7 Alasan Mengapa Game Roblox Disukai Anak-anak dan Dewasa

Roblox menjadi fenomena tersendiri untuk game mobile karena digemari anak-anak. Bahkan orang dewasa pun memainkannya. Inilah alasan mengapa game Roblox disukai anak-anak hingga dewasa.

Roblox, game online gratis yang memungkinkan penggunanya mendesain permainan mereka sendiri dan memainkan kreasi dari pemain lainnya. Roblox memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif bulanan di 200 negara. Ini melampaui pencapaian Minecraft yang mempunyai 90 juta pengguna aktif bulanan.

Dalam game Roblox, pengguna bisa bermain sesukanya karena disediakan banyak gim gratis. Konsep inilah yang membuat banyak orang tidak bosan memainkan Roblox. Ketika bermain siapapun bisa menuangkan imajinasinya untuk membuat bangunan hingga gim sendiri untuk dimainkan.

Salah satu faktor kesuksesan Roblox dalam menjaring pengguna yang besar adalah komunitas. Banyaknya pengembangan yang dilakukan juga mempengaruhi kesetiaan para penggunannya.

Sejarah Roblox

  • Game Roblox merupakan persilangan dari video game sandbox dan Massively Multiplayer Online (MMO). Versi beta dibuat pada tahun 2014 oleh dua orang pria bernama David Baszucki dan Erik Cassel. Sebelumnya platform Roblox bernama Dynablocks. Penggantian nama itu dilakukan pada tahun 2005.
  • Tepat pada 1 September 2006, Roblox secara resmi bisa digunakan oleh semua orang.
  • Roblox menjadi platform yang ramah untuk anak-anak setelah pada tahun 2007 mengikuti aturan dari COPPA (Children Online Privacy Protection Act), dimana akses obrolannya dibatasi untuk pengguna yang berusia di bawah 13 tahun.
  • Tahun 2006, pengembangan Roblox dilakukan dengan memperbaiki server dan juga menambahkan fitur membership premium yang dinamakan Builders Club.
  • Tahun 2011, Roblox mulai memiliki banyak pengembang saat diadakan Hack Week. Para pengembang bisa menuangkan ide brilian mereka menjadi sebuah game.
  • Robux kemudian merilis platformnya dalam versi iOS pada tanggal 11 Desember 2012.
  • 1 Oktober 2013, rilis Developer Exchange dimana pengembang bisa menukar Robux yang didapatkan menjadi uang nyata.
  • Dirilisnya Smooth Terrain, dimana Roblox memiliki grafis yang keren hingga objek bloknya terlihat lebih realistis dan halus.
  • Januari 2016, Roblox bisa dimainkan dari konsol game Xbox One. Disediakan pula 15 game yang sedang populer pada waktu itu untuk pengguna Xbox One.
  • April 2016 Roblox merilis Roblox VR sehingga pengguna bisa merasakan sensasi realistis virtual, menelusuri dunia virtual reality di Roblox menggunakan perangkat VR. Pada waktu itu sudah ada jutaan game 3D yang siap untuk dimainkan.

7 Alasan Mengapa Roblox Disukai Anak-anak dan Dewasa

1. Mudah Dimainkan

Roblox bisa dimainkan melalui aplikasi desktop, mobile hingga konsol game. Dalam Roblox, pengguna bisa bermain sesukanya karena disediakan banyak game gratis. Konsep inilah yang membuat banyak orang tidak bosan memainkan Roblox.

Mengapa Roblox disukai

Ketika bermain siapapun bisa menuangkan imajinasinya untuk membuat bangunan hingga game sendiri untuk dimainkan.

2. Bisa Dimainkan di Banyak Platform

Kamu bisa membuat game dan memainkan game-game yang ada di ekosistem Roblox di hampir semua platform yang ada. Kalian bisa download game ini di perangkat Android, iOS, Windows, macOS, Xbox One, bahkan di perangkat virtual reality seperti HTC Vive dan Oculus Rift.

Kalian bisa mendaftarkan akun Roblox, serta menciptakan game dan memainkan semua game yang ada di platform ini dengan gratis.

3. Banyak Pilihan Game dalam Roblox

Lewat Roblox kalian bisa mengembangkan game sendiri menggunakan tools yang disediakan oleh Roblox Studio. Game yang diciptakan memang terlihat sederhana, tapi platform pengembangan game ini memudahkan kreator muda untuk mengembangkan game sesuai kreativitas mereka.

Game Roblox

Ada lebih dari 69 juta game di Roblox. Mereka semua dibangun dalam program desain yang disebut Roblox Studio yang diciptakan oleh lebih dari 2 juta developer di Roblox, diantaranya Welcome to Bloxburg dan AdoptMe. Beraneka pilihan bisa disesuaikan dengan gender, hobi dan usia pengguna. Misalnya Work at a Pizza Place yang memungkinkan pengguna mengelola restoran Pizza.

Atau Jailbreak, game Roblox yang mengusung role-playing yang menjadikan gamer sebagai polisi atau penjahat. Sementara di game lainnya, Theme Park Tycoon 2, pengguna akan diberikan tanah untuk tempat membangun taman hiburan impiannya.

