Begini Tips Cari Tiket Pesawat Murah Jelang Mudik Lebaran

Sebarkan artikel ini

Berburu tiket pesawat murah, terlebih jelang musim mudik lebaran, memang gampang-gampang susah. Pasalnya, ada banyak pesaing yang juga tengah menunggu promo tiket pesawat untuk destinasi yang mungkin sama dengan Anda. Nah, daripada Anda kesal karena kehabisan tiket pesawat murah untuk mudik nanti, yuk simak tips cari tiket pesawat murah berikut ini!

Rencanakan jauh hari

Cara cari tiket pesawat murah yang pertama adalah dengan merencanakan keberangkatan Anda jauh-jauh hari. Umumnya, untuk keberangkatan domestik, tiket pesawat bisa dipesan setidaknya 60 hari sebelum keberangkatan. Dengan jarak pemesanan tiket yang cukup jauh itu, Anda juga bisa mempersiapkan perjalanan dengan lebih terencana. Sebagai catatan tambahan, tiket pesawat akan lebih murah jika Anda memesannya pada hari Selasa atau tanggal 20 ke atas.

Hal tersebut bisa jadi karena perusahaan maskapai menganggap bahwa setelah tanggal 20, kondisi dompet sedang tipis sehingga kemungkinan orang untuk berpergian sedikit. Alhasil, maskapai pun memberikan harga murah di periode ini agar kursi-kursi mereka terisi.

Sering cek harga tiket terbaik

Jika Anda ingin mendapatkan harga tiket terbaik, jangan ragu secara rutin mengecek harga masing-masing maskapai untuk destinasi tujuan Anda. Namun, percaya atau tidak, makin sering Anda cek harga pesawat di smartphone atau laptop, maka harga tiket pesawat justru semakin mahal. Hal ini terjadi karena sebuah website akan menaikkan harga berdasarkan cookie pada browser dan mendorong Anda untuk segera melakukan pembelian.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mencari tiket pesawat murah dari browser dengan menggunakan mode incognito atau private browsing. Jangan lupa, agar hasil pencarian Anda sebelumnya terhapus, tutup semua window dengan mode incognito tersebut lalu buka browser yang baru.

Beli tiket transit (jika lebih murah)

Apabila destinasi tujuan Anda menyediakan pilihan penerbangan rute transit dengan harga murah, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan pilihan tersebut, bukan? Misalnya, dari Surabaya menuju Pontianak tiket terusan dibanderol dengan harga mencapai Rp1,5 juta. Namun jika Anda membeli tiket transit dari Surabaya ke Jakarta sebesar Rp500.000, lalu Jakarta ke Pontianak seharga Rp600.000, maka Anda akan lebih berhemat Rp400.000. Cukup lumayan, bukan?

Pilih hari dan jam yang tepat

Libur lebaran memang menjadi momen di mana permintaan terhadap tiket pesawat sangat tinggi. Untuk menyiasati hal tersebut Anda bisa memilih perjalanan mudik di hari dan jam yang tepat. Cara cari tiket pesawat murah dapat dilakukan dengan menentukan hari keberangkatan dan kepulangan. Jika Anda ingin mencari harga murah tapi tidak menghabiskan jumlah cuti kantor, cobalah kombinasi Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu.

Bandingkan harga

Sebelum memutuskan untuk membeli tiket pesawat, ada baiknya jika Anda terlebih dulu melakukan perbandingan harga antara satu maskapai dengan maskapai lainnya untuk hari dan jam keberangkatan dan kepulangan yang sama. Jadi, ketika Anda menemukan harga murah, Anda bisa tahu apakah Anda memang mendapatkan harga termurah atau Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

Baca baik-baik aturan pembelian

Pelajari terlebih dulu aturan pembelian tiket pesawat yang akan Anda beli. Umumnya, tiket pesawat murah tidak dapat di-refund atau di-reschedule sehingga jadwal Anda untuk mudik lebaran sudah harus dipastikan terlebih dulu. Selain itu, beberapa maskapai hanya menyediakan bagasi seberat 15kg, jadi sesuaikan barang-barang yang akan dibawa mudik ke kampung halaman Anda.

Anda dapat membeli tiket pesawat melalui online travel agent yang terkadang juga menawarkan potongan harga yang diberikan jika kita menggunakan aplikasi. Namun, ada cara cari tiket pesawat murah yang lebih mudah dan praktis di Toko Modern Fastpay. Tak perlu takut boros kuota untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik bersama Fastpay. Semoga bermanfaat!

Tim SBF