7 Bisnis Terbaik Bagi keluarga Terbaik di Tahun 2019 Dengan Modal Pas-Pasan Income Menjanjikan

Sebarkan artikel ini

Mau menjalankan bisnis tapi bingung mencari partner yang tepat? Ajak saja keluarga Anda untuk menjalankan bisnis keluarga bersama. Selain mudah dalam berdiskusi, bisnis bersama keluarga juga lebih dapat dipercaya ketimbang dengan orang lain.

Dengan menjalankan bersama keluarga, Anda juga akan lebih menghemat pengeluaran karena tidak terikat dengan sistem gaji. Tidak harus menyertakan keluarga besar dengan jumlah anggota yang banyak, Anda juga bisa kok menjalankan bisnis dengan keluarga kecil saja.

Berikut beberapa bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019 yang menjanjikan meskipun modal pas-pasan:

  1. Bisnis Kuliner

Kuliner bisa menjadi bisnis yang menjanjikan karena makanan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari manusia. Bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019 ini tidak akan pernah tergeser oleh zaman karena makanan akan selalu dibutuhkan.

Namun sebelum memulai bisnis  kuliner ini, pastikan Anda memiliki target market yang jelas, sehingga produk makanannya bisa mengikuti. Apakah produk Anda untuk orang tua, anak muda, anak-anak, atau untuk golongan menengah ke atas atau menengah ke bawah?

Ada banyak sekali jenis bisnis kuliner tersebut, mulai dari warung makan biasa, restaurant mewah, atau mungkin jasa catering. Dalam bisnis ini semua anggota keluarga bisa terlibat. Misal tugas Ibu pada bagian memasak, anak-anak untuk pramusaji, ayah untuk kurir atau marketing, dan lain-lain.

  1. Bisnis Clothing atau Konveksi

Bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019 yang juga tak ada matinya adalah bisnis pakaian. Dalam bisnis clothing ini selain menentukan target pasarnya, perhatikan juga kualitas produk Anda.

Bisnis yang bisa dirintis bersama keluarga ini juga akan melibatkan seluruh anggota keluarga mulai dari desain bajunya, proses pembuatannya, pemasaran dan kurir, hingga model untuk produk Anda sendiri. Namun jika Anda tidak yakin dengan desain Anda, beli sajalah desain pakaian dari mereka yang lebih ahli.

  1. Bisnis Laundry

Laundry ternyata juga bisa menjadi bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019. Apalagi untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan atau daerah yang di sekitarnya terdapat pabrik atau kost-kostan.

Dalam bisnis laundry tersebut ada banyak yang harus dikerjakan sehingga Anda akan melibatkan anggota keluarga Anda. Mulai dari mencuci, menjemur, merapikan (menyetrika), administrasi atau pembukuan, hingga marketing dan kurirnya.

Untuk memulai bisnis laundry ini Anda juga tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan mesin cuci dan perlengkapan lainnya yang sudah ada di rumah.

  1. Bisnis Craft atau Kerajinan Tangan

Anda suka berkreasi untuk membuat kerajinan tangan? Jadikan saja keterampilan Anda sebagai bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019. Bisnis kerajinan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar kok. Jika bahan-bahan yang Anda cari susah, Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar Anda untuk disulap menjadi barang yang cantik.

Jika dalam keluarga Anda hanya satu orang saja yang mempunyai keterampilan, Anda bisa membagi tugas sesuai dengan keahliannya atau mengajari anggota keluarga yang lain membuat keterampilan tersebut.

Untuk pemasarannya, Anda bisa menggunakan promosi media online maupun offline. Untuk memperluas market Anda, bekerja samalah dengan pengusaha lain, toko-toko, atau Wedding Organizer untuk membuat souvenir pernikahan.

  1. Les Privat

Nah, bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019 lainnya yang juga minim modal adalah membuka les privat. Pastikan Anda membuka les privat tersebut sesuai dengan kemampuan Anda dan keluarga. Apakah Anda akan membuka les privat anak-anak, anak sekolah, atau kursus keterampilan lainnya.

Jika Anda atau anggota keluarga tidak memiliki keahlian di bidang tersebut, jangan khawatir Anda juga bisa mengajak teman-teman Anda yang memiliki keterampilan tersebut.

Adapun modal untuk les private tersebut Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sebagai tempat les-nya, kemudian peralatan belajar dan mengajar lainnya.

  1. Membuat Website

Saat ini hampir semua berhubungan dengan internet, dan bagi Anda yang hobi menulis, bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019 ini bisa menjadi ladang usaha baru tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa membagi tugas kepada anggota keluarga, seperti ada yang menjadi website designer, content writer dan lain sebagainya. Modal dari bisnis Anda hanya membutuhkan laptop atau komputer, biaya untuk membeli domain, koneksi internet, dan lainnya.

  1. Menjadi Blogger

Tak jauh berbeda dari bisnis website, Anda bisa menjadi blogger dan mencoba menuangkan tulisan Anda ke dalam sebuah blog. Bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019 ini merupakan salah satu bisnis yang cukup menyenangkan. Karena jika Anda bingung akan menuangkan apa ke dalam blog, manfaatkan saja hobi Anda menjadi tulisan.

Misal bagi keluarga yang suka traveling, Anda bisa menjadi Travel Blogger, bagi yang suka kuliner, Anda bisa membuat food blogger, atau bagi yang suka berdandan, buatlah beauty blogger dan masih banyak lagi.

Sebenarnya untuk bisnis terbaik bagi keluarga terbaik di tahun 2019, Anda tak memerlukan modal yang besar dan tidak usah bingung mencari bisnis apa yang tepat. Cukup cari saja apa yang dibutuhkan di sekitar lingkungan Anda atau buatlah bisnis sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki.

Tim SBF