6 Alasan Kuat Anda Harus Mulai Bisnis Laundry Koin di Indonesia!

Sebarkan artikel ini

Bisnis laundry bukanlah hal baru yang ada di negara Indonesia, bisnis ini sudah ada sejak lama bahkan para pelaku bisnisnya pun semakin menjamur. Para pebisnis berbondong-bondong memilih bisnis ini karena memang konsumennya atau orang yang membutuhkan jasa ini lumayan besar.

Lalu bagaimanakah dengan bisnis laundry koin? Mungkin tren laundry koin agak asing di telinga kita karena memang laundry dengan jenis ini sesuai dengan tren yang ada di luar negeri. Seperti diketahui bersama, di banyak negara-negara maju orang berbondong-bondong membawa pakaian kotor mereka untuk dicuci di laundry-an.

Jika dilihat, memang mereka memasukkan baju mereka sendiri dengan hanya memasukkan koin ke dalam mesin yang sudah disediakan. Nah, Konsep dari laundry koin pun memang berbeda sekali dengan konsep laundry yang sudah ada di Indonesia sebelumnya.

Konsumen ditawarkan dengan beberapa keuntungan jika menggunakan laundry koin dibandingkan dengan menggunakan laundry pakaian yang sudah ada sebelumnya. Dari sinilah kemudian muncul celah peluang bisnis baru yang mana pesaingnya belum terlalu banyak. Anda masih memiliki kesempatan besar untuk menjadi pionir di bidang ini.

Agar Anda semakin mantap untuk memulai bisnis laundry koin di Indonesia, mari simak alasan-alasannya berikut ini:

  1. Sebagai Solusi Kekhawatiran Masyarakat

Memang tidak bisa dipungkiri mungkin Anda sering sekali menjumpai atau bahkan mengalami sendiri pakaian Anda hilang atau tertukar dengan orang lain di laundry kiloan. Ada juga yang bermasalah dengan bau wangi yang konon katanya kurang segar dan masih banyak masalah lainnya.

Demi mengatasi kekhawatiran tersebut, bisnis laundry koin memberi solusi dengan cara setiap pelanggan yang hendak melaundry pakaian harus membeli koin dari pihak laundry. Koin ini nantinya untuk menggunakan mesin cuci.

Biasanya setiap satu koin bisa digunakan untuk satu kali cuci. Sedangkan untuk mengeringkan baju, Anda harus membeli satu koin lagi. Cara kerjanya yakni Anda hanya tinggal memasukkan baju kedalam mesin, dan kemudian tunggu beberapa menit semua akan selesai.

Sembari menunggu tentunya Anda tetap bisa mengerjakan aktivitas lain. Misalnya saja sembari membaca, mengobrol ataupun kegiatan lainnya. Dengan begitu, masalah pakaian tertukar ataupun masalah lainnya bisa teratasi. Karena setiap orang pasti menjaga pakaiannya sendiri.

  1. Perputaran Uang Menjadi Lebih Cepat

Alasan lainnya yang patut Anda ketahui adalah bahwa pada bisnis laundry koin perputaran uangnya lebih cepat dibanding laundry kiloan. Bagaimana bisa? Semua itu terjadi karena setiap pelanggan yang datang mau melaundry pasti langsung membayar.

Berbeda dengan laundry kiloan yang pelanggannya akan membayar jika laundry-an sudah selesai. Fenomena yang sering terjadi adalah pelanggan yang lama tidak mengambil pakaiannya atau bahkan pakaiannya tidak diambil.

  1. Karyawan Lebih Sedikit

Sesuai dengan sistem laundry koin yang sudah dijelaskan di atas, maka bisnis laundry koin sangat menghemat pengeluaran dalam hal menggaji karyawan. Sebab memang dalam bisnis laundry koin tidak memerlukan banyak karyawan, setiap orang yang mau melaundry melakukan pencucian menggunakan mesin cuci sendiri.

Sementara karyawan yang ada di laundry hanya bertugas untuk memantau, memandu serta menjadi kasir. Misalnya saja dalam sebuah bisnis laundry koin yang belum terlalu besar, Anda hanya mempekerjakan tiga karyawan saja sudah cukup. Satu karyawan bertugas sebagai operator dan dua karyawan lainnya sebagai pekerja layanan setrika.

  1. Karyawan Tidak Harus Berpengalaman

Dalam pemilihan karyawan yang akan membantu Anda menjalankan bisnis ini tidaklah membutuhkan banyak kriteria khusus. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak harus mencari orang yang memang pandai mencuci, yang terpenting Anda hanya mengajarkan cara mengoperasikan komputer mesin cuci saja.

Jika karyawan yang Anda pilih sudah bisa apa yang Anda ajarkan, maka bisa dipastikan dia bisa memandu pelanggan dengan baik.

  1. Mudah Pengelolaannya

Karena keunggulan-keunggulan dari bisnis laundry koin ini semua menjadi lebih praktis. Diantaranya adalah Anda tidak perlu mempekerjakan banyak karyawan, Anda tidak harus ikut turun tangan dalam mengerjakan pencucian. Selain itu, perputaran uang juga lebih cepat dan juga meminimalisir adanya manipulasi. Sebab pencatatan mengenai keuangan dilakukan per hari.

  1. Adanya Pemasukan dari Produk Lain

Memang tidak semua orang melihat adanya peluang ini, peluang usaha lain disaat para pelanggan menunggu cucian selesai. Dari sini sebenarnya Anda bisa mendapatkan pemasukan lain dengan cara menyediakan produk makanan ataupun minuman ringan untuk dijual di laundry Anda.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, mungkin kini Anda sudah mulai memantapkan hati untuk terjun kedalam bisnis laundry koin ini. Sebelum memulai bisnis, tentunya hal utama yang harus dipersiapkan adalah modal. Untuk memulai bisnis ini modal yang harus Anda siapkan bisa dibilang cukup lumayan besar.

Agar lebih ringan, Anda sebenarnya bisa saja mencari rekan kerja atau mitra yang bisa menyewakan tempat lengkap dengan peralatannya. Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu repot lagi membeli alat-alat yang dibutuhkan dan juga tidak perlu lagi mencari tempat yang tepat.

Lebih mantap lagi Anda gabung bersama Fastpay, yang kan menyediakan Layanan yang lengkap sehingga Laundry Anda tidak sekedar melayani perbajuan, namun akan dicintai pelanggan karena ketika mereka mencuci baju bisa sekalian bayar tagihan hingga setor tunai tanpa harus ke bank!

Itulah alasan mengapa Anda harus memulai bisnis bersama Fastpay sesegera mungkin sebelum peluang emas ini banyak peminatnya. Semoga penjelasan dapat membantu Anda dan semoga sukses dalam menjalani bisnis laundry baju. Selamat mencoba!

Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Laundry Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis laundry juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di Loket Laundry Anda!

banner 6 Alasan Kuat Anda Harus Mulai Bisnis Laundry Koin di Indonesia!

Tim SBF