Berapa Sih Modal Laundry? Yuk Itung-Itungan

Sebarkan artikel ini

Apabila saat ini Anda sedang merencanakan untuk memulai bisnis laundry? Jika iya, kemungkinan besar informasi mengenai rincian modal laundry dan perhitungan keuntungannya sangat Anda butuhkan sebagai bahan pertimbangan. Selain itu Anda juga perlu mengetahui apakah bisnis laundry ini masih menjanjikan atau tidak.

Bisnis laundry merupakan bisnis yang bergerak di bidang jasa, bisnis ini lebih mengutamakan kepuasan pelanggan, sebab dari sinilah keberlangsungan bisnis Anda akan ditentukan. Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui apakah di sekitar lokasi usaha Anda sudah terdapat laundry kiloan atau belum.

Jika memang sudah ada, Anda perlu mencari tahu apakah mereka sudah mampu memberikan pelayanan berupa kemudahan dan juga kenyamanan bagi pelanggan atau belum. Sedangkan jika belum ada laundry di sekitar lokasi usaha Anda, maka ini kesempatan bagi Anda untuk menarik banyak pelanggan.

Sebelum mulai membahas mengenai modal, ada baiknya Anda terlebih dahulu membuat konsep atau rencana untuk bisnis Anda nanti. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga bisa menganalisis kelayakannya dan disertai dengan strateg agar kesuksesan bisa Anda raih. Jika rencana sudah Anda buat, yuk langsung saja main hitung-hitungan berapa sih modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry:

  1. Modal Untuk Peralatan Utama
  • Mesin cuci 1 unit denganmerek yang disesuaikan dengan keinginan serta budget, anggap saja Rp. 4.000.000
  • Setrika 1 unit, sama halnya dengan mesin cuci, setrika juga memiliki banyak merek maka Anda bisa memilih yang kualitasnya memang bagus agar awet. Anda boleh menganggarkan Rp. 250.000
  • Timbangan 1 unit seharga Rp. 250.000
  • Rak dan juga meja 1 set untuk laundry dengan harga kurang lebih Rp. 3.600.000
  • Kursi 3 unit yang harganya kurang lebih Rp. 600.000
  • Impulse sealer 1 dengan harga sekitar Rp. 180.000.

Dari harga-harga yang diperkirakan diatas, kemudian ditemukan subtotal sebesar Rp. 8.880.000. Memang modal yang paling besar adalah yang digunakan untuk membeli peralatan utama di atas.

Jika modal laundry yang Anda miliki lebih kecil, maka Anda bisa memilih mesin cuci atau alat lainnya dengan harga yang lebih terjangkau. Atau jika tidak Anda juga bisa membeli mesin bekas yang kondisinya masih baik dan layak pakai.

Dalam perincian modal di atas sengaja tidak dicantumkan modal untuk menyewa tempat. Sebab harga yang ditawarkan sangat bervariasi tergantung dari lokasi, luas, dan kemahiran Anda dalam bernegosiasi dengan pemilik.

Apabila Anda tidak memiliki tempat sendiri yang akan digunakan sebagai tempat usaha, contohnya rumah yang lokasinya strategis. Selain itu, Anda juga tidak memiliki modal yang cukup besar maka jalan yang bisa Anda tempuh adalah mencari pemilik kios yang mau bekerjasama dengan Anda dengan sistem bagi hasil dalam kurun waktu beberapa bulan atau bahkan satu tahun pertama.

2. Modal Kerja

Selain modal laundry yang digunakan untuk membeli peralatan untuk beroperasi di atas, Anda juga harus menyediakan dana sebagai modal untuk kerja. Adapun rincian modal kerjanya sebagai berikut:

  • Detergen pakaian membutuhkan biaya sebesar Rp. 250.000
  • Pewangi dan pelembut pakaian kurang lebih Rp. 250.000
  • Plastik sebesar Rp. 200.000
  • Brosur yang digunakan sebagai media promosi Rp. 100.000
  • Spanduk dengan biaya Rp. 200.000
  • Neon box Rp. 300.000
  • Listrik per bulan sebesar Rp. 500.000
  • Biaya sewa tempat per bulannya Rp. 1.500.000.

Subtotal biaya kerjanya sebesar Rp. 3.300.000 biaya di atas untuk setiap bulannya. Paling tidak Anda harus memiliki biaya cadangan selama 4 bulan kedepan. Karena selama bulan pertama ataupun bulan kedua masih tahap promosi dan mencari pelanggan.

Jadi, total modal untuk pembelian peralatan dan juga modal kerja berjumlah Rp. 16.500.000. Nominal tersebut masih bisa berkurang tergantung Anda dalam memilih mesin cuci dan peralatan lain dengan harga yg lebih murah. Biaya juga akan berkurang jika tempat usaha adalah milik sendiri sehingga bisa menghemat biaya sewa.

Ketika Anda sudah mengeluarkan modal laundry sebesar itu, lantas berapa keuntungan yang mungkin didapat? Berdasarkan sebuah survey, usaha laundry yang beroperasi di tempat yang strategis dan juga dengan dengan keramaian bisa memperoleh rata-rata 100 kilogram cucian setiap harinya.

Sementara biaya tarif setiap kilonya adalah Rp. 7.000 harga normal, kadang diberlakukan juga harga promosi yakni Rp. 5.000 untuk 2 kg. Trik ini yang kemudian menarik banyak pelanggan, dimana setiap pelanggan jika di rata-rata mencuci paling tidak 3 kilogram.

Tentu dengan banyaknya orderan Anda tidak mungkin menyelesaikan semuanya sendirian, untuk itu jika memang diperlukan Anda bisa membayar tenaga tambahan untuk membantu mencuci dan menyetrika. Anda bisa memberikan upah yang tetap setiap bulannya apabila Anda yakin omsetnya sudah stabil. Jika belum yakin, maka bayarlah dengan sistem per kilonya.  Semoga adanya rincian modal laundry diatas bisa memudahkan Anda untuk memulai bisnis laundry. Teruslah berpromosi dan tingkatkan kualitas serta pelayanannya. Menambah pelayanan bisa dengan bergabung bersama Fastpay. Karena, Fastpay mempunyai Layanan yang super komplit! Pembayaran tagihan bulanan, voucher game, pulsa, hingga setor & tarik tunai seperti di Bank loh!

Segera realisasikan rencana bisnis Anda & bergabunglah bersama Fastpay!


Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay
:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Laundry Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Loket Laundry Anda!

banner Berapa Sih Modal Laundry? Yuk Itung-Itungan

Tim SBF