4 Cara Ini Bisa Bantu Anda Menghemat Tagihan Listrik

Sebarkan artikel ini

Dari sekian banyak tagihan yang harus Anda bayar setiap bulannya, salah satu yang terkadang memberatkan adalah tagihan listrik. Di zaman serba modern seperti sekarang, menjauhkan kehidupan dengan listrik memang mustahil dilakukan. Namun demikian, Anda tetap dapat menekan tagihan listrik agar tak terlalu memberatkan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik untuk meminimalkan kemungkinan tagihan listrik membengkak yang memberatkan. Penasaran? Cek informasi lengkapnya berikut ini!

Gunakan lampu LED

Cara menurunkan tagihan listrik pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan lampu LED. Lampu jenis ini diketahui memiliki banyak manfaat, terutama hemat energi. Komsumsi energi lampu LED cenderung lebih rendah dibanding jenis lampu-lampu lainnya sehingga Anda dapat menghemat energi lebih maksimal.

Jadi, apabila Anda ingin menghemat tagihan listrik, Anda dapat menggunakan lampu LED yang hemat energi. Daya pemakaian listrik lampu LED sangat kecil dengan watt yang cenderung rendah. Dengan begitu, tagihan listrik Anda setiap bulan akan jadi jauh lebih bersahabat. Bahkan lampu LED disebut-sebut dapat menghemat pemakaian energi listrik hingga 90 persen, lho. Tertarik mencoba?

Hemat pemakaian lampu malam hari

Salah satu penyebab tagihan listrik Anda setiap bulannya cukup tinggi adalah pemakaian lampu tanpa henti. Oleh karena itu, mulai sekarang usahakan untuk menghemat pemakaian lampu pada malam hari. Malam hari merupakan waktunya Anda beristirahat dengan nyaman dan tidak ada alasan untuk Anda menghidupkan setiap lampu di seluruh sudut rumah.

Sebaiknya matikan lampu kamar tidur, lampu dapur, lampu ruang tamu, dan lampu-lampu pada sisi rumah lainnya yang tidak terlalu penting demi menghemat energi. Mematikan lampu ketika tidur bukan hanya dapat menekan tagihan listrik bulanan Anda, namun juga terbukti baik bagi kesehatan dengan kenyamanan waktu tidur Anda.

Hemat penggunaan AC

Anda sebaiknya juga menggunakan AC dengan bijaksana jika Anda ingin menghemat tagihan listrik. AC merupakan salah satu alat elektronik yang memakan daya listrik cukup besar, oleh karena itu Anda wajib memerhatikan pemakaiannya. Usahakan untuk menggunakan AC hanya pada malam hari ketika Anda tidur agar daya listrik yang digunakan tidak terlalu besar.

Memanfaatkan timer agar AC dapat mati secara otomatis juga dapat membantu Anda menekan tagihan listrik yang tinggi akibat penggunaan AC berlebihan. Anda juga bisa menghemat penggunaan AC dengan mengaturnya pada suhu 25 derajat Celcius, lho. Suhu ini memakan daya listrik yang cenderung lebih kecil sehingga tagihan listik yang disebabkan oleh pemakaian AC dapat ditekan.

 

Perangkat listrik hemat energi

Berbagai perangkat elektronik yang Anda gunakan di rumah tentu berkontribusi dalam jumlah tagihan listrik yang harus Anda bayar setiap bulannya. Nah, cara untuk mengatasinya tidak lain adalah dengan menggunakan perangkat listrik yang hemat energi. Anda dapat menggunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis untuk mencegah listrik selalu mengalir sepanjang proses menyetrika. Cara ini dapat menghemat energi dengan lebih maksimal.

Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya. Jangan biasakan untuk mencuci baju menggunakan mesin cuci dalam jumlah banyak sekaligus, karena itu hanya akan memberikan beban pada mesin cuci di luar kapasitasnya. Hal ini juga dapat membawa sejumlah kerugian seperti mesin cuci cepat rusak hingga tagihan listrik yang membengkak. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya, ya.

Nah, itulah beberapa cara menghemat tagihan listrik yang bisa Anda lakukan sekarang. Jangan lupa juga untuk menggunakan outlet pembayaran FastPay yang mudah dan bermanfaat untuk membayar tagihan listrik kali ini dengan mudah dan nyaman, ya. Tersedia lebih dari seratus ribu cabang di seluruh Indonesia, pastinya FastPay bisa mempermudah pembayaran tagihan bulanan Anda. Jangan ragu, coba sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Tim SBF