6 Cara Bisnis Grosir Dengan Modal Kecil

Sebarkan artikel ini

Menjadi seorang pebisnis memang memiliki banyak plus minus yang membuat orang tergiur untuk terjun ke dalamnya atau bahkan tak memiliki nyali dengan segala resikonya. Benar sekali, meskipun potensi keuntungan yang bisa didapatkan begitu besar, namun seorang pebisnis tak pernah luput dari resiko kerugian atau kebangkrutan.

Terlepas dari plus minus tersebut, namun bukan berarti mereka yang memiliki minat atau keberanian untuk terjun ke dalamnya harus memiliki persiapan sekali sekali matang, karena bagi Anda yang memiliki modal kecil atau bahkan tak memiliki modal pun bisa menjadi seorang pebisnis.

Salah satu sektor bisnis yang cukup menjanjikan meski dengan modal kecil adalah bisnis grosir. Cara bisnis grosir pun bisa dikatakan relatif mudah, mulai dari proses persiapan, pengenalan, pemasaran hingga pengembangan bisnis.

Berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis grosir bagi Anda yang memiliki modal terbatas.

1. Menentukan Modal

Sebelum memulai bisnis, Anda harus mengetahui kisaran modal yang Anda butuhkan. Selanjutnya sesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Penyesuaian ini sangat dibutuhkan untuk menentukan kuantitas atau jumlah barang yang bisa ANda jual nantinya.

Apabila modal yang Anda miliki ternyata jauh di bawah ketentuan atau perkiraan yang seharusnya, tak masalah. Anda bisa memilih beberapa barang pokok terlebih dahulu. Sementara untuk barang dagangan lain yang sifatnya pendukung bisa di kemudian hari setelah modal bertambah.

Disini Anda dituntut untuk menyiasati modal yang terbatas sehingga hal ini tak tampak menjadi kekurangan dalam bisnis Anda.

2. Membuat Strategi Usaha

Dalam penentuan strategi usaha awal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik, seperti tempat usaha. Anda harus pandai memilih tempat usaha yang strategis sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Sementara jika Anda hanya memanfaatkan tempat yang sudah tersedia, semisal di rumah maka yang perlu Anda lakukan adalah menonjolkan rumah Anda sebagai tempat usaha. Dengan begitu orang akan lebih mengenali usaha Anda walau di dalam rumah.

Kemudian mencari pemasok barang yang tepat. Salah satu kunci kesuksesan memulai bisnis grosir adalah mendapatkan supplier yang tepat, sebab disini Anda menjual barang dengan harga murah sehingga pasokan barang yang didapatkan pun harus jauh lebih murah.

Bagi Anda yang ingin bisnis grosir barang siap pakai, Anda bisa mencarinya langsung pada produsen, karena biasanya harga yang didapatkan dari tangan pertama jauh lebih terjangkau. Namun ingat supplier yang Anda cari juga harus mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda nantinya.

3. Pelajari Persaingan dan Ambil Celah Untuk Menangkannya

Setiap bidang bisnis pastinya memiliki saingan yang jumlahnya tak hanya satu dua saja. Bahkan dalam satu lingkup lingkungan pun terkadang persaingan bisnis sudah begitu ketat, sehingga sebagai pemula Anda harus ekstra dalam mempelajari persaingan yang ada.

Cari tahu bagaimana pola belanja para konsumen yang menjadi target pasar Anda. Pastikan Anda tahu apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan. Kemudian Anda juga perlu mengetahui bagaimana pesaing dan apa yang sudah diberikannya pada konsumen sehingga mampu meraih kesuksesan.

Setelah mengetahui hal tersebut, yang pertama harus Anda lakukan adalah menyediakan barang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah tertarik pada bisnis Anda.

Sementara untuk pesaing, Anda perlu memberikan sesuatu yang berbeda dari yang pesaing Anda berikan terhadap konsumennya. Pastikan hal ini tidak membunuh pasaran pesaing karena akan jauh lebih baik jika Anda mencari konsumen baru dan melakukan persaingan sehat.

