7 Langkah Jitu Mendapatkan Keuntungan Besar dari Toko Kelontong Meski dengan Modal Minim

Sebarkan artikel ini

Toko kelontong adalah salah satu usaha rumahan dengan skala kecil yang banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Tak sedikit pula yang menjadikan toko kelontong ini sebagai usaha sampingan, terlebih bagi para ibu rumah tangga. Apalagi, Anda bisa menjalankan usaha ini dengan menggunakan modal yang kecil.

Dengan membuka toko kelontong, Anda bisa menjual barang apa saja yang dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Bahkan, jika dibandingkan dengan membuka toko warung makan, membuka toko kelontong jauh lebih simple dan menguntungkan. Ini karena Anda tidak perlu melakukan proses pengolahan terlebih dahulu.

Yang harus Anda lakukan saat membuka toko kelontong adalah dengan membeli beberapa barang yang kiranya dibutuhkan oleh masyarakat sekitar kemudian menjualnya kembali. Apabila omset yang bisa Anda dapatkan sudah cukup besar, agen atau distributor produk akan datang ke warung Anda untuk mengantarkan barang dagangan.

Akan tetapi, untuk bisa membesarkan toko kelontong dan mendapatkan omset yang besar ternyata bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat.

Apa saja hal yang harus Anda lakukan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Cara Mengembangkan Toko Kelontong dengan Modal yang Minim

1. Letak yang Strategis

Langkah pertama dan paling utama yang harus Anda lakukan ialah dengan mempertimbangkan lokasi toko yang akan dibuka. Tentu saja, lokasi yang strategis dan ramai merupakan pilihan terbaik yang harus Anda lakukan. Jika Anda sudah memiliki rumah dengan letak yang strategis, maka Anda bisa membuka warung kelontong di rumah.

Manfaatkan salah satu bagian rumah seperti garasi ataupun ruangan yang tidak terpakai. Dengan menggunakan salah satu bagian rumah, pastinya Anda tidak membutuhkan modal tambahan untuk membangun sebuah toko.

Tak cukup sampai disitu saja, Anda juga harus memisahkan toko dengan ruangan rumah lain. Karena, mau bagaimanapun juga, meski Anda sudah menata toko rapi, tetap saja toko kelontong identik dengan barang-barang yang berantakan.

Nah, salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah, Anda bisa memilih lantai bawah untuk digunakan sebagai toko. Sedangkan, untuk tempat tinggal, Anda dan keluarga bisa menggunakan lantai atas.

Sementara itu, jika Anda ingin membuka sebuah warung yang terpisah dari rumah, pastikan bahwa lokasi yang Anda pilih ramai dan sering digunakan untuk lalu lalang banyak orang.

2. Melakukan Survey

Setelah Anda sudah yakin dengan tempat yang akan dipilih, maka langkah berikutnya ialah dengan melakukan survey. Apabila di tempat Anda suda ada toko kelontong yang besar dan lengkap, hindari untuk membuka toko yang sama dengan jarak yang terlalu dekat.

Apabila Anda sudah membangun toko kelontong, jangan lupa untuk memberi tahu tetangga sekitar. Hal tersebut merupakan bagian dari promosi. Tak hanya itu, beri harga khusus untuk suatu produk tertentu untuk menarik perhatian masyarakat sekitar.

Anda juga harus memberitahu rencana bisnis yang Anda buat kepada pihak berwajib untuk mengetahui kisaran pajak yang harus dibayar.

3. Persiapkan Modal

Pastinya, modal juga menjadi hal yang penting untuk membangun sebuah toko kelontong. Tanpa adanya modal, Anda akan mengalami kesulitan untuk membangun usaha tersebut. Modal bisa didapat dari mana saja, baik dari tabungan ataupun pinjaman yang Anda lakukan.

Nah, jika Anda mendapatkan modal dari pinjaman, maka hitung berapa lama Anda bisa mengembalikan modal yang dipinjam. Begitu pula dengan modal yang dimiliki sendiri, Anda juga harus bisa memperkirakan kapan bisa balik modal dan mendapatkan keuntungan.

