Beda Layanan Ekspedisi J&T Express dan J&T Cargo

Sebarkan artikel ini

J&T jadi salah satu ekspedisi populer di Indonesia. Nah, tapi sudah tahu belum kalau J&T Express dan J&T Cargo itu berbeda. Apa perbedaan J&T Express dan J&T Cargo? Simak di artikel ini!

Layanan ekspedisi selalu jadi penolong untuk pengiriman barang-barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Apalagi jika hobi berbelanja online atau memang ingin memindahkan barang. Ongkos kirim atau ongkir kadang tidak jadi permasalahan selama barang bisa sampai ke rumah dengan aman dan cepat. Walaupun tentunya mungkin ada sebagian orang yang lebih senang agar ongkos kirimnya rendah atau bahkan gratis.

Peluang bisnis bisa dilihat dari adanya layanan ekspedisi. Dengan jadi agen drop point ekspedisi, seseorang bisa jadi perantara untuk pengiriman barang ke berbagai lokasi. Selain itu, sebagai dropshipper juga akan mendapatkan komisi. Jadi tentu ini menarik untuk dijadikan sebagai salah sumber penghasilan tambahan.

Salah satu layanan ekspedisi yang paling banyak digunakan adalah J&T. J&T sendiri merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang logistik dan ekspedisi barang ke berbagai lokasi. Layanan ekspedisi J&T terbagi jadi dua yakni J&T Express dan J&T Cargo.

Berikut adalah pembahasan singkat tentang perbedaan keduanya, cara cek tarif pengiriman, hingga peluang bisnis bersama J&T di bidang ekspedisi:

Beda Layanan Ekspedisi J&T Express dan J&T Cargo

231122-artikel-1 Beda Layanan Ekspedisi J&T Express dan J&T Cargo
Ilustrasi Bisnis Ekspedisi

Berikut adalah perbedaan dari layanan ekspedisi J&T Express dan J&T Cargo:

  1. Dari segi pelayanan
    J&T Express fokus untuk melayani pengiriman paket dan dokumen yang punya ukuran kecil hingga besar yang setidaknya bisa dimuat dalam truk. Mulai dari tas, pakaian, makanan, gadget berukuran kecil/sedang, dan lainnya. Sementara untuk J&T Cargo fokus untuk pengiriman barang yang punya ukuran besar dan punya urgensi untuk pengamanan yang lebih dari barang-barang lain. Oleh karena itu batas maksimal berat yang diangkut pun berbeda. Maksimal 50 kg untuk J&T Express dan maksimal untuk J&T Cargo bisa menyentuh angka 300 kg. Pengiriman dengan J&T Cargo biasanya meliputi furnitur, motor, mobil, dan barang lain. Tidak menutup kemungkinan barang pecah belah juga bisa.
  2. Dari segi area layanan
    Untuk jangkauan area, J&T Express jauh lebih luas karena berkaitan juga dengan barangnya yang bisa berukuran kecil, sedang, hingga besar (selama masih dalam batas maksimal). Layanan J&T Express bisa mengirimkan barang ke berbagai daerah baik itu antar provinsi, antar kota/kabupaten, hingga antar kecamatan. Berbeda dengan layanan J&T Cargo yang fokus untuk layanan pengiriman barang ukuran besar dan berat untuk antar kota atau bahkan sampai internasional
  3. Armada dan Jenis Pengiriman
    Layanan J&T Express fokus menggunakan armada kurir yang artinya hanya bisa di darat karena kebanyakan menggunakan motor atau mobil box untuk pengantaran. Sementara untuk J&T Cargo bisa menggunakan jenis kargo darat, laut, hingga udara. Tentunya disesuaikan dengan kepentingan, jarak, dan karakteristik barang.
  4. Pengemasan barang
    Barang yang dikirim melalui layanan J&T Express akan dikemas dalam bahan plastik/bubble wrap/kardus kecil/paper bag/atau alat pembungkus lain selama masih bisa melindungi barang. Sedangkan untuk J&T Cargo pengemasan menggunakan plastik ukuran besar/kardus/karung/peti kayu/pelindung lainnya.

Baca juga : Tips Memilih Mitra dan Cara Menjadi Agen Ekspedisi

Cara Cek Tarif Ongkos Kirim dengan J&T Express dan J&T Cargo

Untuk pengecekan tarif ongkos kirim bisa dilakukan di website resmi J&T Express di https://jet.co.id/rates dan J&T Cargo di https://www.jtcargo.id/. Untuk ongkos kirim utamanya di J&T Express akan memperhatikan berat dari barang yang akan dikirimkan. Oleh karena itu, terkadang pengirim harus memasukkan dimensi barang dengan detail. Dari segi harga sebenarnya J&T Cargo lebih murah dibandingkan J&T Express tapi kembali lagi ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk pengiriman barangnya.

Cara Pantau atau Tracking Barang di J&T Express dan J&T Cargo

Pengecekan atau tracking barang yang dikirimkan seringkali dilakukan untuk memantau perjalanan paket hingga memperkirakan paket akan sampai kapan di lokasi penerimaan. Untuk pengecekan paket baik di J&T Express maupun di J&T Cargo bisa dilakukan di website. Untuk J&T Express bisa dicek di https://jet.co.id/track sementara untuk J&T Cargo bisa dicek di https://www.jtcargo.id/networkQuery

Peluang Jadi Agen Ekspedisi J&T Bersama Fastpay

Mendaftarkan diri menjadi agen ekspedisi sekarang sangat mudah. Salah satunya adalah dengan Anda bergabung bersama Fastpay. Selain jadi agen pembayaran berbagai produk digital, loket Anda nantinya bisa jadi lokasi drop point berbagai paket.

Untuk menjadi agen J&T di Fastpay, Anda bisa mendaftarkan diri di Fastpay. Saat ini layanan pendaftaran bisa dilakukan di Fastpay website di https://loket2-fastpay.bmsecure.id/. Anda tinggal klik menu Ekspedisi JNT Express dan lengkapi pendaftarannya. Dapatkan komisi untuk setiap transaksi kirim paket di J&T x Fastpay

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari