6 Rahasia Sukses Cara Buka Laundry! Perhatikan No 6!

Sebarkan artikel ini

Akhir-akhir ini jasa laundry menjadi salah satu usaha pilihan sejumlah orang. Sebab memang usaha laundry bisa dibilang cukup menjanjikan karena pendapatan yang didapatkan jumlahnya konsisten dari hari ke hari.

Bagi sebagian orang lainnya, usaha laundry-an ini dianggap membutuhkan modal yang sangat besar. Namun pada kenyataannya, modal yang dibutuhkan tergantung dari kemampuan dari pihak yang akan memulai usaha yang satu ini. Nah, agar Anda memiliki gambaran sebelum memulai usaha ini, sebaiknya Anda simak penjelasan cara buka laundry di bawah ini:

  1. Survey Lokasi

Tahapan pertama saat Anda akan memulai usaha laundry adalah menentukan lokasi yang akan digunakan sebagai tempat usaha. Sebab posisi usaha Anda akan sangat menentukan bagaimana jalannya usaha Anda ke depannya. Apapun jenis usahanya hal ini tetaplah paling penting untuk diperhatikan.

Dalam pemilihan lokasi ini ditentukan dari target pasar usaha Anda. Misalnya saja Anda ingin targetnya para mahasiswa, maka tentunya Anda harus memilih lokasi yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa atau jika tidak dekat dengan kontrakan yang banyak dihuni oleh para pekerja kantoran.

Selain berdasarkan target pasar, dalam memilih lokasi usaha ini juga dilihat dari modal yang Anda keluarkan. Misal modal yang Anda siapkan untuk menyewa tempat ini terbilang pas-pasan maka janganlah pilih lokasi di kawasan elit karena pasti akan membutuhkan dana lumayan besar.

Adapun kriteria yang tepat untuk dijadikan sebagai lokasi usaha meliputi akses menuju lokasi dan ruangan yang akan digunakan untuk beroperasi. Selain itu, karena usaha Anda adalah laundry maka pastikan sistem perairan, drainase, sanitasi dan juga pengelolaan limbahnya bekerja dengan baik.

  1. Siapkan Alat dan Bahan

Cara buka laundry yang tidak boleh Anda lupakan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk pengerjaan. Sebab jika alat dan bahan ini ada yang tidak Anda miliki maka bisa jadi laundry Anda tidak akan berjalan dengan lancar, bisa dibilang inilah yang menjadi alat Anda untuk bekerja.

Adapun alat dan bahannya berupa mesin cuci, mesin pengering, timbangan, detergen, pewangi, setrikaan, gantungan pakaian, hanger, rak. Ember, keranjang, plastik dan masih banyak lagi termasuk juga hal terkecil seperti alat tulis.

Alat-alat tersebut sangatlah penting demi keberlangsungan usaha Anda. Maka dari itu, pastikan jangan sampai ada alat yang terlewat satu pun. Termasuk juga alat yang digunakan untuk melakukan promosi juga harus ada. Karena usaha tanpa promosi akan sia-sia.

  1. Penentuan Tarif

Banyaknya pebisnis laundry yang bermunculan membuat persaingan semakin ketat, untuk itu pastikan Anda menentukan tarif atau harga laundry-an yang bisa bersaing. Dimana harga yang Anda patok tersebut juga sesuai dengan kualitas yang diberikan kepada pelanggan.

Penentuan harga bisa dilihat dari sasaran target pasar Anda. Jangan sampai Anda mematok harga tinggi untuk kalangan mahasiswa ataupun para pekerja kantoran. Sebab dalam pemilihan laundry, mereka lihat yang harganya sesuai dengan kantong.

Tidak bisa dipungkiri harga yang murah pasti akan lebih diburu oleh banyak orang, tidak sedikit pula yang kemudian memutuskan untuk menjadikan laundry tersebut sebagai langganan. Harga murah yang dimaksud tentunya sudah melalui perhitungan untung rugi. Jadi, alangkah baiknya cara buka laundry yang satu ini bisa Anda pikirkan baik-baik dan diperhitungkan dengan matang.

