Beberapa Pilihan Aplikasi Kasir Terbaik yang Cocok untuk Warung

Sebarkan artikel ini

Generasi Kiwari cenderung memilih toko tidak hanya berdasar pada lengkap atau tidak stoknya. Melainkan juga kenyamanan dan pelayanan berbelanja. Untuk itu, warung-warung kecil mulai tergeser dengan keberadaan minimarket yang kian menjamur. Apabila warung tidak bisa mengikuti perkembangan digital, maka bukan tidak mungkin akan tergerus oleh modernisasi.

Namun, bukan berarti problematika ini tanpa solusi. Warung kecil pun harus bersaing dengan toko-toko modern. Salah satunya dengan menggunakan sistem penghitungan yang otomatis menggunakan aplikasi kasir gratis.

Aplikasi kasir atau POS (point of sale) ini cenderung mudah digunakan karena sistemnya yang sederhana. Pun, tidak dikenakan biaya sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran. Aplikasi kasir gratis memang biasanya diperuntukkan bagi toko dan warung kecil.

Pastinya, Anda menjadi penasaran dengan berbagai rekomendasi aplikasi kasir gratis. Nah, langsung saja, ini dia ulasan lengkapnya:

1. VendHQ

Aplikasi kasir gratis yang pertama adalah VendHQ. Sebagai pengusaha muda dengan bisnis kecil seperti warung, pastinya Anda ingin mengembangkannya menjadi lebih besar lagi. Terlebih jika Anda memiliki stan yang terdapat di pusat perbelanjaan atau di pasar.

Uniknya, VendHQ menggunakan sistem cloud maupun bisa digunakan secara offline. Namun, penggunaan secara offline memiliki beberapa keterbatasan. Fitur-fitur di dalamnya pun cukup menarik. Mulai dari CRM, managemen inventaris, serta program loyalty.

Kekurangan dari VendHQ adalah hanya bisa digunakan pada satu mesin kasir saja. Serta jumlah produknya tidak lebih dari 10. Meski begitu, aplikasi ini dapat menampung 1000 data dari pelanggan.

2. Profit

Aplikasi kasir gratis yang terbaik selanjutnya adalah Profit. Walau terbilang baru, namun aplikasi yang bersinergi dengan Toko Modern Fastpay ini banyak diminati oleh masyarakat. Yang mana aplikasi ini memang diperuntukkan bagi Toko Kelontong / warung yang ingin menjaga transaksi penjualan dengan lebih aman dan tersistem secara modern. 

Profit memungkinkan Anda bisa menjaga stok persediaan barang karena terdapat fitur unggulan seperti :

  • Dapat digunakan pada smartphone atau tablet Android
  • Cetak/Kirim struk
  • Scan Barcode
  • Kelola data dan stok barang
  • laporan penjualan laba rugi, omzet, piutang
  • Kelola Data Supplier dan Data Pelanggan
  • Laporan Barang Kulakan
  • Layanan Tagihan Bulanan
  • Layanan Reservasi Tiket Pesawat, Pelni dan Kereta
  • Layanan Pengiriman Barang
  • Layanan Transfer Uang antar bank
  • Layanan Keagenan
  • Layanan Penjualan Barang online

Untuk menggunakan Aplikasi PROFIT, ikuti 3 langkah mudah berikut :
1. Download gratis Aplikasi PROFIT di playstore.
2. Silahkan daftarkan diri Anda.
3. Silahkan Login untuk memulai Aplikasi PROFIT dengan ID Pengguna setelah berhasil melakukan pendaftaran

3. Chromis POS

Penggunaan Chromis POS bisa dilakukan pada sistem operasi Linux, Windows, maupun MAC. Aplikasi kasir gratis ini highly recommended bagi Anda yang memiliki warung kecil. Sebab, di dalamnya terdapat beberapa fitur yang mumpuni. Mulai dari fitur pencatatan transaksi penjualan, laporan keuangan, serta kitchen display.

Chromis POS bisa digunakan untuk pebisnis yang terjun di bidang kuliner. Mulai dari restoran, depot, café, dan sebagainya. Sebab, di dalamnya terdapat fitur kitchen display yang akan menampilkan menu yang dipesan ke dapur. Proses pemesanan pun lebih mudah dan cepat. Selain itu, pesanan dari pelanggan pun lebih terpantau.

4. Keyhut

Warung kecil memang paling cocok menggunakan aplikasi kasir gratis. Salah satunya adalah Keyhut. Software ini bisa digunakan di PC serta kompatibel dengan berbagai mesin kasir dan printer-nya. Bahkan, Keyhut cocok juga untuk PC rumahan Anda.

