Ragam Keunggulan NFC Untuk E-Money

Sebarkan artikel ini

Bisa dikatakan jika saat ini e-money adalah platform pembayaran baru yang terus ditingkatkan dan dikembangkan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang apa-apa serba online, e-money pun turut melengkapi perkembangan tersebut dengan menyediakan platform pembayaran digital yang aman, cepat dan lebih efektif.

Nah, tidak hanya penyedia e-money yang bertumbuh dalam macam yang lebih banyak dari waktu ke waktu, media pembayaran e-money pun semakin lama juga semakin beragam. Beberapa waktu yang lalu mungkin Anda mengenal e-wallet sebagai salah satu media transaksi e-money. Nah, saat ini sudah tersedia NFC untuk e-money yang juga bisa diandalkan untuk transaksi digital tersebut.

Pernahkah Anda mendengar tentang media pembayaran e-money yang satu ini?

Mengenal NFC Untuk E-Money

Tak kenal maka tak paham. Demikianlah istilah orang awam yang belum menggunakan NFC untuk e-money karena pada kenyataannya mereka belum paham apa itu NFC. Nah, NFC adalah salah satu fitur yang sebenarnya disediakan oleh produsen smartphone dalam produk mereka. Jika Anda mengecek bagian belakang smartphone dan ada tanda, maka smartphone Anda memiliki fitur ini.

Memang, tidak semua smartphone memiliki fitur NFC. Dulunya, fitur ini hanya muncul pada smartphone khusus yang memang berada di level menengah dan harga yang cukup tinggi. Namun, saat ini, produk smartphone baru cukup banyak yang sudah mengadopsi fitur satu ini.

Nah, sebelum kemunculan e-money, NFC digunakan untuk menghubungkan dua perangkat smartphone yang sama-sama memiliki fitur ini. Secara singkat, fitur NFC berfungsi sebagaimana Bluetooth. Namun, NFC hanya bisa digunakan dalam jarak yang sangat dekat dan dengan cara mendekatkan dua perangkat smartphone yang sama-sama telah mengaktifkan fitur tersebut.

Meskipun demikian, kecepatan transfer file menggunakan NFC bisa terbilang sangat stabil dan tentu saja ada kesan eksklusif yang muncul. Nah, setelah e-money muncul, NFC menjadi penyambung untuk terjadinya transaksi.

Keuntungan Menggunakan NFC Untuk Transaksi E-Money

Penggunaan NFC untuk e-money bukan tanpa alasan. Fitur smartphone yang satu ini memiliki beberapa kelebihan yang tentu saja bisa menjadi alasan kenapa Anda bisa menggunakannya untuk sarana transaksi e-money.

Nah, adapun beberapa kelebihan dari NFC untuk e-money tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Transaksi yang Super Mudah

Secara umum, e-money memang menghadirkan konsep transaksi modern yang lebih mudah dan lebih cepat. Dengan model transaksi ini, setiap dari Anda tentu saja akan merasakan transaksi yang efektif dan tidak ribet. Namun, NFC memberikan inovasi yang bisa dikatakan sangat menarik.

Transaksi e-money dengan menggunakan NFC bisa dikatakan begitu istimewa dan cepat. Anda bisa melakukan transaksi e-money hanya dengan menempatkan tanda NFC ke mesin pembayaran tanpa mengetikkan sesuatu. Hanya dalam hitungan detik, transaksi sudah berhasil dilakukan.

  • Keamanan Transaksi Lebih Terjaga

Hal lain yang menjadi kelebihan dari NFC untuk e-money adalah masalah keamanan. Tentu, salah satu manfaat dari e-money adalah Anda tidak perlu membawa uang cash saat ingin berbelanja. Oleh karenanya, risiko uang yang hilang tidak akan Anda temukan.

Namun, NFC menawarkan keamanan yang bisa dikatakan lebih baik. Dengan menggunakan smartphone untuk transaksi, bisa dikatakan bahwa tidak ada orang lain yang akan bisa menggunakannya, terlebih adanya menu lock pada smartphone. Hal inilah yang akan membuat transaksi menggunakan NFC menjadi aman.

Hanya saja, detail ini harus diimbangi dengan kebiasaan untuk mengunci smartphone terutama saat bepergian. Tentu, akan lebih baik jika fitur NFC Anda tidak menyala terus menerus.

  • Terintegrasi Dengan Banyak Provider

Saat ini, cukup banyak provider e-money yang sudah menyediakan layanan pembayaran dalam bentuk kartu. Nah, kartu tersebut terintegrasi dengan NFC yang tentu saja Anda akan mendapatkan dua pilihan cara pembayaran tagihan: dengan kartu atau dengan NFC.

Adanya beberapa provider yang sudah menghubungkan layanan mereka dengan NFC tentu merupakan suatu kemajuan yang harus mendapatkan apresiasi. Dengan kemajuan ini, tentu Anda yang menggunakan NFC akan terbantu untuk bisa membayar tagihan menggunakan beragam jenis e-money.

Kekurangan NFC Untuk E-Money

Meskipun memiliki cukup banyak kelebihan, namun NFC bisa dikatakan masih memiliki kekurangan. Tentu, kekurangan NFC ini harus dipahami dengan baik sebagai bentuk pertimbangan sebelum Anda menggunakannya.

Adapun beberapa kekurangan dari NFC ini adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan Belum Meluas

Meskipun banyak provider yang melakukan integrasi layanan e-money dengan NFC, namun penggunaan NFC bisa dikatakan belum meluas. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya, seperti produk smartphone yang belum memiliki fitur ini dan juga masih populernya e-wallet di kalangan pengguna e-money.

  • Bisa Terjadi Pencurian Saldo

NFC akan bekerja ketika ditempelkan di device pembayaran dengan logo NFC. Oleh karenanya, ada risiko pencurian saldo oleh orang yang tidak bertanggungjawab jika fitur ini tetap menyala pada smartphone.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang NFC untuk e-money. Hadirnya NFC membuat pembayaran e-money semakin bervariasi dan menarik.

Ingin memiliki layanan E-Money dari smartphone dan d toko anda? Daftarkan diri Anda menjadi Mitra Toko Modern Fastpay, maka bisa memiliki banyak keuntungan dan dijamin semakin membuat pelanggan semakin setia bertransaksi di toko Anda!

Segera cek official Toko Modern Fastpay di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Ragam Keunggulan NFC Untuk E-Money

Tim SBF