Toko kelontong adalah salah satu jenis usaha yang jika dikelola dengan baik, maka hal tersebut akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Oleh karena itu, Anda harus memisah keuangan untuk toko dan keuangan pribadi.

Dengan melakukan pemisahan keuangan seperti itu, Anda bisa mengetahui seberapa jauh usaha Anda akan berkembang.

4. Buat Toko Anda Terlihat Lebih Menarik

Pastinya, sembako menjadi produk utama yang Anda jual di toko. Namun, bukan berarti Anda harus menyusunnya dengan sembarangan. Warung yang kotor dan tidak tertata rapi belum tentu bisa menarik para pembeli. Walaupun, Anda menyediakan berbagai macam barang dengan lengkap.

Susunlah produk-produk yang Anda jual dengan baik. Letakkan produk bersama dengan jenisnya, jika Anda menjual detergen, pastikan bahwa Anda meletakkan produk tersebut dekat dengan sabun, shampoo dan produk yang sejenis lainnya.

Bersihkan lantai serta rak-rak yang digunakan untuk memajang produk. Lakukan pula sortir barang untuk melihat tanggal kadaluarsanya.

5. Cari Grosir yang Murah

Dengan mencari grosir yang murah, Anda bisa menjual barang dengan harga yang bersaing sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Mencari grosir yang murah juga menjadi salah satu strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan toko kelontong yang Anda buka.

Selain itu, untuk menarik para pembeli, Anda bisa menawarkan promosi setiap bulannya untuk produk-produk tertentu. Dengan begitu, para pembeli pun akan tertarik untuk datang ke toko Anda dan membeli barang yang dibutuhkan.

6. Sediakan Tempat Penyimpanan

Tak hanya kelima langkah mengembangkan toko kelontong yang sudah disebutkan di atas saja, namun masih ada beberapa langkah yang masih harus diperhatikan. Salah satunya ialah dengan menyediakan tempat penyimpanan.

Mengapa tempat penyimpanan begitu penting untuk Anda sediakan? Tempat penyimpanan atau gudang yang Anda sediakan tersebut digunakan untuk menyimpan stok barang yang akan dijual.

Jadi, tidak semua barang diletakkan di warung. Hal tersebut agar warung tidak terlihat sesak dan berantakan. Bahkan, sering ditemukan warung yang tampak begitu sesak karena banyaknya barang dan membuat pemilik warung ataupun pembeli menjadi susah bergerak.

7. Memberikan Pelayanan yang Baik

Nah, poin ini juga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Memang, memilih tempat yang strategis, menyiapkan modal, mendekor toko dan beberapa hal lainnya yang sudah dibahas menjadi hal yang penting untuk Anda. Namun, semua itu akan sia-sia jika Anda tidak bisa memberikan pelayanan yang ramah bagi para pelanggan.

Pelayanan yang ramah tentunya akan membuat pembeli merasa lebih senang untuk berbelanja di tempat Anda. Jadi, selain menjual berbagai macam produk dengan lengkap, Anda juga harus memberikan pelayanan yang ramah.Bahkan, Anda bisa membuahkan usaha sampingan ini di rumah dengan memanfaatkan salah satu ruangan kosong yang tidak digunakan. Tertarik untuk membuka kelontong dan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut?

Itu dia 7 cara yang bisa Anda lakukan saat ingin membuka toko kelontong. Meski modal yang disiapkan tidak begitu banyak, namun Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yang lebih jika menerapkan cara berjualan yang baik dan benar.

Nah, tips diatas di atas merupakan langkah di atas merupakan hal yang paling tepat dan bisa langsung Anda praktekkan. Toko kelontong adalah salah satu usaha kecil rumahan yang tidak membutuhkan modal besar untuk membukanya.

Bahkan, Anda bisa membuahkan usaha sampingan ini di rumah dengan memanfaatkan salah satu ruangan kosong yang tidak digunakan. Tertarik untuk membuka kelontong dan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut?


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! Image

Tim SBF