Berniat Buka Warteg? Cara Menambah Keuntungan Bisnis Warteg Paling Nampol!

Sebarkan artikel ini

Ada banyak cara menambah keuntungan bisnis warteg yang perlu Anda ketahui agar bisnis Anda sukses. Namun, sebelum itu Anda perlu tahu dulu apa itu warteg? Warung Tegal atau yang lebih dikenal dengan istilah warteg adalah warung makan yang menyediakan berbagai macam masakan rumahan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa dengan mudah menemukan warteg di wilayah perkantoran, kampus ataupun di kawasan kos-kosan anak rantau.

Tujuan utama dibuka warteg ini tentunya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan setiap harinya dari para mahasiswa atau anak kos yang notabennya tidak pernah masak. Sehingga mereka pasti akan memilih mencari tempat makan di luar.

Namun, apakah setiap hari mereka harus ke restoran? Tentu saja tidak, karena mereka juga pasti harus menghemat pengeluaran. Untuk itulah bisnis warteg datang sebagai makanan dengan harga terjangkau dan makanan yang higienis.

Untuk membuka warteg ini tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit, mulai dari untuk menyewa tempat, membeli bahan makanan mentah setiap harinya beserta bumbu lengkap. Belum lagi nanti setiap hari harus memasak banyak menu untuk dijajakan. Kemungkinan banyak orang berpikir ulang untuk membuka usaha warung makan semacam ini meski prospeknya cukup bagus.

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa sekarang ini sudah ada cara menambah keuntungan bisnis warteg yang mudah dan murah. Caranya yakni dengan bisnis waralaba, mungkin yang sering didengar adalah waralaba laundry atau waralaba makanan ringan serta beberapa waralaba lainnya. Tapi, sekarang sudah ada juga loh waralaba warteg.

Jadi dengan adanya waralaba warteg, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal yang lebih murah dan akan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Meski sepintas masih agak aneh dengan adanya waralaba warteg. Misalnya saja Warteg Kharisma Bahari, salah satu warteg yang sudah terkenal dan terjamin kebersihannya itu membuka sistem kemitraan agar cabangnya bisa lebih luas lagi.

Cara menambah keuntungan bisnis warteg yang satu ini bisa banget loh untuk dicoba. Selain akan memiliki banyak pelanggan, terutama yang memang sudah mengenal warteg waralaba Anda. Dengan begitu otomatis keuntungannya juga naik berlipat. Anda juga sudah tidak repot mengurusi persiapan untuk memulai bisnis warteg, sebab biasanya sudah diurus oleh pihak warteg yang Anda ajak kerjasama.

Modalnya sendiri sebenarnya tergantung dari luas tempat. Akan tetapi pada umumnya mulai dari 110 juta rupiah hingga 150 juta rupiah. Lantas, apa sajakah yang diberikan oleh franchisor dengan modal yang Anda keluarkan tersebut? Diantaranya adalah:

  1. Kios yang akan disulap menjadi sebuah warteg
  2. Segala perabotan seperti etalase, meja dan juga kursi
  3. Alat untuk memasak
  4. Pekerja atau karyawan
  5. Juru masak.

Itu berarti modal tersebut hanya modal untuk waralaba, belum termasuk biaya untuk sewa kios. Disini Anda diminta untuk mencari kios sendiri dan menentukan lokasi seperti yang Anda inginkan. Sistem waralaba ini sangat cocok sih bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sampingan ataupun bisnis utama tapi tidak ingin repot mengurusi semuanya dan tidak pandai dalam berpromosi.

Cara menambah keuntungan bisnis warteg dengan waralaba juga terbukti efektif. Pasalnya, pelanggan yang memang sudah biasa makan di warteg franchisor pasti tidak akan ragu untuk berlangganan dengan warteg Anda yang sudah bekerjasama. Ibaratnya meski Anda baru memulai bisnis tetapi sudah memiliki pelanggan yang tetap.

Dengan waralaba warteg juga meminimalisir kerugian, bayangkan saja jika Anda membuka warteg sendiri dan Anda sudah mempersiapkan semua hidangan tapi malah pada hari pertama penjualan makanan tersebut tidak habis. Tentu saja itu akan memberikan kerugian dan untuk berjualan hari kedua Anda sudah harus memiliki modal lagi.

Jika bisnis waralaba Anda sudah mendatangkan banyak pengunjung, bukan berarti Anda tidak melakukan promosi sama sekali ya. Cara menambah keuntungan bisnis warteg akan semakin maksimal jika Anda tetap melakukan promosi dengan cara:

  1. Spanduk

Memasang spanduk pada bagian depan warung yang bertuliskan nama warteg. Pada umumnya, nama warteg Anda disamakan dengan nama warteg franchisor agar saat orang-orang membacanya langsung mengetahui.

  1. Mengadakan Promo

Promosi yang sudah terbukti paling manjur adalah dengan mengadakan promo berbentuk bonus. Misalnya saja Anda memberikan makan gratis pada saat grand opening.tetapi tetap harus dibatasi untuk 10 pengunjung pertama misalnya.

  1. Dari Mulut Ke Mulut

Tidak bisa dipungkiri bahwa promosi dari mulut ke mulut sangatlah memberikan pengaruh yang besar. Oleh karena itu, pastikan Anda menyediakan makanan dengan rasa seenak mungkin dan juga memberikan pelayanan sebaik mungkin. Berikan harga yang cukup bersaing dengan warteg lainnya.

Tidak kalah penting juga untuk selalu menjaga kebersihan warteg Anda  agar pelanggan tetap merasa nyaman. Sehingga mereka akan merasa betah saat makan di tempat Anda dan tidak ragu lagi untuk merekomendasikan warteg Anda kepada teman, kerabat atau orang-orang disekitarnya.

5. Bergabung bersama Fastpay!

Dengan bergabung bersama Fastpay, maka Layanan yang akan Anda suguhkan semakin banyak & komplit! Nggak cuma lauk pauk aja ya yang komplit! Dari melayani topup emoney, pembayaran tagihan bulanan hingga setor tunai seperti di bank!

Selamat mencoba cara menambah keuntungan bisnis warteg dengan sistem waralaba & bergabung bersama Fastpay!. Semoga dapat membantu mengatasi kesulitan usaha yang Anda mulai dengan susah payah.

banner Berniat Buka Warteg? Cara Menambah Keuntungan Bisnis Warteg Paling Nampol!

Tim SBF