Bayar Kurban Bersama Fastpay 2023

Sebarkan artikel ini

Bayar Kurban Bersama Fastpay 2023  — Kurban merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan saat Hari Raya IdulAdha. Biasanya, kurban dilakukan setelah melaksanakan shalat IdulAdha. Bagaimana pelaksanaan kurban yang dilaksanakan pada Hari Raya Iduladha tersebut? Berikut pemaparannya terkait Iduladha di bawah ini!

Mengenal Kurban

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kurban merupakan persembahan kepada Allah (seperti biri-biri, unta, dan sapi yang disembelih pada Lebaran Haji atau Idul Adha). Sedang dalam agama Islam, ibadah kurban merupakan ibadah menyembelih hewan ternak yang merupakan bentuk syiar Islam yang disyariatkan dalam Al-Quran. Kurban sendiri dilaksanakan pada Hari Raya IdulAdha atau Hari Tasyrik (11,12,13 Dzulhijah) dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hukum Kurban dalam Al Quran dan Hadits

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hajj:34  yakni sebagai berikut:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),”
(QS. Al Hajj: 34)

Dari potongan ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa kurban sudah disyariatkan dalam Al-Quran. Namun, pada dasarnya ibadah kurban merupakan sunnah muakad, atau sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilaksanakan umatnya.

Syarat Hewan Kurban

Sebelum memilih hewan kurban apa yang ingin kita beli untuk dikurbankan, pastikan anda mengetahui tentang syarat hewan kurban agar kurban anda diterima.

  1. Hewan kurban merupakan jenis binatang ternak, diantaranya adalah; sapi, kambing (domba ataupun kambing biasa), dan unta
  2. Telah sampai di usia yang dituntut syaria’t, yakni berusia setengah tahun dari domba ataupun setahun penuh dari yang lainnya
  3. Bebas dari aib (cacat) yang mencegah keabsahannya, yaitu apa yang telah dijelaskan dalam hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Niat Sebelum Berkurban

Sebelum berkurban, niatkan diri kita untuk beribadah karena Allah SWT. Berikut kutipan doa niat sebelum berkurban yang disadur oleh Dompet Dhuafa. 

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya:

“Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Bayar Kurban di Fastpay 2023

IdulAdha semakin dekat. Pastikan anda sudah membeli kurban 2023  anda di loket Fastpay terdekat.

  1. Donasi dilakukan di loket PPOB FASTPAY terdekat;
  2. Sampaikan data diri meliputi nama lengkap, nomor HP dan alamat lengkap;
  3. Pilih jenis donasi kurban; qurban kambing, qurban sapi, atau qurban sapi 1/7 retail;
  4. Sebutkan nominal donasi;
  5. Selesai

Setelah membeli kurban, selanjutnya donatur akan mendapatkan SMS notifikasi bahwa pembayaran kurban anda sudah masuk.

Bagaimana Juragan! Sudah sejauh mana persiapan IdulAdha tahun ini? Pastikan Anda dapat memberikan kurban terbaik agar amalannya dapat terbayarkan oleh kelancaran usaha. Untuk mempermudah kebutuhan Anda, Fastpay menyediakan layanan sodakoh dan zakat. Fastpay Apa Aja Ada!

Meidira