Anda Masih Mencari Kerja? Perkuat 7 Potensi Ini Sebelum Melamar Kerja

Sebarkan artikel ini

Normalnya, setiap seorang anak manusia selesai melakukan studi, mereka akan mencari pekerjaan. Entah selepas SMA maupun kuliah, otomatis mereka bergerilya mengirim CV ke berbagai perusahaan. Tetapi, mencari pekerjaan tidak semudah itu saudara-saudara.

Memang ada banyak lapangan pekerjaan untuk diincar. Akan tetapi, para pelamar pun tidak kalah besar jumlahnya. Pada tiap satu pelepasan wisuda, ratusan hingga ribuan mahasiswa diluluskan. Alhasil pengangguran bertambah.
Itu baru dari satu kampus, belum lagi kampus lain. Di satu kota saja ada banyak kampus, belum satu provinsi lalu satu pulau. Wah, ada begitu banyak orang yang ingin mendapat pekerjaan. Sementara lapangan kerja belum meningkat secara signifikan.

Ini mengakibatkan persaingan dalam mencari kerja sangatlah ketat. Apalagi ketika pembukaan instansi besar semacam BUMN atau perusahaan bonafide. Pasti jumlah pelamar membludak. Kalau kamu tidak mempersiapkan bekal dengan baik pastilah akan sulit untuk menerjang arus kompetisi besar ini. Perusahaan kemudian akan makin selektif dalam mencari kandidat karyawannya. Sebelum melamar kerja, perkuat potensi-potensi penting terlebih dulu. Dan semua itu bisa dipelajari kok. Jadi tidak perlu khawatir.

7 Potensi untuk Melamar Kerja

Manusia terlahir dengan beraneka bakat dan potensi. Tidak ada manusia tak berguna. Semua mampu berperan dengan baik di bidang masing-masing. Nah, kamu harus menemukan terlebih dahulu bidang apa yang menjadi keunggulanmu. Barulah setelah itu kamu melamar pekerjaan di bidang itu. Kemungkinan akan diterima menjadi semakin tinggi.

Tetapi hal itu saja tidak cukup. Kamu harus berpikir ekstra untuk meyakinkan para direksi perusahaan. Atas alasan apa mereka harus menerimamu bekerja di perusahaan mereka? Mengapa kamu layak untuk diterima? Dan lain sebagainya. Itu harus kamu persiapkan sejak awal. Namun, di luar itu lebih penting untuk membekali kemampuan diri terlebih dahulu. Tentu kamu harus menjadi diri sendiri kan untuk mendapatkan pekerjaan? Jangan pernah membohongi diri sendiri meskipun itu untuk mencari pekerjaan sekalipun. Lantas potensi apa yang harus dikembangkan sebelum melamar kerja? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mental Sekuat Baja
    Kamu harus memiliki mental kuat. Meskipun ketika melakukan wawancara kerja kamu selalu ditekan, jangan pernah gentar. Jangan merasa putus asa, tetaplah menunjukkan kekuatanmu. Mental seorang pelamar menjadi poin penting untuk dinilai dalam menerima karyawan. Karena dalam proses bekerja, tentu akan ada tantangan besar yang pasti menguji mentalmu. Nah, ketika kamu telah memiliki mental tangguh, pasti para direksi akan mempertimbangkanmu.
  2. Rasa Percaya Diri
    Sangat penting untuk mendapat karyawan dengan rasa percaya diri. Tetapi porsinya harus pas. Kurang percaya diri tidak bagus dan terlalu percaya diri pun tidak diharapkan. Maka jadilah diri sendiri, jangan merasa minder atas apa yang ada pada dirimu. Para direksi akan senang apabila kamu menjadi diri sendiri dan merasa percaya diri atas semua itu.
  3. Teguh Pendirian
    Orang teguh pendirian sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Ini menunjukkan sebuah ketegasan. Kondisi perusahaan kelak akan sangat dinamis. Banyak hambatan yang berpotensi mendistraksi pendirian. Orang tak teguh akan mudah berubah pikiran. Sedangkan si teguh akan mempertahankan pendirian yang ia rasa benar.
  4. Berpikiran Ke Depan
    Potensi yang harus dipelihara kemudian adalah berorientasi ke depan. Ketika merencanakan sesuatu tidak sekadar didasarkan pada saat ini, melainkan sekaligus orientasi ke depan. Masa depan tidak ada yang tahu tetapi paling tidak kamu bisa meramalkan apa yang kira-kira terjadi nanti.
  5. Berpikir Realistis
    Direksi di perusahaan tidak menyukai orang yang terlalu berimajinasi. Bisnis itu harus didasarkan pada realitas, tidak sekadar fiksi. Nah, kamu harus mampu melihat berbagai hal secara realistis. Idealis dan realistis itu beda tipis. Tetapi akan lebih baik bila seorang berpikir idealis yang didasarkan pada kondisi realistis.
  6. Bersikap Apa Adanya
    Tidak perlu melakukan berbagai pencitraan, kamu cukup menjadi diri sendiri. Bersikaplah apa adanya dan tidak suka bersikap seolah dibuat-buat. Perusahaan tidak selalu mengharapkan karyawan yang penuh pencitraan. Terkadang seorang jujur dan apa adanya justru lebih disukai.
  7. Anti Mainstream
    Kamu pasti telah menemukan berbagai jawaban mainstream ketika menjawab pertanyaan wawancara pekerjaan. Kamu tidak selalu harus mengikuti template itu. Kamu bisa menggunakan versi milikmu sendiri dan menjadi sosok anti mainstream. Nah, sosok unik ini justru akan dicari karena tidak terpengaruh oleh mayoritas orang.

Itulah beberapa potensi yang harus kamu tingkatkan sebelum melamar pekerjaan. Kalau kamu serius ingin menapaki dunia pekerjaan di perusahaan besar, tingkatkan potensi itu.

Atau kalau kamu tak ingin mencari kerja dan ingin membuka bisnis saja, bergabung saja dengan Fastpay. Dengan modal tak besar, kamu bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Banyak komisi yang bisa kamu dapatkan sekaligus penghasilan dari berbagai transaksi.

Fastpay menjadi salah satu solusi yang bisa menjadi ladang rezeki dengan penghasilan belasan juta tiap bulannya, bergabunglah dengan Fastpay. Hanya di Fastpay, yang mempunyai 8 layanan bisnis dalam 1 aplikasi. Yuk, tak perlu ragu lagi, hanya Fastpay solusi bisnis terbaik di tahun 2019.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Anda Masih Mencari Kerja? Perkuat 7 Potensi Ini Sebelum Melamar Kerja

Tim SBF