  1. Promosi

Poin terpenting juga dari cara buka laundry ada pada promosi yang Anda lakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha Anda, termasuk dengan memberi laundry gratis untuk teman atau saudara terdekat. Dengan begitu, mereka akan memberitahukan dan mempromosikan usaha Anda kepada orang lain dari mulut ke mulut.

Cara promosi berikutnya adalah melalui media sosial, misalnya saja Facebook, Twitter dan juga Instagram. Bahkan Anda juga bisa membuat website khusus untuk laundry Anda agar terlihat lebih meyakinkan dan terlihat profesional.

Promosi selanjutnya adalah dengan membuat spanduk, selebaran dan juga papan reklame. Alat promosi ini adalah alat wajib dalam melakukan promosi bisnis apapun.

        5. Ketepatan Waktu

Cara buka laundry agar bertahan lama hingga sukses adalah dengan mempertahankan ketepatan waktu. Sebab waktu merupakan hal yang signifikan dalam bisnis laundry ini, bagaimana tidak? kepuasan pelanggan erat kaitannya dengan ketepatan Anda dalam menyelesaikan laundry-an.

Apabila Anda mengabaikan ketepatan waktu, bisa-bisa reputasi laundry-an Anda menjadi jatuh dan buruk di mata pelanggan. Oleh sebab itu, pastikan ketika Anda menjanjikan waktu penyelesaian laundry-an maka Anda menepati waktu tersebut.

Jangan sampai saat pelanggan hendak mengambil hasil laundry-an, Anda malah belum menyelesaikannya. Pasti pelanggan akan sangat kecewa dan memberi cap buruk untuk bisnis laundry Anda.

Dengan pengalaman yang buruk tersebut, bukan tidak mungkin pelanggan kemudian akan bercerita kepada teman atau kerabat mereka tentang kinerja laundry-an Anda yang tidak memuaskan. Jadi, pastikan Anda benar-benar memperhatikan ketepatan waktu demi kepuasan pelanggan.

       6. Pelayanan yang Memuaskan

Para pelanggan akan sangat menilai bagaimana pelayanan Anda terhadap mereka. Pelayanan yang baik disertai dengan kualitas yang baik pula tentunya akan membuat mereka berpikir dua kali jika ingin pindah laundry ke tempat lain.

Akan tetapi jika Anda tidak bisa memberikan harga murah untuk pelanggan, maka buktikan harga yang Anda bandrol dengan kualitas yang sepadan. Sehingga meski mahal, kualitas yang diberikan memang pantas dengan harga tersebut.

Di sisi lain, Anda juga harus sering melakukan follow up, sehingga Anda mengetahui bagaimana respon pelanggan terhadap layanan laundry Anda. Jika ada yang merasa kurang puas, maka Anda perlu memperbaikinya. Sedangkan jika mereka sudah merasa puas maka pertahankan dan bahkan tingkatkan kualitas menjadi lebih baik lagi.

Pelayanan yang baik juga bisa dilihat dari buka jam toko sedari pagi. Sehingga saat para mahasiswa atau pekerja kantoran berangkat bisa sekaligus menitipkan pakain kotor mereka. Jangan lupa juga pastikan bahwa Anda ataupun karyawan bersikap ramah pada saat menerima atau menitipkan cucian. Terus jaga kepercayaan pelanggan Anda agar mereka betah untuk terus berlangganan.

Selain itu, yang paling penting adalah memberikan Layanan yang lebih daripada Laundry yang lain. Jadikan Laundry Anda one stop solution untuk Pelanggan. Dengan bergabung dengan Fastpay, maka Pelanggan yang datang tidak hanya karena ingin mencuci baju, tapi juga bisa membayar tagihan bulanan, beli pulsa, hingga beli voucher game loh!

Yuk segera gabung bersama Fastpay & realisasikan rencana bisnis laundry Anda!

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Laundry Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Loket Laundry Anda!

banner 6 Rahasia Sukses Cara Buka Laundry! Perhatikan No 6!

Tim SBF