7 Manfaat Dompet Digital bagi Milenial

Sebarkan artikel ini

9 Manfaat Dompet Digital bagi Milenial — Pembayaran digital menjadi salah satu opsi pembayaran yang digandrungi oleh banyak kalangan, khususnya anak muda yang sering menggunakan layanan dompet digital.  Hal ini terlihat dalam riset yang dilakukan oleh Insight Asia pada 2022 lalu yang menunjukkan sebanyak 71% responden aktif menggunakan dompet digital untuk kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa saja manfaat dompet digital bagi kaum milenial? Berikut 9 manfaat dompet digital bagi milenial

Mengenal Dompet Digital

Dompet digital atau e-wallet merupakan perangkat elektronik, layanan jasa, atau aplikasi yang membantu pengguna mempermudah proses transaksi online untuk membeli suatu barang atau jasa. E-wallet menjadi solusi untuk para pengguna yang ingin melakukan pembayaran.

Dikutip OCBC NISP, awal mula perkembangan dompet digital di Indonesia bermula ketika adanya fintech (financial technology) berupa pendanaan bersistem kredit pada 2006. Setelahnya, produk fintech semakin berkembang dari bidang investasi, crowdfunding, blockchain, hingga pembayaran transaksi yang kini kerap kali digunakan oleh kaum milenial.

Manfaat Dompet Digital

1. Transaksi Lebih Cepat

Dengan menggunakan dompet digital, proses transaksi menjadi lebih cepat. Hal ini disebabkan akibat proses transaksi yang tanpa memerlukan uang fisik sehingga menjadi lebih cepat. Dengan menggunakan dompet digital, anda hanya memindai pada barcode yang disediakan dengan menggunakan handphone.

2. Lebih Mudah Melacak Pengeluaran

Dengan menggunakan e-wallet, histori proses transaksi biasanya tersimpan otomatis pada fintech yang digunakan. Milenial dapat melacak, memantau, dan menganggarkan pengeluaran mereka dibanding dengan menggunakan uang fisik.

3. Transaksi Aman

Tidak perlu khawatir transaksi kamu tidak aman, karena setiap proses transaksi pembelian perlu konfirmasi dan verifikasi data dengan identitas yang benar. Pihak fintech telah memfasilitasi berbagai fitur keamanan seperti verifikasi sidik jari, PIN, ataupun pemindaian wajah agar transaksi anda lebih terjamin dan aman.

4. Banyak Promo Menarik

Berbeda dengan pembayaran tunai, dompet digital menyediakan berbagai promo untuk penggunanya seperti potongan harga, cashback dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mendapatkan reward points yang berfungsi untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan lain yang tak kalah menarik.

5. Fleksibel

Menggunakan e-money dapat mempermudah proses transaksi kamu dimana saja dan kapan saja. Dengan e-money, anda dapat membayar tagihan, membeli kebutuhan, dan melakukan investasi dengan dompet digital.

6. Terhindar dari Uang Palsu

Dengan transaksi e-money yang tidak mengharuskan anda memiliki uang fisik, kamu berkontribusi dalam mengurangi  pengedaran uang palsu di Indonesia.

7. Dapat Membayar Uang Pas

Kamu tidak perlu khawatir untuk menyediakan kembalian, karena dengan membayar menggunakan dompet digital, anda tak perlu memegang uang lebih untuk menyiapkan uang kembalian.

8. Meminimalisir Kontak Fisik

Saat pandemi, pembayaran dengan menggunakan dompet digital sangat menguntungkan oleh banyak kalangan karena tidak perlu melakukan kontak fisik dengan satu sama lain.

9. Meminimalisir Kejahatan

Dengan tingginya kejahatan beberapa waktu terakhir tentu membuat kita waswas dalam membawa banyak uang fisik saat berpergian atau berkegiatan. Dengan menggunakan dompet digital, kamu berkontribusi dalam meminimalisir kejahatan di Indonesia. Selain itu, kamu juga lebih aman saat berpergian!

 

Jenis Dompet Digital di Indonesia

Di Indonesia sendiri, terdapat beragam dompet digital yang turut membantu milenial dalam bertransaksi. Berikut jenis dompet yang dikenal di Indonesia.

1. Gopay

Gopay ialah layanan dompet digital dibawah naungan Gojek, salah satu start-up di Indonesia. Dengan Gopay, anda dapat melakukan berbagai transaksi untuk semua layanan Gojek dan ratusan rekan usaha lainnya dengan mengirim dan menerima uang dengan mudah.

2. OVO

OVO merupakan layanan dompet digital yang memudahkan anda dalam bertransaksi pada kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan OVO, anda berkesempatan untuk mengumpulkan points di berbagai rekan usaha OVO.

3. LinkAja

LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis server dibawah naungan PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah terdaftar di Bank Indonesia.

4. ShopeePay

ShopeePay merupakan fitur layanan dompet elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online di aplikasi Shopee, offline di merchant ShopeePay, dan mengembalikan dana yang dapat digunakan untuk membayar pesanan Anda selanjutnya.

5. Sakuku

Sakuku merupakan dompet digital atau uang elektronik yang diluncurkan oleh BCA untuk mempermudah penggunanya melakukan transaksi dan dapatkan promo menarik seperti belanja online, restoran dan kafe, pembelian buku, dan lain sebagainya.

Kamu dapat melakukan top-up digital dengan mendatangi gerai Agen Fastpay terdekat dari rumah dan segera membeli saldo dompet elektronik anda.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay 7 Manfaat Dompet Digital bagi Milenial ic_temukan-di-googleplay 7 Manfaat Dompet Digital bagi Milenial
asset-bisnis-tiket-travel-fastpay 7 Manfaat Dompet Digital bagi Milenial

 

 

 

 

Meidira