Alasan Mengapa “Dari Mulut ke Mulut” Adalah Metode Marketing Paling Efektif

Sebarkan artikel ini

Sebelum ada internet, promosi melalui metode dari mulut ke mulut merupakan metode yang paling efektif, atau dalam istilah orang Jawa mengatakan “gethok tular”. Namun sayangnya, di era yang serba modern ini, promosi dari mulut ke mulut telah ditinggalkan oleh banyak pengusaha.

Nah, harus Anda ketahui, dengan perkembangan teknologi saat ini, promosi mulut ke mulut sebenarnya masih bisa digunakan, bahkan memiliki kekuatan yang besar dalam sebuah usaha atau bisnis yang Anda jalankan. Mengapa demikian?

Dengan melalui koran atau internet, memang orang bisa membaca, tapi apakah orang tersebut akan mudah percaya? Tentu tidak, sehingga dengan metode promosi menggunakan mulut inilah, Anda bisa lebih meyakinkan pelanggan terhadap produk atau jasa yang akan dijual bukan? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini!

Alasan Mengapa “Dari Mulut ke Mulut” Merupakan Metode Marketing Paling Efektif

Dengan menggunakan metode marketing mulut ke mulut, bila ada seorang konsumen yang ingin membeli produk atau menggunakan jasa merasa tertarik menggunakan, namun takut melanjutkannya, maka tim marketing hanya tinggal mempengaruhi saja. Bahkan kemungkionan imbasnya yaitu konsumen tersebut akan menularkan atau mempengaruhi konsumen lainnya untuk mencoba jasa atau produk yang Anda tawarkan. Secara umum, masyarakat akan lebih percaya dan yakin saat ingin memilih, menggunakan, atau membeli sebuah layanan maupun produk dengan adanya penjelasan langsung secara verbal, sehingga konsumen akan bebas bertanya dan lebih yakin untuk memutuskan.

Tak hanya itu saja, kuatnya promosi dari mulut ke mulut ini terbukti mampu menciptakan peluang yang sangat besar dalam mencetak pelanggan dengan loyalitas yang tinggi, bahkan tak jarang mereka akan membentuk komunitas tersendiri. Selain itu, durasi atau waktu penjualan pun akan menjadi pendek, atau mungkin saja sebelum Anda gencar melakukan iklan, konsumen sudah datang untuk memesan.

5 Strategi Menerapkan Pemasaran Mulut ke Mulut untuk Startup

Berkaitan dengan penjelasan di atas, bahwa imbas dari metode marketing mulut ke mulut adalah membentuk komunitas, atau bentukan konsumen yang mempromosikan ke konsumen lainnya, menurut data memang, setidaknya ada 92% konsumen yang percaya dari rujukan orang yang dikenal, dan 77% diantaranya akan membeli produk dari ajakan tersebut.

Bahkan, menurut Profesor Marketing Wharton Jonah Berger, yang merupakan penulis buku best seller Contagious, mengatakan bahwa pemasaran mulut ke mulut atau Word of Mouth (WOM) ini merupakan iklan secara tradisional yang 10x lebih efektif dibandingkan media lainnya.

Kendati demikian, strategi pemasaran ini memang tak bisa dilakukan secara mudah, sebab ajakan atau pengaruh yang Anda lakukan, harus benar-benar meyakinkan, dan membuat orang tertarik.

Nah, untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak melalui metode marketing dari mulut ke mulut ini, Anda harus menerapkan beberapa strategi. Beberapa strategi tersebut yakni:

  1. Ciptakan Pengalaman yang “WOW”

Program pengembangan bisnis, yakni Missouri mengatakan bahwa segala usaha baik itu kecil ataupun besar yang ingin sukses, harus memiliki cara yang berbeda dengan lainnya. Hal ini tentu tak hanya sekedar menawarkan produk atau jasa saja, namun juga mengejutkan mereka.

Bagaimana caranya? Tentu di dalamnya harus ada pengalaman WOW. Ya, transformasi pengalaman yang memuaskan ini, bisa menjadi pengalaman spesial serta tak terlupakan. Hal ini tentu berimbas pada, semakin mudahnya Anda berkomunikasi dengan pelanggan.

  1. Lampaui Prediksi Pelanggan

Dalam sebuah marketing, yang terpenting bukanlah seluas apa Anda melakukan promosi, namun dari luasnya tersebut, berapakah orang yang tak berhenti membicarakan produk atau jasa Anda?

Nah, jika telah melewati tahap ini, maka Anda dikatakan mampu melampaui pelanggan atas layanan yang diberikan. Dengan demikian, marketing dari mulut ke mulut akan memicu pelanggan untuk melampaui apa yang mereka prediksikan terhadap yang Anda jual.

  1. Permudah Pelanggan Untuk Meninggalkan Ulasan

Tak hanya online saja yang membutuhkan ulasan pelanggan, melalui metode dari mulut ke mulut ini, juga butuh jejak ulasan pelanggan, sehingga pastikan Anda meninggalkan jejak yang baik, agar nantinya konsumen mampu menaklukan ke konsumen lainnya.

  1. Tetapkan Target

Seperti halnya dengan strategi marketing lainnya, melalui metode ini, Anda juga harus menetapkan siapa target yang akan dibidik. Misalnya, setiap bulan Anda ingin sasaran ini membeli produk dengan jumlah sekian. Dan setiap tujuan ini pun tentu harus menggunakan batasan waktu serta metode terperinci dalam pencapaiannya.

  1. Promosikan Bisnis Melalui Kehumasan

Kehumasan atau public relation/PR merupakan sesuatu cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kebaikan bisnis di mata publik. Ya, meski startup memang baru berdiri, namun Anda tetap harus mengembangkan hubungan dengan stasiun radio, wartawan, influencer dan surat kabar dalam jaringan.

Dalam hal ini, Anda bisa mengenalkan perkembangan terakhir serta rancangan yang akan dilakukan di masa depan.

Pada dasarnya strategi marketing melalui mulut ke mulut memang bukan hal yang mudah. Namun, jika memang strategis yang Anda lakukan memiliki perancangan yang baik, maka bukan hal yang tak mungkin untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Sebab, pemasaran mulut ke mulut merupakan bentuk periklanan yang paling efektif fan terhebat hebat yang dimiliki oleh startup kecil, karena setiap pelanggan akan bahagia bisa menggiring orang lain dengan cara mereka sendiri.

 


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Alasan Mengapa "Dari Mulut ke Mulut" Adalah Metode Marketing Paling Efektif


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Alasan Mengapa "Dari Mulut ke Mulut" Adalah Metode Marketing Paling Efektif

Tim SBF