Begini Cara Mengadu Di Indihome Gangguan Call Center, Pastikan Periksa Dulu Perangkatnya!

Sebarkan artikel ini

Sebuah produk PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom yang saat ini banyak digunakan adalah Indihome. Meskipun melakukan klaim bahwa layanannya minim gangguan. Masalah tetap saja bisa terjadi. Mulai dari indikator LOS yang menyala merah, PC yang tersambung ke internet, dan masih banyak lagi. Untuk itu, pihak Telkom menyediakan layanan Indihome Gangguan Call Center.

Layanan yang kerap disebut Triple Play yang merupakan perpaduan dari internet, telepon rumah, dan juga siaran televisi ini mendukung koneksi yang stabil. Hal ini dikarenakan dikarenakan penggunaan jaringan fiber optik pada setiap paketnya.

Nomor Call Center Indihome

Jika ada kendala saat memakai produk Telkom ini, maka ada baiknya untuk segera melaporkan pada provider. Berapa nomor Indihome gangguan call center?

Silakan catat baik-baik yakni PTSN: 147 dan telepon seluler: (kode area) +147. Layanan call center ini berlaku selama 24 jam. Jadi, Anda bisa menelepon kapan saja.

Tips Mengatasi Gangguan Indihome

Meskipun sudah tersedia Indihome Gangguan Call Center, ada baiknya bagi Anda untuk mengatasi permasalahan sendiri terlebih dahulu. Jika ada gangguan, maka periksa saja, mungkin ada hal sepele yang terjadi. Untuk itu, ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui cara penanganannya.

1. Lampu LOS Merah

Jika lampu indikator LOS pada perangkat menyala tetapi berwarna merah, tidak usah buru-buru menelepon Indihome Gangguan Call Center. Hal ini disebabkan karena modem tidak menerima sinyal optiknya. Jaringan kabel optik yang terhubung ke rumah terputus.

Hal ini dikarenakan beberapa hal seperti kabel optik yang digigit tikus, rusak karena bergesekan dengan benang layangan, atau bending dan tertekuk. Apabila hal ini terjadi, periksa kabel, kemudian colokan fiber.

Kemudian, bila tidak juga kembali normal, maka Anda bisa menghubungi call center untuk segera ditangani tenaga ahli.

2. PC yang Tidak Bisa Konek ke Internet

Apabila PC yang Anda gunakan tidak bisa terhubung ke internet Indihome, penyebabnya adalah salah dalam memasang port LAN pada modem. Supaya bisa terhubung, maka default yang harus terpasang adalah RJ-45 pada LAN3. Jika Anda telag memasangnya, tetapi tidak juga bisa terhubung. Sila cek lampu indikator LAN3, cek apakah lampunya menyala berwarna hijau atau tidak menyala.

Jika lampu LAN3 menyala berwarna hijau, maka kemungkinan terhubung ke internet lebih besar. Anda tinggal men-setting IP dengan cara manual. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan pada ikon jaringan
  • Silahkan pilih network and sharing center
  • Jika sudah, klik local area connection, klik lagi Properties, lalu Internet protocol version 4 atau TCP/IPv4. Lantas, pilih juga use the following IP address, selanjutnya use the following DNS server address.
  • Perhatikan hal ini, pada kolom IP address, Anda masukkan angka 192.168.1.1, lalu di kolom subnet mask, masukkan 255.255.255.0, setelah itu, masukkan juga pada kolom default gateway angka 192.168.1.1, di kolom preferred DNS server, Anda masukkan 8.8.8.8, terakhir, pada Alternate DNS server masukkan angka 8.8.4.4.

Apabila lampu LAN3 tidak menyala, maka penyebab yang paling mungkin terjadi adalah kabel LAN sudah rusak. pastikan untuk memakai kabel yang masih utuh serta pastikan juga pemasangannya sudah sesuai.

3. Mengatasi Telepon Rumah Indihome yang Tidak Dapat Digunakan

Sebagai Triple Play, maka salah satu layanan dari Indihome adalah telepon rumah. Namun, kerap juga terjadi kasus yang mana telepon rumah tidak bisa digunakan. Hal ini bisa saja merupakan tanda adanya gangguan pada Indihome. Namun, pastikan dulu memeriksa keadaan perangkat sebelum menelepon Indihome Gangguan Call Center.

Apabila telepon rumah tidak dapat menerima maupun menghubungi nomor lain (incoming dan outgoing), bisa jadi karena adanya salah pasang kabel RJ-11 di port phone pada modem Anda.