Beberapa hal yang biasanya memicu persaingan tidak sehat adalah harga barang yang dijual di bawah standar pasar, sehingga konsumen hanya akan menuju pada satu penjual tersebut.

Hal semacam ini sebaiknya dihindari karena bisa menjadi bumerang terhadap bisnis ANda sendiri. Meski dengan catatan, Anda pun tak boleh lengah dengan cara persaingan memajukan bisnis. Tetap berikan yang terbaik pada konsumen tanpa mematikan pesaing.

4. Action

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, mulai dari modal, strategi bisnis hingga pengenalan persaingan, kini saatnya untuk action. Anda bisa langsung bisnis grosir dengan langkah paling utama, yakni mempersiapkan tempat. Berikutnya siapkan barang yang hendak dijual.

Cara bisnis grosir seperti ini memang harus dilakukan secara bertahap sehingga semua dapat ter-handle tanpa ada kesalahan sedikit pun. Terapkan pula kedisiplinan, sabar dan ulet dalam diri Anda, sebab sudah bukan hal aneh jika dalam bisnis ada fase naik turun.

Dimana sebuah bisnis baru tak akan mungkin langsung mencapai kesuksesan tanpa harus melalui perjuangan terlebih dahulu. Jadi selain persiapan hal-hal di atas, mental juga menjadi satu hal yang sangat penting untuk disiapkan.

5. Promosi dan Jaring Pelanggan

Setelah memulai bisnis grosir yang Anda inginkan, selanjutnya perbanyak melakukan promosi. Disini Anda wajib gencar melakukan promosi sebagai langkah pengenalan bisnis terhadap calon konsumen. Jika sudah banyak orang mengetahui bisnis grosir Anda, maka akan semakin besar pula peluang bisnis Anda berkembang dengan cepat.

Cara melakukan promosi pun sangat banyak. Anda bisa memanfaatkan berbagai media untuk promosi atau iklan. Mulai dari yang termudah yakni menggunakan akun media sosial, kemudian menyebar selebaran di berbagai tempat, memasang spanduk di lokasi bisnis Anda, melakukan iklan melalui koran, radio atau media massa lain dan masih banyak cara lainnya.

Setelah banyak orang mengetahui bisnis Anda, selanjutnya banyak lakukan trik marketing semisal memberikan promo bagi beberapa pelanggan pertama. Atau jika tidak Anda juga bisa memberikan harga promo untuk periode tertentu dan masih banyak trik marketing lain yang bisa Anda praktekkan.

Selanjutnya masuk pada tahap paling penting yakni mempertahankan konsumen sehingga mereka bisnis menjadi pelanggan dalam bisnis Anda. Untuk menjaring pelanggan memang bukan perkara yang mudah, Anda perlu melakukan penjualan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen.

6. Mengembangkan Usaha

Meski tak bisa dilakukan secara instan, namun sudah menjadi cita-cita masal setiap pebisnis untuk bisa mengembangkan usaha. Cara bisnis grosir memang tak bisa berhenti sampai titik dimana konsumen mulai menjadi pelanggan, namun harus sampai pada titik kesuksesan pengembangan bisnis.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis pun sangat beragam. Salah satunya ialah dengan memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan. Kemudian banyak memberikan benefit pada pelanggan, semisal potongan harga khusus dan lain sebagainya.

Jika pengembangan secara eksternal sudah berhasil Anda lakukan, selanjutnya maksimalkan pengembangan usaha dari internal. Seperti penambahan modal usaha yang akan berdampak langsung pada stok barang dagangan Anda. Bisa juga penambahan modal untuk membuka cabang baru dan lain sebagainya.

Semua ini harus dilakukan terencana dan tersusun dengan baik, sehingga resiko kerugian menjadi semakin menyusut.

Terdengar mudah bukan cara bisnis grosir dengan modal kecil? Tapi kembali lagi ditekankan disini jika bisnis harus dijalankan dengan tekad, keuletan dan mental yang kuat, sehingga kerikil yang menghadang tak kan menghalangi jalan Anda menuju kesuksesan. Selamat berusaha.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

banner 6 Cara Bisnis Grosir Dengan Modal Kecil

Tim SBF