Bikin Usaha Jasa Pengiriman dan Keuntungannya Untuk Kios Anda

Sebarkan artikel ini

Tidak dimungkiri memang bahwa bisnis kios semakin hari semakin menjamur. Hal ini dikarenakan kios biasanya menyediakan kebutuhan harian bagi masyarakat dan juga merupakan tempat pembelian secara grosiran oleh pedagang yang nantinya mereka menjual kembali dengan margin keuntungan tertentu.

Nah, perkembangan bisnis kios yang semakin pesat ini tentu menghasilkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Oleh karena itu, bagi para pelaku bisnis ini, melakukan inovasi adalah salah satu hal yang sangat penting. Dengan inovasi, maka bisnis kios mereka akan berjalan lebih lancar dan tentu saja keuntungan yang didapatkan semakin banyak.

Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan bikin usaha jasa pengiriman barang. Pernahkah Anda berpikir tentang ide ini sebelumnya?

Apa itu Usaha Jasa Pengiriman?

Sebagaimana disinggung di awal bahwa perlu inovasi yang dilakukan terutama perihal layanan agar bisnis kios yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar dan omzet bisnis senantiasa meningkat. Nah, usaha jasa pengiriman adalah salah satu inovasi yang tepat untuk dicoba.

Skema kerja bisnis ini tentu saja sama dengan jasa ekspedisi yang sudah marak di masyarakat saat ini. Hanya saja, jasa pengiriman ini cenderung lebih simple dengan range usaha yang lebih sempit dan biasanya lokal. Hal ini dikarenakan biasanya pemilik kios sendiri yang akan menangani pengiriman pesanan tersebut.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pengiriman

Jika disimak, perkembangan teknologi saat ini sedikit banyak mengubah pola hidup masyarakat. Ya, masyarakat modern cenderung ingin hidup dengan lebih simple dan mudah, termasuk dalam usaha untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.

Nah, jasa pengiriman ini adalah salah satu bentuk usaha untuk memudahkan pelanggan yang ingin membeli barang atau sesuatu di kios yang Anda kelola. Dengan layanan ini, maka Anda sudah memberikan layanan yang memudahkan pelanggan.

Tentu, layanan pengiriman yang Anda sediakan tersebut akan memberikan keuntungan pada bisnis kios yang Anda jalankan. Perlu diketahui bahwa jasa pengiriman ini adalah salah satu ide bisnis agar omset kios meningkat karena pelanggan hanya tinggal memesan barang dari rumah dan pesanan mereka akan diantar.

Nah, dengan layanan ini, maka Anda akan bisa bersaing dengan pemilik kios lainnya. Selain itu, dengan adanya layanan pengiriman, bisa dipastikan bahwa kios yang Anda kelola memiliki nilai plus sehingga pelanggan cenderung akan memilih berbelanja di kios Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tips Menjalankan Bisnis Jasa Pengiriman Kios

Tentu saja, keuntungan adalah hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis –apapun bentuk bisnisnya, termasuk dalam layanan jasa pengiriman yang Anda lakukan tersebut. Oleh karena itu, Anda tetap harus memiliki strategi agar layanan yang Anda berikan kepada pelanggan ini tetap mendatangkan keuntungan untuk bisnis kios yang Anda miliki.

Nah, berbincang tentang bikin usaha jasa pengiriman untuk mendongkrak omzet bisnis kios tersebut, ada beberapa tips yang sebenarnya simple namun penting untuk dipahami. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut.

1.Menyediakan Armada untuk Pengiriman

Ketika Anda ingin bikin usaha jasa pengiriman guna menunjang bisnis kios yang Anda miliki, maka langkah pertama adalah Anda harus menyediakan armada khusus untuk melakukan pengiriman tersebut. Ini adalah hal krusial dan sangat penting karena akan berpengaruh pada bagaimana Anda bisa melakukan pengiriman tersebut dengan baik.

