8 Tips Merencanakan Tabungan di Hari Tua

Sebarkan artikel ini

Di masa yang masih muda sekarang ini, apakah Anda telah memikirkan bagaimana nantinya ketika memasuki masa tua. Menurut Anda, apakah terlalu dini untuk memikirkan hal-hal demikian? Kerja saja belum, bagaimana memikirkan pensiun nanti? Pemikiran demikian, harus Anda hilangkan sekarang juga, sebab apa yang dilakukan sekarang, menjadi penentu di masa depan.

Perlu diketahui, bahwa hari tua tidak bisa hanya dihadapi dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun saja. Semisal saja, usia produktif Anda hingga usia 55 tahun, sedangkan usia harapan hidup adalah 70 tahun. Lalu bagaimana dengan usia 55-70, siapakah yang akan menanggungnya, sedang Anda tak produktif lagi?

Jika jawabannya adalah anak, bayangkan saja anak Anda memiliki berbagai kebutuhan hidupnya sendiri yang harus dipenuhi. Kalaupun membantu jaminan hidup Anda tentu hanya seberapa, tak bisa sepenuhnya.

Nah, disinilah mengapa pemasukan di hari tua harus benar-benar dipikirkan sejak sekarang. Bahkan, semakin dini dalam mempersiapkan biaya untuk hari tua, maka akan semakin ringan untuk Anda memenuhi segala kebutuhan menjelang usia pensiun nanti. Lalu apa yang bisa dilakukan? Terdapat banyak produk investasi maupun tabungan yang mampu menjamin dana pensiun. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Siapkan Tabungan Untuk Pemasukan Agar Hari Tua Terjamin

Dalam istilah mempersiapkan dana untuk hari, baik itu dengan menabung ataupun berinvestasi, tak mengenal istilah terlalu cepat atau dini. Sebab, masa yang sekarang dilakukan akan berimbas dengan masa mendatang.

Jadi, mulailah melakukan penekanan terhadap dana yang Anda miliki, dimulai dari menghabiskan uang untuk kebutuhan tak penting, alokasikanlah untuk menabung. Tabungan yang Anda miliki sekarang, mampu berkontribusi besar untuk jaminan hari tua.

  1. Rencanakan Kebutuhan Pensiun Nanti Secara Cermat

Meski masa tua Anda masih beberapa tahun ke depan, tentu menjadi hal penting merencanakan berapa banyak kira-kira kebutuhan yang harus dikeluarkan. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui, berapa dana yang perlu dipersiapkan sejak dini.

Selain itu, untuk menentukan tolok ukur dan rencana yang tepat ini, gunakanlah kalkulator pensiun agar bisa menentukan usia berapa Anda akan mengalami masa pensiun.

  1. Batasi Pengeluaran yang Tak Perlu

pdutama-300x129 8 Tips Merencanakan Tabungan di Hari Tua

Banyak yang berpikir bahwa ‘masa sekarang ya sekarang, masa depan ya masa depan’. Jika Anda berpikiran seperti demikian, maka ubahlah mulai sekarang. Sebab jika di masa sekarang saja Anda sudah boros, bagaimana dengan masa tua nantinya. Sedangkan di masa tua nanti Anda sudah tak memiliki penghasilan lagi.

  1. Lakukan Investasi Jangka Panjang

pd5-300x150 8 Tips Merencanakan Tabungan di Hari Tua

Tips merencanakan tabungan di hari tua selanjutnya adalah, dengan mengikuti program investasi jangka panjang. Dalam hal ini, Anda bisa mengikuti salah satu program asuransi yang ada di Indonesia. Namun pastikan memiliki instansi asuransi yang tepat dan terpercaya, agar dana yang dikeluarkan nantinya bisa aman.

  1. Masukkan Alokasi Dana Pensiun ke Dalam Anggaran Pengeluaran Bulanan

Dalam penghasilan setiap bulan, tentu sudah mulai dipikirkan akan digunakan untuk apa penghasilan tersebut. Nah, dalam pembagian ini, masukkanlah dana pensiun ke pengeluaran bulanan. Jika pengeluaran biasanya digunakan untuk membeli sesuatu, maka pengeluaran untuk dana pensiun ini diamankan dengan cara disimpan atau diinvestasikan.

  1. Anggarkan Dana Darurat Pada Penghasilan

Dana darurat idealnya disimpan dalam bentuk tabungan, yang nantinya bisa dicairkan kapan saja. Nah, besarnya dana darurat ini adalah 6 kali dari penghasilan bulanan yang didapatkan. Mengapa demikian? Hal ini sangat penting guna mempersiapkan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi yang darurat seperti kecelakaan, utang atau lainnya.

  1. Cari Penghasilan Dari Usaha Sampingan

pd2-300x150 8 Tips Merencanakan Tabungan di Hari Tua

Pekerjaan apa yang saat ini sedang Anda jalani? Jika pekerjaan tersebut hanya mampu menghasilkan sedikit pendapatan, maka mulailah untuk mencari usaha sampingan. Dimana usaha sampingan ini, tentunya yang tak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Apa solusinya? Gabung di Fastpay untuk membuka peluang usaha yang menguntungkan, tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Apa yang bisa dilakukan di Fastpay? Dengan tersedia 7 layanan, Anda bisa membuka toko modern berbasis online, yang menyediakan kemudahan pembayaran tagihan rumah tangga. Seperti pembayaran BPJS, PDAM, Kartu Kredit, pulsa paket data hingga pulsa listrik.

Bisa bayangkan, jika Anda membuka usaha demikian, berapa pelanggan yang akan didapatkan? Bahkan, mitra kerja Anda di kantor bisa dijadikan sebagai pelanggan.

  1. Sejauh Mana Kesiapan Dalam Menghadapi Hari Tua

Terdapat banyak kalkulator pensiun yang tersedia di Internet, cobalah untuk memperhitungkan berapa besar Anda membutuhkan dana untuk melangkah ke masa depan. Jika bisa mempersiapkan sejak dini, maka dipastikan di masa depan Anda siap untuk menjalaninya.

Masa Pensiun Adalah Menikmati Bukan Masa Terbebani

Pilih susah payah di masa sekarang, atau susah payah di masa depan? Jawabannya tentu masa sekarang. Bagaimana tidak, di usia sekarang ini Anda masih terbilang sangat produktif, sehingga untuk mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya lebih mudah, sedangkan jika di masa tua tetap mencari penghasilan, tentunya akan terbebani sebab tenaga Anda tak bisa sekuat ketika masih muda.

Dengan demikian, lakukan evaluasi secara berkala untuk mempersiapkan dana hari tua, sehingga nantinya tak perlu khawatir untuk memikirkan keuangan.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 8 Tips Merencanakan Tabungan di Hari Tua


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay 8 Tips Merencanakan Tabungan di Hari Tua

Tim SBF