Beberapa Tips Cek Kuota IndiHome

Sebarkan artikel ini

Salah satu keuntungan menggunakan WiFi dibandingkan dengan paket kuota biasa antara lain yaitu kecepatannya yang lebih kencang dan juga penggunaannya yang tanpa batas alias unlimited.

Meskipun saat ini banyak dijual paket data internet unlimited, namun jaringannya tentu tidak sekencang dan se-stabil WiFi. Nah salah satu penyedia jaringan WiFi terkencang dan terbaik di Indonesia adalah IndiHome. Selain menawarkan kecepatan yang stabil dengan menggunakan jaringan fiber optik, IndiHome juga memiliki pilihan kecepatan yang beragam.

Benar sekali, Anda bisa memilih paket WiFi dengan kecepatan 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps. Dari masing-masing pilihan kecepatan tersebut, Anda bisa menggunakannya secara unlimited.

Cara Cek Kuota IndiHome

Meskipun bisa digunakan sepuasnya, tapi yang perlu ditekankan disini, meskipun akses internet yang bisa Anda nikmati unlimited, akan tetapi tetap ada pembatasan tertentu. Batasan pemakaian wajar atau yang dikenal dengan FUP ini ditetapkan oleh Telkom pada setiap pelanggan IndiHome.

Semisal jika Anda berlangganan paket WiFi dengan kecepatan 10 Mbps, maka batas pemakaian wajar yang diberikan ialah 300 GB. Jika Anda sudah menggunakannya sesuai batas pemakaian wajar, maka kecepatan akan menurun 25% dan dengan kuota maksimal 400 GB. Setelah kuota 400 GB juga habis, kecepatan akan menurun hingga 40% namun tanpa batas kuota lagi.

Dengan ketentuan tersebut, pastinya Anda harus selalu stand by mengecek kuota IndiHome Anda ya. Tapi tak perlu khawatir, karena cara cek kuota IndiHome bisa Anda lakukan di rumah tanpa ribet dan pastinya tak harus ke Plasa Telkom.

Sebelum mengecek sisa kuota IndiHome Anda, proses pengecekan penggunaan kuota dan sisanya hanya bisa dilakuakn melalui website IndiHome yakni https://IndiHome.co.id/usage-info.

Alamat website tersebut tentunya bisa Anda akses melalui PC ataupun smartphone. Caranya pun sangat mudah, berikut panduannya.

1. Buka Website IndiHome

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs IndiHome dengan alamat https://IndiHome.co.id/usage-info. Setelah masuk ke halaman utama, Anda akan langsung disambut dengan kolom yang mengharuskan Anda memiliki akun IndiHome.

JIka sebelumnya Anda belum pernah mengaksesnya, Anda bisa pilih “Belum punya akun?” untuk membuat akun baru.

2. Isi Daftar Diri

Setelah klik “Belum punya akun?” Anda akan masuk ke halaman berikutnya. Ada beberapa kolom yang harus Anda isi dengan data yang benar dan lengkap, mulai dari nama lengkap Anda, email, password dan konfirmasi password, nomor handphone dan nomor handphone alternatif, jenis kelamin dan terakhir menuliskan kode konfirmasi.

Jika semua data sudah diisi dengan benar, selanjutnya klik “DAFTAR”. Pastikan jika email dan nomor handphone yang Anda tuliskan benar, sebab setelah ini Anda akan mendapatkan kode verifikasi untuk aktivasi akun.

Masukkan kode aktivasi yang masuk ke nomor handphone melalui SMS ataupun ke email Anda. Yang paling penting, sertakan pula ID Pelanggan IndiHome Anda untuk aktivasi akun.

3. Masuk ke Akun

Sesaat akun Anda sudah terverifikasi, Anda bisa langsung mengaksesnya dengan mengisi email serta password sama seperti ketika mendaftar tadi. Selanjutnya klik “Log In” dan tunggu sampai Anda berhasil masuk.

Untuk keamanan lebih, sebaiknya gunakan password yang kuat, seperti kombinasi antara huruf dan angka. Kombinasikan pula huruf dengan capital sehingga lebih kuat dan aman.