Anda juga mesti memerhatikan lampu indikator Phone 1 maupun Phone 2. Pasanglah RJ-11 di port phone 2 apabila lampu indikator menyala pada phone 2. Apabila masih juga ada gangguan, maka bisa jadi karena pesawat telepon rusak.

4. Lampu Indikator Menyala Tetapi Lemot

Apabila Anda mendapati lampu indikator menyala tetapi lemot, periksa terlebih dahulu ada berapa user yang menggunakan Indihome di tempat Anda. Mungkin saja, terlalu banyak user atau ada juga pengguna anonim. Bisa jadi juga karena ada gangguan masal.

Apabila hal ini terjadi, solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengubah password WiFi, lalu cek juga kecepatan pada speedtest.net. Pastikan bandwith telah sesuai dengan paket yang Anda pilih.

Jika kecepatannya tidak sesuai dengan pilihan paket, sila hubungi Indihome Gangguan Call Center di nomor yang sudah tertera di atas.

5. Hal yang Mesti Dilakukan Jika Internet Tidak Menjangkau Seluruh Ruangan

Penting untuk Anda ketahui bahwa modem Indihome hanya mampu menjangkau radius 20 meter saja. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis penghalang yang ada di ruangan. Tembok atau beton jelas akan mengurangi kemampuan modem dalam menjangkau radius maksimalnya.

Apabila ruangan yang ditempati cukup luas, maka Anda bisa menambahkan sebuah perangkat yakni akses point. Jika tidak juga berhasil, menghubungi Indihome Gangguan Call Center adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Bagaimana Cara Melaporkan Gangguan Indihome?

Apabila berbagai masalah yang terjadi pada modem semakin buruk atau tidak bisa ditangani oleh Anda sendiri, maka bisa langsung melakukan cara berikut ini.

1. Melaporkan Gangguan Melalui Twitter

Anda bisa melaporkan gangguan Indihome melalui Twitter. Pertama, Anda harus mempersiapkan nomor Indihome. Lalu, buka akun twitterm pastikan Anda sudah follow akun @telkomcare.

Setelah itu, buat DM atau bisa juga mention ke akun tersebut, menginformasikan bahwa nomor indihome mengalami gangguan. Sebutkan kronologinya secara terperinci. Setelah itu, Anda tinggal menunggu balasan dari akun @telkomcare. Anda perlu mengonfirmasi kondisi Indihome apabila sudah normal atau masih bermasalah. Jika belum, maka kembalilah melakukan pengaduan.

2. Melaporkan Gangguan Indihome Melalui Facebook

Kedua, Anda bisa melaporkan gangguan Indihome melalui platform Facebook. Caranya dengan mempersiapkan nomor Indihome, lalu kirimkan pesan ke akun TelkomCare di Facebook. Jangan lupa menuliskan nomor Indihome dan keluhan yang dialami. Tunggu saja CS Indihome memandu penyelesaian masalah. Apabila membutuhkan tindakan lanjutan, Anda akan mendapat juga nomor pengaduan.

3. Melaporkan Ke Nomor Call Center Gangguan Indihome

Cara yang ketiga adalah dengan menelepon Call Center Gangguan Indihome. Seperti cara sebelumnya, Anda harus mempersiapkan nomor Indihome. Lalu, sila menelepon 157 dengan telepon rumah maupun HP. Untuk menelepon menggunakan ponsel, wajib menyertakan kode area. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti prosedur yang diberikan oleh customer service.

Informasikan padanya tentang gangguan yang Anda alami. Jika sudah, maka customer service akan melaporkan keluhan pada pihak yang terkait serta memberikan nomor pengaduan. Jika sudah, tunggu saja beberapa saat. Apabila belum juga normal, Anda bisa menghubungi nomor call center lagi.

Nah, pastikan masalah yang Anda alami pada Indihome di rumah diperiksa secara mandiri terlebih dahulu. Bisa jadi penyebab gangguannya adalah hal yang tidak perlu tindak lanjut dari pihak provider. Jika memang tidak ada masalah pada perangkatnya, silakan hubungi Call Center Gangguan Indihome atau melalui dua cara lainnya.


Itulah beberapa informasi “Begini Cara Mengadu Di Indihome Gangguan Call Center, Pastikan Periksa Dulu Perangkatnya!”. Jika Anda ingin memiliki bisnis pembayaran internet dan indihome yang menguntungkan. Bergabunglah bersama Fastpay dan Temukan segala kemudahan pembayaran di dalam aplikasi Fastpay

Informasi dan promo menguntungkan lainnya bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Begini Cara Mengadu Di Indihome Gangguan Call Center, Pastikan Periksa Dulu Perangkatnya!

Tim SBF