7 Keuntungan Transaksi Pakai E-Money yang Jarang Diketahui! Yuk Disimak!

Sebarkan artikel ini

Keadaan saat ini menyatakan bahwa dalam segala aktivitas hampir semuanya memanfaatkan penggunaan uang elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-money. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai kemanapun Anda pergi.

Penggunaan uang elektronik ini juga didukung dengan adanya peraturan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada tanggal 31 Oktober 2017. Peraturan tersebut yang menginformasikan bahwa seluruh tol yang berada di Indonesia hanya bisa menerima pembayaran dengan menggunakan uang elektronik. Dengan adanya maklumat semacam ini, itu berarti mengharuskan orang yang belum “melek” teknologi menjadi harus menyiapkan diri.

Kaitannya dengan hal itu, berikut ulasan keuntungan transaksi pakai E-Money yang perlu diketahui agar Anda menjadi lebih memahami apa maksud dibalik peraturan BI tersebut:

  1. Transaksi Lebih Cepat

Secara sekilas saja mungkin Anda sudah mengetahui bahwa penggunaan E-Money ini telah terlihat lebih cepat. Misalnya saja dalam hal pembayaran tol, Anda bisa secara langsung membandingkan kecepatan transaksi saat menggunakan EMoney dan ketika melakukan pembayaran secara manual.

Yang mana pembayaran secara manual atau secara tunai menimbulkan antrian yang panjang. Pasalnya kasir yang berjaga di loket tol terlebih dahulu harus menghitung uang yang pengendara berikan. Belum lagi apabila ada uang kembalian.

Tentunya sangat berbeda dengan pembayaran tol menggunakan E-Money. Meskipun kadang masih ada antrean, akan tetapi antrean tersebut berjalan dengan cepat. Bahkan seringkali tidak terlihat terjadi antrean di tol. Hal ini bisa terjadi karena pembayaran dengan EMoney ini hanya dilakukan dengan cara menempelkan kartu di dekat mesin.

Apabila kartu telah ditempelkan maka transaksi secara otomatis sudah terjadi. Terbukti lebih menghemat waktu dan juga lebih praktis kan?

  1. Bebas dari Kembalian

Keuntungan transaksi pakai E-Money yang kedua adalah Anda akan terbebas dari perkara uang kembalian. Sebab kadang transaksi berjalan lebih lama karena harus menunggu kembalian dari kasir. Pasti Anda pun pernah mengalaminya ketika sedang berbelanja ke sebuah pusat perbelanjaan.

Ketika tiba untuk membayar belanjaan Anda di kasir, Anda harus menunggu lumayan lama si kasir mengambilkan uang kembalian. Belum lagi jika kembaliannya berupa pecahan receh seringkali akhirnya Anda diminta untuk menyumbangkan uang kembalian tersebut untuk amal.

Nah, dengan adanya uang elektronik atau E-Money ini Nada akan terbebas dari masalah-masalah tersebut. Transaksi yang Anda lakukan bisa terbayar dengan jumlah yang pas, tidak ada kembalian-kembalian.

  1. Lebih Aman dari Pencurian

Apabila Anda menggunakan E-Money, Anda sudah meminimalisir salah satu tindak kejahatan berupa pencurian. Karena namanya saja sudah uang elektronik, sudah pasti bentuknya bukan berupa uang tunai.

Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu cemas akan bahaya pencurian ataupun pencopetan. Meskipun begitu, Anda tetap harus pandai menjaga password serta privasi dari dompet virtual Anda.

  1. Praktis

Lagi-lagi penggunaan E-Money membuat Anda semakin dipermudah karena uang elektronik ini lebih praktis dan simpel untuk dibawa kemanapun. Bentuknya yang relatif kecil dan tipis ini yang memungkinkan bagi Anda untuk membawa uang dalam jumlah banyak tanpa harus repot dompet membesar karena terlalu penuh.

Keuntungan transaksi pakai E-Money tidak cukup Anda rasakan sampai disini saja. Anda juga bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran di berbagai merchant yang sudah menyediakan akses tersebut.

  1. Mencegah PeredaranUang Palsu

Adanya E-Money tidak bisa dipungkiri juga turut mendorong timbulnya cashless society. Di tengah masyarakat non tunai, kejahatan terkait dengan peredaran uang palsu bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan karena setiap transaksi yang dilakukan sudah tidak menggunakan uang tunai. Jadi, Anda tidak usah repot-repot lagi harus mengecek uang tunai yang Anda miliki satu demi satu karena takut uang yang dimiliki palsu.

  1. Ramah Lingkungan

Keuntungan transaksi pakai E-Money juga berdampak pada lingkungan loh. Bagaimana tidak, dengan semakin berkurangnya penggunaan uang tunai maka secara otomatis Anda juga ikut melakukan penghematan terhadap penggunaan kertas.

Pengurangan penggunaan kertas ini memang tidak secara langsung berdampak pada berkurangnya penebangan pohon, yang mana merupakan bahan dasar pembuatan kertas. Kendati demikian, apabila dilakukan secara bersama-sama maka dalam jangka panjang manfaat ini akan segera dirasakan. Lingkungan semakin ASRI dan Anda pun dapat bertransaksi secara lebih mudah.

  1. Hemat Waktu

Penggunaan E-Money sedikit banyak juga berpengaruh kepada penghematan waktu Anda. Sebab Anda sudah tidak perlu pergi ke ATM dan mengantre untuk mengambil uang tunai ataupun menunggu lama untuk uang kembalian.

Ada banyak sekali keuntungan transaksi pakai E-Money yang bisa Anda rasakan. Baik keuntungan untuk diri sendiri maupun keuntungan yang berdampak bagi orang lain serta lingkungan sekitar. Dengan banyaknya keuntungan yang telah disebutkan di atas, apakah Anda masih ragu untuk mulai beralih ke uang elektronik?

Pikirkan baik-baik masalah ini, sebab jika tidak dimulai dari kesadaran diri sendiri maka tidak akan mungkin tercipta masyarakat digital yang melek teknologi. Manfaatkan kemajuan teknologi ini untuk mempermudah kehidupan Anda, bukan justru sebaliknya.

Tim SBF