10 Game Roblox Terbaik Tahun 2021

Berikut 10 game Roblox terbaik yang bisa kamu mainkan:

1. Work at a Pizza Place
2. Game Roblox Jailbreak
3. Theme Park Tycoon 2
4. Game Roblox Booga Booga
5. Phantom Forces
6. Roblox High School
7. Vehicle Simulator
8. Natural Disaster Survival
9. Game Roblox Dungeon Quest
10. Tower of Hell

4. Berbasis Komunitas

Roblox menyajikan segala macam permainan yang bisa kamu mainkan, baik FPC, RPG, maupun balapan yang kamu suka. Pilihan yang terdapat di Roblox tidak terbatas. Jika kamu ingin membuat permainan buatanmu sendiri, kamu bisa membangun dan mengkodekan dunia Roblox dengan mekanika, objektif, dan karakter unik menggunakan Roblox studio secara gratis.

Komunitas Roblox

Ini adalah platform kreatif yang sangat cocok untuk mempelajari cara membuat permainan bersama teman-teman dan memainkannya.

Komunitas Roblox sangat besar, dengan lebih dari 150 juta pengguna aktif bulanan. Kamu bisa mengobrol bersama teman melalui pesan dan bertemu dengan mereka dalam dunia virtual yang dipilih. Karena ini adalah permainan lintas platform, kamu bisa bermain bersama jutaan orang lain dari seluruh dunia.

5. Bisa Menghasilkan Uang dari Roblox

Pengguna bisa menghasilkan uang dari platform Roblox ini.

Robox memang memungkinkan untuk seseorang menghasilkan uang dari platform ini. Roblox memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk me-monetisasi karyanya di Roblox. Mereka bisa menjual item dalam game seperti pakaian virtual atau hewan peliharaan dan mendapat uang sungguhan.

Mata uang virtual dalam Robux bernama Robux. Fungsi Robux untuk membeli berbagai macam item yang ditawarkan developer atau pengguna game lain.

Kamu bisa membeli Robux menggunakan voucher Google Play yang bisa dibeli di Loket Fastpay atau melalui aplikasi Fastpay.

Bagaimana Menghasilkan Uang dari Roblox?

  • Membuat game, developer bisa menghasilkan uang dengan cara membuat game. Semakin banyak orang yang memainkan, kesempatan untuk menghasilkan uang semakin terbuka lebar.
  • Menjual game passes dan gear, banyak pengguna yang tidak bisa membuat perlengkapan seperti pakaian hingga rambut yang unik sendiri. Ini menjadi kesempatan bagi developer untuk menjual hasil karyanya.
  • Mendatangkan banyak pengguna premium, penghasilan dipengaruhi oleh siapa yang memainkan gim. Jika penggunanya premium, maka developer bisa menghasilkan uang.
  • Tawarkan premium purchase, ketika sudah memiliki gamesendiri, tawarkan item atau fitur premium pada gim agar bisa dibeli oleh pengguna.
  • Roblox sendiri adalah sebuah platform yang bisa digunakan untuk bermain dan membuat game.

6. Lebih Populer Dibanding Minecraft

Roblox diam-diam menyalip pencapaian Minecraft. Roblox telah memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif bulanan.

Sedangkan Minecraft memiliki 91 juta pengguna aktif bulanan. Tapi, Minecraft masih menjadi video game terlaris sepanjang masa, hingga Mei 2019 telah terjual lebih dari 176 juta kopi Minecraft di semua platform.

7. Pengguna Bisa Berkomunikasi, Berkreasi, Berimajinasi Juga Berwirausaha

Roblox diprogram menggunakan bahasa pemrograman Lua, merupakan bahasa pemrograman pertama yang bagus untuk dipelajari di usia belia. Lua memiliki sejumlah konvensi ramah pengguna dan menghilangkan banyak hal lain yang sulit dimengerti oleh anak-anak kita. Tak hanya itu Roblox memberikan pelajaran untuk anak tentang real coding, desain game, peradaban (digital) dan keterampilan kewirausahaan.

Juga terdapat komunitas yang terus berkembang dan beberapa tutorial online untuk membantu mempelajari cara membuat permainan Roblox sendiri! Coba Roblox Studio, gratis, dan bisa digunakan untuk membuat model dan mengkodekan dunia milik sendiri menggunakan Roblox Lua, bahasa pengkodean yang mudah.

Selain itu dalam permainan game Roblox memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi menggunakan chat di dalam game. Terlebih kamu juga bisa belajar bahasa Inggris bila mempunyai teman permainan dari luar negeri yang sama-sama main game ini.

Roblox memang sering dikatakan sebuah game. Padahal Roblox sendiri adalah sebuah platform yang bisa digunakan untuk bermain dan membuat game.

Bagaimana? Sekarang kamu sudah tahukan apa itu Roblox? Untuk kamu yang masih penasaran, silakan coba Roblox.

Peluang Bisnis Voucher Game

Fastpay membuka kesempatan buat kamu untuk menjadi agen voucher game murah seperti voucher Google Play, FreeFire, Garena, PUBG Mobile, Call Of Duty: Mobile, Mobile Legends, Arena Of Valor, voucher Steam, Lyto, dll.

Gak cuma berbisnis voucher game, kamu juga bisa bisnis PPOB, bisnis tiket travel, bisnis pulsa internet, dll. Semua layanan bisnis ada di Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay & Voucher Game

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis pulsa murah di Fastpay sangat menguntungkan. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

  1. Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.
  2. Sistem bisnis PPOB mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan
    Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  3. Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
  4. Dan banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/