Bingung Mau Transfer? Lakukan Cara Transfer Uang Via ATM yang Mudah Ini

Sebarkan artikel ini

Salah satu layanan yang ditawarkan oleh perbankan dan sering digunakan oleh masyarakat adalah layanan transfer. Transfer uang ini dilakukan mulai dari transfer ke sesama bank, hingga ke beda lain. Dan bahkan, setiap harinya ada lebih dari ratusan ribu orang di seluruh dunia melakukan transfer.

Nah, salah satu media transfer yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Ini menjadi salah satu cara transfer uang yang sangat praktis, mudah, cepat dan juga aman untuk dilakukan. Bahkan, Anda juga tidak perlu mengantre terlalu lama seperti melakukan transfer di bank secara langsung.

Tahukah Anda jika di Indonesia terdapat 115 bank umum dan 1.621 bank perkreditan rakyat (BPR) terhitung per Oktober 2017. Hal ini sesuai dengan data dari OJK. Sedangkan untuk mesin ATM sendiri juga terdapat 106.328 yang tersebar di seluruh Indonesia per november 2017.

Dengan hal ini, maka bisa dipastikan melakukan transfer jauh lebih cepat dan lebih mudah. Selain itu, caranya juga mudah banget untuk diikuti. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan transfer melalui ATM, Anda bisa ikuti cara transfer uang di bawah ini lengkap dengan langkah-langkahnya;

  • Datang ke ATM Terdekat

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin melakukan transfer adalah dengan datang ke ATM terdekat dari rumah Anda. Oh iya, di sini ATM yang digunakan tentunya disesuaikan dengan bak yang Anda gunakan.

Jika Anda nasabah bank Mandiri, maka datanglah ke ATM Mandiri. Jika Anda nasabah lain seperti BRI, BNI, Cimb Niaga, BCA atau bank lainnya, maka datanglah ke ATM sesuai dengan bank yang Anda gunakan. Sebab, tidak semua ATM bisa digunakan untuk berbagai macam-macam bank.

  • Masukkan Kartu ATM ke Dalam Slot Kartu

Jika sudah, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memasukkan kartu TM. Di sana sudah tersedia slot ATM yang bisa Anda masuki. Pastikan bahwa posisi kartu ATM yang akan dimasukkan benar dan tidak terbalik.

Adapun posisi yang benar adalah bagian atas yang tertera nama bank yang ada di bagian atas. Oh iya, pastikan juga hindari modus pencurian dana nasabah melalui alat perekam data yang berada di ujung slot kartu. Adapun caranya adalah dengan memastikan bahwa di slot mesin ATM tidak ada ganjalan atau alat lain yang akan menghalangi kartu ATM masuk.

  • Pilih Jenis Bahasa

Setelah Anda memasukkan kartu ATM, nantinya Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang digunakan. Nah, di sini Anda pilih saja bahasa Indonesia agar lebih mudah nantinya saat melakukan transfer dan memahami instruksinya.

  • Masukkan Nomor Pin ATM

Jika sudah, nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan pin ATM. Pin ini berjumlah 6 digit angka yang harus Anda rahasiakan kepada siapa saja. Jika perlu Anda juga harus menggantinya secara berkala.

  • Pilih Menu Transfer

Setelah itu, akan ada beberapa menu yang bisa Anda pilih. Karena Anda akan melakukan transfer, maka pilih saja menu transfer.

  • Pilih Bank Tujuan Transfer

Jika sudah, nantinya akan ada menu memilih bank tujuan transfer. Di sini, Anda bisa memilih bank sesama ataupun beda bank. Sebagai contoh di sini Anda akan memilih rekening bank tujuan BRI. Maka masukkan saja nomor rekening BRI tersebut sampai benar dan kemudian klik benar.

Namun, jika Anda akan melakukan transfer beda bank, maka Anda harus memasukkan kode bank beserta dengan nomor rekening tujuan. Anda bisa memilih kode bank yang diinginkan di sana. Jika sudah ketemu, langsung saja pilih lanjutkan dan masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan. Jika sudah langsung saja pilih benar untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Nantinya di layar ATM akan muncul, masukkan nomor referensi. Jika tidak ada kosong saja dan ketik kembali kode bank dan nomor rekening tujuan jika Anda ingin mengirim ke bank lain. setelah itu, pilih benar untuk melanjutkan tahapan berikutnya.

  • Masukkan Jumlah Nominal yang Akan Ditransfer

Ini adalah hal yang paling penting dan jangan sampai salah. Tuliskan nominal yang ingin Anda transfer dan pastikan nominal itu benar. Untuk memastikan, Anda bisa memasukannya sampai berkali-kali. Jika sudah benar, baru saja Anda pilih benar untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

  • Transaksi Akan Diproses

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, maka dalam hitungan detik di layar Anda akan menunjukkan data yang berisikan tujuan transfer yang berupa bank, nama nomor rekening dan jumlah uang yang ditransfer. Setelah itu pilih proses transfer dengan memilih Ya jika sudah benar. Jika masih ada yang salah maka pilih tidak.

  • Tunggu Konfirmasi Selanjutnya

Tunggulah ada konfirmasi yang berisikan transaksi yang Anda lakukan berhasil. Kemudian akan ada opsi transaksi lagi. jika Anda ingin melakukannya lagi maka pilih Ya dan jika tidak maka pilih Tidak.

  • Transaksi Selesai

Jika Anda sudah melakukan transaksi, maka keluarkan kartu ATM milik anda dari mesin ATM. Pastikan Anda tidak lupa karena ini sangat penting demi keamanan.

Bagaimana? Bukankah cara transfer uang itu muda? Apalagi menggunakan ATM dimana cara ini tidak ribet dan sangat praktis untuk dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.


Punya keinginan untuk menjadikan jasa transfer sebagai bisnis? Jadi Mitra Toko Modern Fastpay saja, karena dengan aplikasi fastpay Anda bisa membuka loket jasa transfer dan banyak layanan lainnya yang pasti sangat menguntungkan!

Informasi dan promo menguntungkan lainnya bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! 

banner Bingung Mau Transfer? Lakukan Cara Transfer Uang Via ATM yang Mudah Ini

Tim SBF