7 Tips Hemat Pemakaian Air Agar Tagihan Tidak Membengkak

Sebarkan artikel ini

Air adalah sumber kehidupan yang sangat diperlukan untuk kegiatan sehari-hari, mulai dari mandi, mencuci, hingga minum. Meskipun tergolong sebagai sumber daya alam yang terbarukan, keberadaan air bersih di seluruh dunia ternyata bergantung pada kondisi alam itu sendiri. Tak heran jika musim kemarau panjang datang, banyak wilayah yang mengalami kekeringan, terlebih di negara-negara tropis seperti Indonesia.

Tips hemat pemakaian air juga mulai banyak dipublikasikan oleh pemerintah. Selain dapat mengganggu keseimbangan alam, menggunakan air secara berlebihan juga akan membuat tagihan bulanan Anda membengkak, bukan? Untuk itu, berikut adalah tujuh tips hemat pemakaian air secara efektif yang dapat Anda praktekkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja? Yuk simak!

1. Manajemen penggunaan air
Hal pertama yang sering luput dari perhatian adalah Anda membiarkan keran air terus menyala meski sudah tidak terpakai. Padahal, ketika keran air terbuka dan mengeluarkan air, maka secara otomatis terjadi pemborosan air yang sia-sia. Air yang dibiarkan terus mengisi bak mandi yang sudah penuh akan membuat air bersih terbuang sia-sia. Dengan begitu, Anda harus menerima tagihan penggunaan air dengan nominal yang besar dari PDAM.

2. Cuci kendaraan dengan air secukupnya
Saat mencuci kendaraan, tanpa disadari Anda akan memakai cukup banyak air. Oleh karena itu, jika kendaraan belum terlalu kotor, Anda tidak perlu mencucinya lebih dulu. Pun demikian setelah hujan, cukup lap kendaraan Anda dengan menggunakan kain basah. Jika kondisi kendaraan sudah terlampau berdebu dan sangat kotor, gunakan keran air yang cukup kuat semprotannya agar pemakaian air tidak terlalu berlebihan.

3. Gunakan keran hemat air
Selain mematikan keran usai digunakan, Anda juga bisa memilih keran yang dapat hemat pemakaian air. Saat ini di pasaran Anda sudah bisa dengan mudah menjumpai keran ramah lingkungan ini. Umumnya, keran hemat air ini memiliki mulut sambungan berbentuk bunga yang akan membuat air yang keluar akan lebih efektif dan lebih deras dan dapat menghemat hingga 30% – 50% penggunaan air.

4. Gunakan pompa air otomatis
Siapa sangka jika penggunaan pompa air otomatis dapat membantu Anda dalam menghemat penggunaan air? Pasalnya, mesin ini memiliki saklar otomatis yang bekerja pada tekanan air, membuat kerja pompa menjadi otomatis. Ketika keran dibuka, pompa akan menyala dan mati begitu keran dimatikan. Sebagai catatan tambahan, sebaiknya Anda menggunakan pompa air otomatis dengan watt yang kecil agar hemat listrik.

5. Mandi dengan shower
Percaya atau tidak, semakin lama Anda menghabiskan waktu ketika mandi, maka semakin banyak pula air yang terbuang sia-sia. Saat air yang dihabiskan terlampau banyak dan hal ini terjadi setiap hari di rumah Anda, maka target penghematan pun sulit untuk direalisasikan. Bagi Anda yang sulit menghilangkan kebiasaan berlama-lama di kamar mandi, cobalah untuk mandi dengan shower. Pasalnya, mandi dengan shower dapat menghemat penggunaan air semaksimal mungkin.

6. Cek kebocoran pipa
Umumnya, saluran air di rumah Anda terhubung dengan pipa-pipa yang terkadang mengalami kebocoran. Sebaiknya lakukan pemeriksaan secara berkala agar jika ditemukan kebocoran dapat segera diperbaiki. Langkah ini tentu saja efektif dalam mencegah penggunaan debet air secara berlebihan. Anda pun dapat mewujudkan pemakaian air yang lebih hemat dan terhindar dari tagihan air yang dapat menguras isi dompet.

7. Re-use water
Air yang sudah kotor memang tidak dapat dipakai lagi. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat dipakai lagi. Kegiatan re-use water ini bahkan sedang dipromosikan oleh organisasi kesehatan dunia, WHO. Bagaimana caranya? Coba perhatikan penggunaan air pada beberapa aktivitas, seperti mencuci buah dan sayuran. Kondisi airnya masih cukup bersih sehingga masih bisa digunakan kembali.
Jadi, air bekas mencuci sayur dan buah tadi dapat Anda kumpulkan dulu dalam sebuah baskom, lalu setelahnya gunakan kembali untuk menyiram tanaman di halaman Anda. Dengan begitu, hemat pemakaian air pun dapat terwujud seperti yang Anda inginkan.

Itulah tadi tujuh tips hemat pemakaian air yang juga akan menghemat pengeluaran bulanan Anda untuk pembayaran tagihan PDAM. Jangan lupa, selalu bayar tagihan pemakaian air tepat waktu agar terhindar dari denda atau bahkan pemutusan aliran air di rumah. Bayar tagihan PDAM semakin mudah di outlet-autlet Toko Modern FastPay di daerah Anda. Atau Anda ingin mengambil peluang menjadi outlet yang bisa membayarkan tagihan PDAM untuk Anda sediri maupun lingkungan Anda bisa langsung gabung dengan Sentra Bisnis Fastpay.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 7 Tips Hemat Pemakaian Air Agar Tagihan Tidak Membengkak

Tim SBF