. Tak kalah mudah dengan cara cek tagihan PDAM online, disini Anda juga bisa memanfaatkan beberapa media termasuk marketplace.

Berikut adalah beberapa cara pembayaran tagihan PDAM:

  • Datang Langsung ke Kantor PDAM

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan datang langsung ke kantor PDAM. Anda bisa membawa kartu pelanggan PDAM dan sejumlah uang. Selanjutnya datang ke bagian loket dan tunggu hingga Anda dipanggil oleh petugas.

Serahkan kartu pelanggan PDAM Anda kemudian tunggu hingga petugas melakukan pengecekan. Lakukan pembayaran sesuai nominal yang disebutkan petugas.

  • Melalui Marketplace

Buat Anda yang tak mau ribet datang ke kantor PDAM dan mengantri lama, Anda bisa bayar tagihan PDAM melalui marketplace. Pilih marketplace yang Anda inginkan, kemudian masuk ke menu tagihan PDAM.

Masukkan nomor pelanggan dan total tagihan Anda akan muncul. Pilih metode pembayaran (melalui ATM, Indomaret/Alfamart, atau uang digital) dan klik bayar. Keuntungan bayar tagihan melalui marketplace, biasanya Anda bisa menggunakan voucher diskon jadi makin hemat deh!

  • Melalui Mitra PDAM

Selain bekerjasama dengan banyak marketplace, PDAM juga sudah memiliki banyak mitra lain seperti toko modern atau tempat pembayaran multi tagihan. Biasanya mitra pembayaran multi tagihan ini banyak dijumpai di daerah pedesaan, karena tujuannya adalah memudahkan pelanggan melakukan pembayaran tanpa harus datang ke kantor terkait yang lokasinya jauh dari desa tersebut.

Hanya saja, untuk pembayaran di mitra PDAM biasanya pelanggan akan dikenai biaya tambahan atau biaya administrasi.

Yuk coba cek tagihan PDAM online dan lakukan pembayaran tepat waktu.

Untuk kalian yang ingin bayar tagihan PDAM tapi dapat cashback menguntungkan bisa gunakan aplikasi Fastpay. Dengan aplikasi Fastpay segala tagihan terlengkap bisa menjadi bisnis menguntungkan!!

Informasi dan promo menguntungkan lainnya bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Siapa Lagi Mau Jadi Juragan Tagihan PPOB, E-money, Pulsa?
Gabung Fastpay dan Miliki Bisnis Pembayarn Paling Menguntungkan

bisnis-e-money-min Cara Bayar dan Cek Tagihan PDAM Online Paling Akurat!

Tim SBF