7 Tips Sukses Bisnis Salon!

Sebarkan artikel ini

Standar kecantikan yang semakin tinggi di zaman sekarang membuat bisnis salon memiliki peluang yang sangat baik bahkan bisa dibilang menjanjikan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuka usaha ini jangan ragu.

Tidak sedikit wanita yang ingin memiliki tubuh langsing putih mulus dengan rambut yang tergerai indah. Hal inilah yang seharusnya Anda jadikan sebagai peluang untuk meraup keuntungan dalam sebuah bisnis.

Meski memiliki peluang yang cukup besar, namun bukan berarti Anda bisa membuka bisnis ini asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik terlebih bagi Anda yang baru saja memulai bisnis salon. Apa sajakah hal yang harus dilakukan sebuah membuka sebuah bisnis salon?

  1. Buat Rencana Bisnis

Setiap bisnis pastinya membutuhkan sebuah rencana yang baik dan matang, tak terkecuali bisnis salon yang satu ini. Buatlah sebuah rencana bisnis secara garis besarnya mulai dari, konsep salon, lokasi usaha, segmen pelanggan, pembiayaan, perlengkapan yang dibutuhkan, sumber daya, jalur pemasok, media promosi dan masih banyak yang lainnya.

Nah, jika Anda sudah memiliki rencana usaha yang baik, maka hal tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan target pelanggan yang akan dituju. Setelah itu, Anda bisa mencari lokasi yang kiranya cocok untuk bisnis kecantikan Anda dan mulai mengoperasikan bisnis satu ini.

  1. Tentukan Layanan serta Keahlian

Pastikan bahwa bisnis yang Anda jalani tersebut memiliki cakupan yang luas. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu layanan serta keahlian apa yang akan ditawarkan. Pastikan bahwa Anda sudah menguasai layanan dan keahlian tersebut.

Misalnya yaitu jika Anda memiliki keahlian potong rambut, maka Anda bisa membuka usaha salon potong rambut dan bisa ditambahkan dengan jasa creambath. Seiring dengan bertambahnya waktu, Anda bisa menambah beberapa pelayanan lain seperti cat rambut, masker dan lain sebagainya.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi dari bisnis kecantikan Anda tentu akan sangat berpengaruh pada keuntungan yang bisa Anda dapat nantinya. Pastikan bahwa Anda memilih sebuah tempat dengan tingkat visibilitas yang tinggi. Tak hanya itu, lalu lintas dengan tingkat pejalan kaki yang tinggi juga menjadi tempat yang baik untuk usaha Anda.

  1. Tentukan Biaya

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan saat membuka bisnis salon ialah dengan menentukan biaya. Anda harus menentukan berapa kisaran biaya operasi yang harus dikeluarkan. Mulai dari biaya pelatihan, peralatan yang harus digunakan dan juga sewa tempat.

Tak hanya itu, konsep salon yang Anda pilih juga berpengaruh pada besaran biaya yang harus dikeluarkan nantinya. Apabila Anda memiliki modal yang cukup besar, maka Anda bisa membuka salon dengan pelayanan jasa yang lebih banyak.

Namun, jika modal yang Anda miliki terbatas, maka lebih baik menawarkan layanan yang disediakan terlebih dahulu. Untuk persoalan biaya, tergantung pada kemampuan dalam membeli peralatan serta keterampilan yang dimiliki.

  1. Perhatikan Trend Saat Ini

Membuka bisnis kecantikan tentu sangat erat kaitannya dengan trend yang ada saat ini. Oleh karena itu, Anda harus selalu update dengan berbagai macam trend kecantikan. Nah, jika Anda membuka jasa potong rambut, maka perhatikan potongan rambut apa yang sedang trend saat ini.

Mulai dari potongan rambut pria, wanita hingga anak-anak. Dengan begitu, akan semakin banyak pelanggan yang datang ke salon Anda untuk membuat penampilan menjadi lebih rapi dan juga menarik.

  1. Lakukan Promosi

Nah, langkah berikutnya ialah dengan melakukan promosi. Apalagi, bagi Anda yang baru saja akan memulai sebuah bisnis, melakukan sebuah promosi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Promosi bisa dilakukan dengan cara membuat banner yang dipasang di depan salon. Atau Anda juga bisa memanfaatkan beberapa sosial media yang ada saat ini seperti Instagram, Facebook atau lainnya.

Dengan memanfaatkan media sosial, hal tersebut membantu Anda menghemat biaya promosi. Selain itu, berikan juga pelayanan yang baik dan kualitas pelayanan yang bagus agar para pelanggan bisa merasa puas. Dengan begitu, tanpa sengaja mereka juga akan merekomendasikan salon Anda kepada orang lain.

  1. Buatlah Komitmen Pada Diri Sendiri

Untuk membuat bisnis salon menjadi lebih sukses, maka penting bagi Anda untuk membuat komitmen pada diri sendiri. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang baik supaya bisa meraih kesuksesan.

Tentu, tanpa adanya komitmen pada diri sendiri hal tersebut mustahil bagi Anda untuk bisa meraih sebuah kesuksesan.

Nah, itu dia tujuh hal yang harus diperhatikan saat akan membuka sebuah bisnis kecantikan seperti salon. Selain harus memiliki keterampilan yang baik, penting juga bagi Anda untuk membuat sebuah strategi bisnis yang tepat.

Tak hanya itu, ada tips satu lagi nih yang patut Anda ikuti! Tambah layanan salonmu menjadi lebih lengkap dengan bergabung bersama Fastpay! Jadi Anda mendapatkan keuntungan tambahan selain dari layanan salon!


Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay
:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Salon Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di salon Anda!

banner 7 Tips Sukses Bisnis Salon!

Tim SBF