Cara Ampuh Buka Usaha Laundry Bagi Pemula Agar Cepat Sukses!

Sebarkan artikel ini

Anda mencari bisnis yang tidak menuntut harus memiliki kemampuan yang banyak? Maka usaha laundry adalah pilihan yang paling tepat. Bisnis ini bisa dijalankan dari skala kecil seperti tingkat rumahan hingga tingkat yang besar dan profesional. Sehingga bisnis laundry mudah untuk direalisasikan meskipun tanpa adanya perencanaan yang matang.

Meskipun demikian, bukan berarti bisnis laundry tidak memiliki resiko yang buruk. Jika Anda menjalankannya sembarangan maka tetap saja kemungkinan buruk akan tetap ada. Oleh sebab itu, sebelum buka usaha laundry terlebih dahulu Anda harus melakukan riset dan juga menentukan strategi dalam menjalankannya.

Nah, berikut ini adalah urutan dalam memulai usaha laundry agar dapat memudahkan Anda:

  1. Melakukan Riset

Saat Anda memutuskan untuk buka usaha laundry, sebenarnya Anda bisa saja langsung merealisasikannya. Namun, resiko kegagalannya tentu lebih besar karena kurangnya kesiapan dari segi apapun. Terutama kesiapan dalam hal manajemen bisnis.

Oleh sebab itu, cara awal yang paling tepat adalah memahami bagaimana seluk beluk laundry dengan cara melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu. Riset ini bisa dilakukan dengan bertanya kepada pihak-pihak yang memang memahami bisnis ini.

Dari riset tersebut nantinya Anda akan mengetahui bagaimana peluang usaha laundry, apa saja persiapan alatnya hingga sampai kepada bagaimana cara mempromosikannya.

  1. Menghitung Modal

Setelah Anda melakukan cara tahapan yang pertama, maka untuk tahapan kedua cara buka laundry ini lebih mudah. Sebab dengan adanya cara yang pertama atau melakukan riset Anda sudah bisa memulai untuk menghitung berapa modal yang dibutuhkan. Perlu diketahui juga modal yang dimaksud bukan hanya modal berupa alat seperti mesin cuci, setrika saja.

Modal juga mencakup kepada sewa tempat usaha, upah untuk karyawan dan masih banyak lainnya. Setelah semua kebutuhan modal sudah diketahui, kini Anda hanya tinggal melihat apakah dana yang sudah Anda kantongi cukup atau tidak untuk memulai bisnis ini. jika memang diperlukan Anda boleh-boleh saja menggunakan dana dari pinjaman.

  1. Menentukan Lokasi

Lokasi adalah faktor yang penting dalam menentukan apakah laundry Anda akan berjalan sukses atau tidak. Jika dalam memilih lokasi kurang tepat, maka bisa jadi bisnis Anda justru malah sepi dari pelanggan dan kemungkinan terburuknya akan gulung tikar.

Maka dari itu, sebelum Anda memilih dimana lokasi usaha Anda, sebaiknya tentukan dahulu siapa pasar target Anda. Target yang kira-kira akan membutuhkan jasa Anda dan memang lokasi yang dipilih strategis.

Kebanyakan pengusaha laundry mencari lokasi yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa atau pekerja kantoran. Bisa juga yang dekat dengan perumahan elit dimana penghuninya kebanyakan sibuk dengan urusan kantor.

  1. Mengamati Kompetitor

Sebelum memutuskan buka usaha laundry, Anda harus paham dulu siapa saja pesaingnya. Mengingat bisnis laundry sudah menjamur di Indonesia, sudah pasti kompetitornya juga banyak bahkan bisa jadi berada di sekitar Anda.

Apabila kompetitor sedikit maka peluangnya semakin luas. Namun jika kompetitornya malah sudah lebih dulu berada di lokasi yang dekat dengan lokasi usaha Anda maka bagaimana pintar-pintarnya Anda dalam memasang strategi pemasaran agar tetap bisa bersaing. Lihat dan amati saja bagaimana pelayanan yang diberikan kompetitor kepada pelanggannya, mulai dari harga, pelayanan hingga ke pemasarannya.

  1. Menentukan Harga

Jika sudah ada kompetitor di sekitar daerah usaha Anda, paling tidak Anda menjadi tahu berapa harga pasaran di wilayah tersebut. Harga ini yang kemudian bisa membuat Anda mampu bersaing dengan kompetitor. Adapun penentuan harga dilihat dari berapa modal yang sudah dikeluarkan untuk membeli peralatan, membayar sewa, membayar upah dan biaya perawatan alat.

Setelah semuanya selesai dihitung, kini tinggal bandingkan dengan harga pasaran. Bila dengan harga tersebut sudah mampu bersaing dan Anda sudah memperoleh untung maka bisa anda patok harga tersebut. Akan tetapi jika harga belum mampu bersaing, Anda bisa saja memasang harga lebih tinggi asalkan mampu membuktikan kepada pelanggan pelayanan serta kualitas yang baik.

  1. Berikan Pelayanan Memuaskan

Persaingan dengan para kompetitor bukan hanya dilihat berdasarkan harganya saja, bisa juga berdasarkan pelayanan yang terbaik dan memuaskan. Anda bisa memenangkan hati pelanggan untuk terus berlangganan dengan laundry Anda meskipun dilihat dari harga yang ditawarkan lebih mahal.

Agar pelayanan yang diberikan memuaskan, tentu Anda harus memberikan edukasi dan pengarahan kepada karyawan tentang bagaimana cara mencuci yang benar, bagaimana menangani komplain dari pelanggan dan juga bagaimana cara mencegah masalah-masalah yang biasa terjadi di laundry.

Demi meningkatkan kualitas pelayanan, Anda bisa memberikan jaminan jika terdapat kesalahan yang disebabkan oleh kecerobohan bisnis laundry Anda. Misalnya saja kerugian yang dialami pelanggan diganti dengan uang atau bisa juga menggratiskan laundry sampai berapa kali.

Menambah pelayanan plus plus juga harus Anda sediakan. Anda dapat menambah pelayanan dengan bergabung bersama Fastpay. 8 Layanan yang komplit untuk menambah daya tarik untuk usaha Anda. Layanannya dari pembayaran tagihan bulanan hingga perbankan. Lengkap & menguntungkan!

  1. Mencari Modal

Saat akan buka usaha laundry, Anda tentu harus mencari sumber modal untuk menyiapkan segalanya. Tanpa adanya modal semua yang sudah Anda rencanakan tidak mungkin akan terlaksana  dengan baik. Entah modal tersebut berasal dari dana pinjaman atau memang uang pribadi.

Cara-cara saat hendak buka usaha laundry diatas bisa Anda praktikkan agar persiapan bisnis laundry Anda benar-benar matang. Perencanaan itu perlu, jadi jangan terlalu tergesa-gesa dalam bertindak dan mengambil keputusan.


Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay
:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Laundry Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Loket Laundry Anda!

banner Cara Ampuh Buka Usaha Laundry Bagi Pemula Agar Cepat Sukses!

Tim SBF