Dengan adanya armada khusus untuk pengiriman, maka Anda bisa melakukan pengiriman kapan saja sehingga pelayanan bisa dilakukan dengan baik. Memang, ada modal yang harus dikeluarkan secara khusus untuk melakukan pengadaan armada pengiriman ini.

Dalam hal ini, ada beberapa opsi armada yang bisa Anda pilih untuk pengiriman, misalnya saja motor cargo yang sudah banyak beroperasi saat ini. Motor ini bisa digunakan untuk pengiriman jarak dekat hingga menengah. Sedangkan untuk pengiriman jarak jauh, Anda bisa menggunakan mobil bak terbuka.

Armada tersebut tentu merupakan bentuk keseriusan Anda untuk menunjang bisnis kios dan memenangkan persaingan. Guna menghemat modal yang dikeluarkan, tentu saja ada pilihan pembelian armada bekas untuk digunakan.

2. Memberlakukan Biaya Pengiriman

Tidak ada salahnya jika Anda memberlakukan biaya pengiriman untuk setiap pengantaran yang dilakukan. Ini adalah salah satu cara agar inovasi yang Anda lakukan terkait pengembangan bisnis kios Anda tetap menghasilkan keuntungan.

Dengan adanya biaya pengiriman, tentu pengeluaran untuk akomodasi selama pengiriman bisa tertutupi dengan baik. Namun, tentu saja, usahakan untuk memberlakukan biaya pengiriman yang terjangkau. Anda bisa melakukan kalkulasi terkait kebutuhan biaya pengiriman tersebut berdasarkan pada jarak kiriman.

3. Menggunakan Batasan Minimal Pembelian

Hal lain yang bisa menjadi tips saat hendak bikin usaha jasa pengiriman adalah menggunakan batasan minimal pembelian. Ini adalah salah satu tips yang cukup penting untuk Anda lakukan dan pahami dengan baik. Ya, hal ini dikarenakan batasan minimal pembelian tersebut akan berdampak pada margin keuntungan yang akan didapatkan.

Untuk mendapatkan layanan pengiriman, Anda bisa mematok batasan pembelian minimal 1 juta atau lainnya tergantung pada hasil kalkulasi yang Anda lakukan. Dengan pembatasan minimal pembelian ini tentu saja Anda tidak akan merasa rugi tenaga dan waktu untuk mengantarkan pesanan yang terlampau sedikit.

4. Lakukan Promosi kepada Pelanggan

Melakukan promosi adalah bagian penting dari usaha Anda untuk bikin usaha jasa pengiriman dengan tujuan meningkatkan omzet dari kios yang Anda miliki. Promosi tetap saja merupakan langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar dari jasa pengiriman yang Anda sediakan tersebut.

Nah, dalam hal ini, Anda bisa membuat semacam iklan kepada para pelanggan yang mengatakan bahwa ada layanan pengiriman untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Agar lebih maksimal, gunakan media online untuk menunjang ide promosi ini. Tentu, Anda juga tidak boleh lupa untuk mempromosikan items utama yang menjadi bisnis Anda.

Dengan promosi yang dilakukan, maka pelanggan yang tersebar di berbagai tempat akan mengetahui bahwa Anda menyediakan layanan pengiriman pada pesanan mereka. Tentu, promosi yang Anda lakukan akan bisa mempengaruhi keputusan mereka untuk memilih kios Anda guna membeli barang secara grosir untuk kemudian dijual kembali.

Nah, demikian beberapa hal terkait bisnis jasa pengiriman yang bisa Anda sediakan sebagai bentuk layanan. Ide ini memang terinspirasi dari jasa ekspedisi namun cenderung lebih lokal dan hanya melayani bisnis yang Anda kelola sendiri.

Dengan bikin usaha jasa pengiriman tersebut, omzet penjualan di kios Anda bisa ditingkatkan sedemikian rupa hingga keuntungan bisnis yang didapatkan semakin maksimal. Perhatikan pula tips untuk menjalankannya agar strategi bisnis dan layanan bisa berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Bikin Usaha Jasa Pengiriman dan Keuntungannya Untuk Kios Anda

Tim SBF