6 Trik Agar Uang Gaji Bisa Cukup Sampai Tanggal Tua

Sebarkan artikel ini

Bagi para pekerja, tanggal tua adalah momok menakutkan. Di saat-saat seperti ini, isi dompet sudah mulai menipis. Bahkan, beberapa sudah mendekati titik nol sehingga sangat ingin segera mendekati waktu gajian. Nah, kamu tidak ingin miskin mendadak ketika tanggal tua bukan? Alangkah lebih baik bila kamu tetap memperhatikan keuangan. Harus diatur dari awal bulan agar tidak bangkrut mendadak di akhir bulan.

Kalau kamu masih tinggal bersama orang tua sih tidak apa karena masih bisa menumpang makan dan tidur. Atau kalau kehabisan uang bisa utang dulu ke orang tua. Tetapi kalau kehabisan uang di perantauan, bisa-bisa kamu diusir dari kontrakan.

Inilah pentingnya untuk mengetahui trik-trik bertahan hidup saat tanggal tua. Meskipun dompet benar-benar tipis, setidaknya kamu tetap memiliki saldo untuk tetap hidup. Masih bisa tetap makan sehat dan tidak kelaparan.
Siapkah anda untuk melakukan berbagai tips agar akhir bulan tetap membahagiakan dan tidak kelaparan? Simak artikel ini hingga tuntas ya!

Trik Bertahan Hidup di Tanggal Tua

Ada 2 kebutuhan untuk kita penuhi saat mencari kerja. Yakni kebutuhan saat ini dan masa depan. Kebutuhan saat ini jelas harus segera dipenuhi. Dan beberapa orang cenderung kurang memperhatikan kebutuhan untuk masa depan.

Alasannya simpel, karena belum tampak urgensi kebutuhannya. Padahal ini sama-sama menjadi kebutuhan penting. Sehingga mulai sekarang harus diperhatikan. Kalau kamu mendapati kantong kering tetapi sudah menyisihkan uang untuk menabung sih masih bisa dimaklumi. Tetapi kalau tidak menabung dan mengalami dompet kosong di akhir bulan, kamu harus segera berubah.

Kamu harus mulai peduli dengan kondisi keuangan. Hal ini bila dibiarkan lama-lama sangat tidak bagus. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa trik di bawah ini untuk menanggulanginya.

  1. Mengatur Keuangan dari Awal Gajian
    Kamu harus tahu betul berapa jumlah total kebutuhan dan menganggarkannya sejak awal. Lantas kemudian pasti ada sisa setelah dikurangi anggaran. Nah, sisa tersebut harus kamu masukkan ke dalam tabungan dan dana darurat. Kelak kalau kamu kehabisan uang di akhir bulan, kamu bisa menggunakan dana darurat. Atau ketika mengalami kejadian tak terduga, kamu bisa menggunakan uang tabungan.
    Pastikan juga awal bulan semua tagihan dan cicilan bulanan terbayarkan, bayar tagihan bulanan di Toko Modern Fastpay yang tersebar di daerahmu, di Toko Modern Fastpay semua tagihan bisa dibayar disini, sehingga tidak perlu pergi loket-loket lainnya, alhasil kamu bisa hemat uang transportasi.
  2. Membawa Bekal dari Rumah
    Kalau kamu terbiasa jajan saat makan siang, kamu harus melepas kebiasaan itu. Karena makan siang di luar itu boros. Ini akan buruk untuk kesehatan kantongmu, apalagi di akhir bulan.
    Lebih baik kamu membawa bekal dari rumah. Selain lebih sehat, tentu ini jauh lebih murah. Kamu bisa menghemat beberapa rupiah setiap harinya yang bisa kamu alihkan menjadi tabungan. Sehingga fenomena kantong kering di akhir bulan tidak akan terjadi lagi deh!
  3. Kebiasaan Memasak Sendiri
    Kamu sebagai anak kos atau ngontrak, jangan sering membeli sayur matang. Akan lebih hemat kalau kamu memasak sendiri.
    Dengan masak sendiri, kamu bisa semakin mempertajam skill memasak. Sekaligus bisa menekan biaya pengeluaran karena memasak sendiri lebih hemat. Kamu pun bebas bisa memilih ingin memasak apa dan sesuai selera cita rasa favoritmu.
  4. Gemar Mencari Promo untuk Barang Kebutuhan
    Meskipun di akhir bulan, kamu tetap harus makan dan memenuhi beberapa kebutuhan dong! Nah, pastikan untuk memilih produk dengan promo dan diskon menarik.
    Ada waktu-waktu tertentu ketika supermarket dan toko ritel mengadakan diskon besar. Kamu harus mencatat waktu itu dan datang ketika diskon sedang berlaku.
    Ini lumayan bisa menghemat anggaranmu sehingga kamu tidak miskin-miskin amat di akhir bulan.
  5. Kurangi Kebiasaan Ngemil
    Hampir semua orang suka mengemil. Meskipun bilangan rupiah cemilan tidak semahal makanan berat, tetapi ini akan tetap menguras kantong apabila dilakukan secara berulang.
    Kamu harus mengurangi kebiasaa ini. Entah di awal bulan maupun di tanggal tua. Atau minimal harus membatasi jumlah jajanan yang dibeli. Percayalah hal ini akan membantu mengatur keuanganmu.
  6. Mencari Pekerjaan Sampingan
    Ketika gaji dari pekerjaan utama tidak begitu membantu di tanggal tua, kamu harus mencari alternatif pekerjaan lain. Carilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passionmu.
    Paling tidak kamu bisa mendapatkan beberapa proyek selepas kerja di kantor untuk menambah pundi pendapatan. Penghasilan dari proyek ini bisa menambah uang jajan di akhir bulan.

Itulah trik-trik sederhana untuk bertahan hidup di tanggal tua. Cukup mudah untuk dilakukan tetapi ini tidak akan sukses bila kamu tidak memiliki niat kuat untuk melakukannya.

Jika Anda masih bingung mencari pengahasilan tambahan darimana? Fastpay menjadi salah satu solusi yang bisa menjadi ladang rezeki dengan penghasilan tambahan belasan juta tiap bulannya, bergabunglah dengan Fastpay. Hanya di Fastpay, yang mempunyai 8 layanan bisnis dalam 1 aplikasi. Yuk, tak perlu ragu lagi, hanya Fastpay solusi bisnis terbaik di tahun 2019.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 6 Trik Agar Uang Gaji Bisa Cukup Sampai Tanggal Tua

Tim SBF