4. Klik Informasi

Jika Anda sudah berhasil masuk ke akun Anda, Anda akan menemukan beberapa tab menu pada halaman utama. Yang perlu Anda buka untuk mengetahui penggunaan kuota IndiHome Anda adalah tab Informasi yang berada di pojok kanan atas.

5. Klik Bonus & Penggunaan

Klik tab Informasi di bagian pojok kanan atas, maka kemudian akan muncul “Info Bonus & Penggunaan klik pada tulisan tersebut untuk melihat sisa kuota IndiHome yang Anda miliki.

6. Masukkan ID Pelanggan

Sebelum melihat sisa kuota IndiHome yang Anda miliki, Anda harus terlebih dahulu memasukkan ID pelanggan atau Nomor Induk Layanan pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda mengisinya dengan benar lalu klik “SUBMIT”.

Tunggu beberapa saat sampai informasi penggunaan internet Anda muncul. Selain untuk mengecek penggunaan kuota Internet, cara cek kuota IndiHome di atas juga bisa untuk mengecek bonus telepon yang Anda miliki.

Sangat mudah bukan? Selain bisa dilakukan kapan saja, panduan cara mengecek kuota IndiHome di atas juga memungkinkan Anda melakukan pengecekan dimana saja tanpa harus datang ke Plasa Telkom. Anda juga tak harus menelepon customer service Telkom.

Tips Cek Kuota IndiHome

Sebelum melakukan pengecekan sisa kuota IndiHome yang Anda miliki? Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu.

  1. Pastikan jika perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan WiFi IndiHome terkait, mengingat disini Anda hanya bisa melakukan pengecekan sisa kuota internet melalui website dan tak bisa dilakukan melalui akun jejaring sosial ataupun telepon dan SMS.
  2. Selalu gunakan email dan nomor telepon yang aktif, terutama jika Anda belum memiliki akun IndiHome, sebab kode verifikasi akun hanya akan dikirimkan melalui email ataupun SMS saja.

Pentingnya Cek Kuota IndiHome Secara Berkala

Beberapa diantara Anda mungkin masih jarang mengecek kuota IndiHome yang sudah digunakan. Padahal hal ini sebenarnya sangat perlu dilakukan secara berkala, baik setiap minggu, dua minggu sekali ataupun setiap bulannya.

Mengapa demikian? Berikut beberapa alasannya:

  1. Dengan rutin mengecek kuota WiFi IndiHome Anda bisa menghindari penggunaan kuota yang berlebihan.
  2. Untuk mencegah WiFi menjadi sangat lelet ketika kuota dengan kecepatan tertinggi sudah habis. Semisal untuk kuota 10 Mbps sudah terpakai semua dan hanya tersisa kuota internet dengan kecepatan berkurang sampai 40%.
  3. Sebagai control penggunaan setiap minggu atau dalam periode yang Anda tentukan sendiri.
  4. Untuk memperkirakan kebutuhan internet bulanan Anda, dan sebagai antisipasi jika di kemudian hari Anda harus menggunakan internet lebih dari jumlah rata-rata bulanan.

Yups itulah sederet alasan mengapa Anda perlu melakukan pengecekan kuota internet IndiHome secara berkala. Toh cara cek kuota IndiHome pun sangat mudah dan cepat, sehingga tak akan merepotkan Anda sama sekali.

Selain itu, alamat situs IndiHome pun bisa diakses melalui smartphone, jadi Anda tak harus menyalakan PC atau laptop hanya untuk mengecek sisa kuota IndiHome.

Semoga dengan tips dan panduan cara cek kuota IndiHome di atas, Anda tak khawatir dengan lonjakan tagihan ataupun kuota internet yang mendadak jadi lemot. Tidak mau kan sudah bayar tagihan bulanan secara rutin tapi akses internet menjadi lemot?

Untuk itu, jadilah pengguna yang cerdas dan dapat memanfaatkan semua layanan yang ada, termasuk layanan cek kuota internet IndiHome ini. Selamat mencoba.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

banner Beberapa Tips Cek Kuota IndiHome

Tim SBF