Bisnis Online Kamu Makin Sepi? Coba Deh Tips Ini!

Sebarkan artikel ini

Bisnis online di Indonesia sedang meningkat tajam seiring semakin banyaknya masyarakat yang mulai beralih untuk berbelanja secara online. Semakin banyak pembeli, semakin banyak transaksi, semakin banyak pula transaksi yang kamu dapat. Dengan popularitas e-commerce, semakin banyak masyarakat terutama kalangan kaum muda yang memulai berbisnis secara online. Zaman sekarang, anak-anak muda atau generasi millennial lebih banyak memanfaatkan teknologi online untuk mencari uang karena dianggap lebih mudah dan menjanjikan. Salah satunya yaitu melalui media sosial yang telah menjadi ujung tombak generasi millennial, yang juga bisa dijadikan ajang pemasaran bisnis selain untuk memperluas pertemanan. Ditambah dengan fitur-fitur smartphone yang semakin canggih, ambisi memperoleh untung dari bisnis online pun semakin melonjak.

Tetapi, seiring berjalannya waktu dan bertambah banyaknya saingan toko online baru, mungkin toko jualan online kamu mulai sepi pengunjung. Akibatnya, kamu harus berfikir keras untuk kembali berjaya menaklukkan pasar online. Hmmm… lalu bagaimana cara bangkit dan lapak online mu kembali berkembang?

Yuk ikuti tips ampuh berikut ini

  • Aktif di Sosial Media

Bisnis online sangat erat kaitannya dengan sosial media yang berfungsi sebagai tempat mempromosikan produk yang kita jual. Bukan hanya aktif untuk update unggahan di akun sendiri, kamu juga perlu eksis di akun orang lain, contohnya di akun selebriti, influencer, atau selebgram yang memiliki banyak followers. Kamu bisa meninggalkan komen-komen yang mengandung promosi dengan bahasa yang lugas dan seolah-olah kamu sedang tidak promosi padahal intinya tetap untuk promosi. Jadi jangan hanya komen berbau spam, khawatirnya malah kamu nanti akan dilaporkan atau diblok oleh pemilik akun sehingga tidak bisa lagi komen. Semakin menarik komentarmu, semakin berpotensi menjadi top komen (untuk Instagram dan Line), semakin banyak peluang akun sosial media mu dikunjungi, semakin besar pula pembeli menyerbu lapakmu. Nah, semakin hits dan ramai tokomu, semakin banyak pula orang yang melirik untuk berbelanja. Juara deh!

  • Endorse Influencer atau Selebgram

Jika kamu sudah siap secara mental maupun finansial, kamu bisa juga menggandeng selebgram, influencer, atau selebriti untuk membantu mempromosikan produkmu atau lebih dikenal dengan istilah endorse. Dengan endorse oleh orang yang memiliki banyak penggemar atau followers, semakin banyak pula orang yang penasaran tentang produk dari lapakmu. Banyak dari mereka yang populer di sosial media menjadi panutan atau role model dari para penggemarnya. Jadi dengan endorse, peluangmu untuk makin sukses berjualan online makin besar. Mantap kan!

  • Upload Foto atau Video Menarik secara Rutin

Bukan hanya pandai beretorika, online seller harus memiliki kreativitas dalam mempercantik lapak. Semakin rapi, cantik, dan menggoda tampilan sosial media tempat kamu jualan, semakin banyak pula mata yang tertuju pada tokomu untuk membeli barang yang mereka inginkan. Salah satu langkah membuat tampilan toko online atau sosial media mu semakin mantap, rajin-rajinlah mengupload foto atau video yang berhubungan dengan produk dan bisnis online mu. Meskipun masih memiliki sedikit followers atau like-nya tidak cukup banyak, upload foto secara konsisten ini juga cukup penting. Dengan upload foto/video secara konsisten, artinya kamu memberi tahu para pelangganmu kalau tokomu betul-betul eksis di bidang online shop dan kamu serius menggarap bisnis online.

  • Buatlah Promo Menarik

Untuk mencapai sukses bisnis online, dibutuhkan pengorbanan untuk menggapai apa yang ingin kamu dapatkan. Salah satu caranya yaitu dengan menyediakan diskon atau promo menguntungkan lainnya. Dengan promo tersebut, artinya kamu berusaha memberikan layanan terbaik bagi pelangganmu. Dengan promo atau diskon ini, peluangmu untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak menjadi sangat mungkin. Tentu saja, pelanggan akan lebih memilih produk dengan harga yang lebih murah namun kualitas tetap prima. Jangan takut rugi, selama niatnya untuk berkembang, akan selalu ada peluang besar agar bisnis online mu semakin sukses.

  • Pelayanan Prima kepada Pelanggan

Poin yang satu ini sangat penting untuk dilakukan. Memulai bisnis online, artinya kamu harus siap menghadapi segala resikonya, termasuk menghadapi pelanggan. Dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dalam menghadapi pelanggan yang memiliki karakter beragam. Terkadang ada pelanggan yang banyak tanya ternyata tidak jadi beli atau pelanggan yang memberi review buruk akibat perbuatan kita sendiri, yaitu tidak memperlakukan pelanggan dengan baik. Bidikan utama online seller adalah pelanggan, so kamu perlu tekun dan sabar menghadapi pelanggan walaupun terkadang membuat kamu geram. Ingat! Meraih sukses bisnis online tidaklah mudah, jadi kamu jangan sampai menyerah ya!

Itu tadi beberapa tips agar bisnis online mu makin berkembang pesat mendatangkan keuntungan menggiurkan buat kamu. Yang penting harus tetap semangat, pantang menyerah, sabar, tekun dan optimis ya.

Nah, bagi kamu yang ingin bisnis online yang lebih mudah, murah, aman, tapi pasti menguntungkan hanya ada satu solusinya, bergabunglah dengan Fastpay!

Dengan menggunakan Fastpay, kamu bisa membuka bisnis online di rumah atau toko mu tanpa stok barang dan siapapun bisa berbelanja tanpa ribet. Cukup dengan memilih barang secara online, kemudian membayar secara offline (secara cash), dan barang akan dikirim ke alamat tujuan. Bukan hanya bisnis online di bidang toko, masih ada 7 layanan menggiurkan lainnya yang akan kamu dapatkan jika bergabung bersama Fastpay. Ayo! Raih kesempatan emas sukses bersama Fastpay sekarang juga. Daftarkan dirimu di sini ya!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Bisnis Online Kamu Makin Sepi? Coba Deh Tips Ini!

 

Tim SBF