Meski gratis, sistem Keyhut sangat bagus dan bisa digunakan untuk menjalankan berbagai jenis laporan. Salah satunya adalah laporan penjualan yang dicatat karyawan. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah CRM, manajemen karyawan, dan pelacakan inventaris. Anda bisa meningkatkan Keyhut ke sistem berbayar jika penjualan di warung Anda sudah meningkat dan aplikasi gratis terasa tak lagi mumpuni.

Versi Keyhut berbayar memiliki sistem yang lebih terbuka dan ramah. Yang pasti, fiturnya juga lebih lengkap.

5. uniCenta

Tak hanya kompatibel untuk berbagai merek PC dan mesin kasir, uniCenta juga mudah untuk digunakan di handphone. Aplikasi kasir gratis ini juga semakin melambung namanya karena memiliki fitur yang menarik dan mumpuni untuk kebutuhan warung kecil – menengah.

Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan meliputi CRM, managemen inventori, dan juga manajemen  karyawan.  Tertarik untuk menggunakan aplikasi ini di warung Anda?

6. TruePOS

Aplikasi kasir gratis ini merupakan buatan negara India. Aplikasi ini masuk daftar yang terbaik karena beberapa fitur menariknya. Pun, dikarenakan memiliki sistem yang terintegrasi serta dapat diakses dari berbagai perangkat mesin laiknya PC, mesin kasir, dan juga handphone.

Selain versi gratis, terdapat juga versi berbayar yang bisa dipakai untuk berbagai jenis usaha ritel yang besar. Namun, jika bisnismu masih sekelas warung, sebaiknya gunakan aplikasi gratis terlebih dahulu. Meski aplikasi ini berbasis web, tetapi bisa juga digunakan secara offline. Fitur yang bisa digunakan secara offline meliputi CRM, inventori, serta laporan.

7. Olsera – Poin of Sale 2

Aplikasi ini adalah generasi selanjutnya dari versi 1 dengan tambahan berbagai fitur. Mulai dari bayar cicilan, barcode scanning mode, dan sebagainya. Olsera – Poin of Sale 2 tergolong memiliki fitur mumpuni yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah ragam jenis pencatatan transaksi penjualan dari usaha Anda.

Olsera juga memiliki sistem yang berbasis cloud sehingga semua transaksi bisa tersimpan sempurna. Anda pun lebih mudah dalam mengaksesnya kapan dan dimana saja. Hal tersebut bisa Anda lakukan jika menggunakannya secara online. Sedangkan penggunaan secara offline tetap memungkinkan karena Olsera akan meng-upgrade data secara otomatis jika Anda terhubung ke jaringan internet.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis toko. Mula dari warung, café, restoran, bar, dan sebagainya. Bahkan, Anda bisa memasarkan toko ke ranah online dengan Olsera. Namun, Anda hanya bisa mengakses aplikasi ini secara gratis hanya dalam waktu 14 hari. Untuk menggunakannya lebih lanjut, sila lakukan pembelian aplikasi (sistem berbayar).

8. Pawoon

Malas membuat laporan manual yang super ribet? Mungkin inilah saatnya Anda beralih ke aplikasi kasir gratis Pawoon. kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dioperasikan. Meski begitu, Anda yang memiliki banyak cabang usaha, bisa melakukan kontrol dari semua transaksi penjualan sekaligus.

Sebab, aplikasi Pawoon ini memungkinkan Anda melihat langsung transaksi penjualan dari semua cabang secara realtime. Sebab, sistem yang digunakan berbasis cloud. Penggunaannya pun bisa secara online maupun offline.

Fitur lainnya adalah bisa menyusun laporan harian secara otomatis, menghubungkan dengan berbagai printer dot matrix atau thermal. Silakan coba aplikasi gratisnya selama 14 hari. Setelah itu, perbaharui dengan aplikasi berbayar untuk mendapat fitur yang lengkap.

10. Mesin Kasir – Loyverse Point of Sale

Aplikasi ini sangat tepat untuk digunakan untuk warung kecil karena gratis dan bebas iklan. Meski begitu, fiturnya sangat menarik dan tidak kalah dengan aplikasi berbayar sekalipun. Saat ini, mesin kasir sudah diunduh oleh 10 ribu pengguna lebih.

Aplikasi kasir gratis ini memakai sistem berbasis cloud sehingga segala transaksi bisa dikontrol secara lebih akurat dan realtime. Fitur menarik lainnya adalah Back-Office yang bisa menganalisa penjualan sehingga mudah menemukan barang yang paling laris serta bisa membuat catatan penjualan dalam jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan.

Aplikasi kasir gratis memang diperuntukkan bagi warung kecil sehingga pasti memiliki kekurangan yakni fitur yang terbatas. Untuk itu, bagi Anda yang usahanya sudah lebih maju, sebaiknya menggunakan yang berbayar agar pengelolaan barang menjadi lebih mudah dilakukan. Semoga bermanfaat!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Beberapa Pilihan Aplikasi Kasir Terbaik yang Cocok untuk Warung

Tim SBF