7 Ide Usaha Kecil di Kota Kecil

Sebarkan artikel ini

Memulai usaha memang bukanlah perkara yang mudah, terlebih apabila Anda ingin membuka usaha di kota kecil. Kota kecil menyediakan peluang usaha yang serba terbatas karena itu Anda harus teliti dalam memulai usaha kecil yang ingin Anda jalani. Meskipun terbatas, sebenarnya masih ada beberapa jenis usaha kecil yang bisa Anda coba. Berikut informasinya!

Usaha makanan olahan

Biasanya, kota kecil memiliki suatu produk makanan yang berkualitas dan cukup unik. Produk makanan seperti inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan. Sama seperti bisnis makanan olahan Lapis Talas Bogor Sangkuriang yang menggunakan bahan talas Bogor terkenal sebagai bahan dasarnya, Anda juga bisa memanfaatkan bahan dasar khas kota kecil Anda.

Makanan olahan ini bisa dijual kepada para pendatang sebagai oleh-oleh dan menjadi usaha kecil yang menjanjikan. Pastikan bahwa rasa dan daya tahan produk Anda bisa dipertimbangkan agar berpotensi untuk berjalan dengan lancar. Tidak hanya makanan unik, jajanan biasa yang laris dibeli warga sekitar juga bisa Anda coba, seperti bakso, sosis, hingga nugget.

Usaha produk kerajinan tangan

Selain makanan olahan, Anda juga bisa membuka bisnis untuk menjual produk kerajinan tangan sebagai usaha bisnis menengah. Umumnya, konsumen kelas atas tertarik membawa pulang produk kerajinan tangan sebagai kenang-kenangan. Anda bisa memanfaatkan bahan baku yang mudah dicari disekitar daerah Anda dan mudah digunakan, misalnya kain polos yang diubah jadi batik tulis.

Produk handmade ini bisa membuka peluang besar hingga pasar luar negeri seperti negara-negara maju layaknya AS atau Eropa. Namun, jika pasar luar negeri terasa terlalu jauh, paling tidak Anda bisa menjual produk handmade ini kepada pengunjung lokal. Peluangnya selalu terbuka apalagi jika produk yang Anda tawarkan berkualitas. Jika punya bakat dan modal, sangat disarankan Anda mencoba bisnis kecil-kecilan satu ini.

Jasa bersih-bersih

Kota kecil bisanya memiliki banyak perkebunan dan peternakan. Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis penyedia jasa bersih-bersih. Anda bisa mengajak warga sekitar untuk bekerja sama yang saling menguntungkan. Anda bisa membantu masyarakat yang belum punya pekerjaan dan Anda pun bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang cukup menguntungkan.

Buka salon keluarga

Jika memiliki bakat di bidang tertentu, sangat besar peluang bisnis yang bisa Anda jalankan, tak terkecuali membuka salon keluarga. Tidak perlu membuka toko besar, cukup gunakan rumah Anda saja dan peralatan secukupnya untuk memangkas rambut tetangga. Cara ini bisa dilakukan dengan modal kecil dan tidak terlalu merepotkan karena hanya mengandalkan keahlian. Apalagi jika akses layanan salon di kota Anda cukup terbatas. Ini bisa jadi peluang yang tak boleh dilewatkan.

Jual sayuran

Halaman belakang rumah yang luas sangat bisa Anda manfaatkan untuk menanam berbagai macam sayuran. Selain memanfaatkan fasilitas yang ada, sayur-sayurannya bisa Anda jual dan mendapat keuntungan. Sayuran segar pastinya memiliki kualitas baik dan diminati masyarakat. Anda cukup menjajakan didepan rumah atau berkeliling sekitar lingkunganmu untuk berjualan.

Agen perjalanan

Jika ingin membuka bisnis yang sedikit lebih menantang, bagaimana kalau jadi agen perjalanan? Anda bisa mengelola wisatwan atau pendatang baru ke kota Anda untuk menawarkan paket wisata berkeliling kota kecil Anda. Anda bisa membuka website dengan menampilkan berbagai foto kegiatan dan destinasi wisata yang pantas dikunjungi. Dengan begitu, Anda bisa menarik pelanggan dan bisa menjalankan bisnis sebagai agen perjalanan dengan lancar.

Layanan PPOB

Satu lagi bisnis kecil yang bisa Anda lakukan di kota kecil, yakni menyediakan layanan PPOB. Layanan yang merupakan singkatan dari Payment Point Online Bank ini merupakan sistem pembayaran online yang memanfaatkan fasilitas perbankan. Jenis layanan pembayaran yang diberikan pun bermacam-macam, mulai dari BPJS, PLN, PDAM, telepon, pulsa, hingga paket data.

Anda bisa menjadi penyedia layanan PPOB dengan cara yang sangat mudah. Salah satunya dengan mendaftar ke provider PPOB seperti FastPay. Setelah itu, Anda akan mendapat username dan password outlet PPOB, lalu bisa segera menjalankan bisnis mudah dan menguntungkan melalui PPOB. Menarik, bukan?

Menjalankan usaha kecil sukses di kota kecil bisa makin mudah dan menguntungkan dengan mengandalkan Toko Modern FastPay. Kelengkapan layanannya bisa membuat bisnis Anda berjalan makin lancar dan tidak perlu khawatir soal modal. Mulailah bisnis Anda dan daftar sekarang juga untuk raih keuntungan maksimalnya. Good luck!

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF