5 Trik agar Supaya Tidak Mengalami Kebangkrutan

Sebarkan artikel ini

Saat mendirikan usaha sendiri, pasti tidak pernah terpikir untuk membiarkan bisnis bangkrut. Tetapi kemungkinan berat itu pasti bakal terjadi. Sebab manusia hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan bagaimana nasib kemudian.

Yang harus anda perhatikan adalah bagaimana cara supaya usaha tidak bangkrut. Bisa jadi kebangkrutan terjadi karena kesalahan anda. Entah salah dalam menerapkan strategi atau dalam mengambil langkah. Untuk itu, anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Membuka bisnis itu bukan sekedar membuka lalu pasti sukses. Ada banyak jalan terjal yang harus dilalui.

Bila mampu melewati hambatan dengan baik pastilah anda bisa sukses dengan usaha anda. Tetapi bila tidak mampu melewati hal itu, kebangkrutan akan menjadi bayang-bayang. Oleh karena itu, baca artikel ini hingga tuntas agar usaha anda tidak bangkrut. Kalau bisnis anda sukses maka anda sendiri yang akan merasa senang bukan?

Kiat agar Tidak Bangkrut

Bangkrut adalah hal menakutkan yang siapa pun berpotensi untuk mengalaminya. Bangkrut akan sangat menyakitkan karena seluruh modal yang dikeluarkan tidak mampu memberi keuntungan. Alhasil anda tidak bisa melanjutkan lagi. Karena bila dipaksakan justru akan menambah tingkat kerugian. Alangkah lebih baik berhenti saja daripada memaksakan agar usaha mati tetap hidup.

Anda harus melakukan banyak hal agar tidak mengalami kebangkrutan. Bermodal strategi dan tekad kuat maka bisnis akan terus bertahan. Tidak akan mengalami kebangkrutan dan bisa terus berjalan.

Kira-kira apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari kebangkrutan? Simak beberapa hal tersebut di bawah ini.

  1. Memulai Usaha dari Kecil
    Satu cara aman agar anda tidak mengalami kebangkrutan pahit ialah dengan memulai usaha dari kecil-kecilan dulu. Lakukan dengan skala kecil sembari mencari pasar untuk produk anda. Proses ini harus anda nikmati karena dari sini bisnis anda akan bertumbuh.
    Seiring bisnis berjalan, tingkatkan kapasitas usaha. Bila kemarin ada 10 produk dijual, tingkatkan menjadi 20. Naikkan perlahan-lahan ketika penjualan sudah menunjukkan peningkatan.
    Memulai dari kecil akan membuat anda banyak belajar sehingga kemungkinan bangkrut menjadi lebih kecil.
  2. Mengatur Keuangan dengan Baik
    Pengaturan keuangan menjadi hal penting dalam menjalankan bisnis. Sebesar apapun bisnis anda ketika buku keuangan tidak tertata maka kebangkrutan akan menjadi momok. Oleh karena itu, pastikan keuangan tertata dengan baik.
    Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis, jangan pernah mencampurnya. Pastikan keuangan tetap balance pada laporan akhir. Semua data keuangan harus direkam dengan lengkap.
    Laporan keuangan yang rapi dan tertata akan mendorong kelancaran bisnis.
  3. Hindarilah Utang
    Ada alasan mengapa anda harus memulai usaha dengan skala kecil terlebih dahulu. Yakni agar anda tidak mencari modal dengan cara utang. Percaya atau tidak, utang bisa mendorong anda untuk terjebak dalam lubang kebangrutan.
    Dalam tiap utang akan lahir bunga. Ketika anda tidak mampu mengelola keuangan dengan baik pastilah utang itu akan semakin menumpuk. Sehingga perlahan-lahan kekuatan bisnis akan semakin melemah.
    Nah, lebih baik untuk memilih dari yang kecil terlebih dulu baru kemudian meningkatkan skala usaha. Paling tidak anda sudah tahu kemana arah bisnis ini akan dibawa sehingga tidak akan lagi kebingungan.
  4. Bangun Bisnis Sesuai Passion
    Anda tentu memiliki passion tersendiri bukan? Nah, anda bisa membangun bisnis yang berasal dari minat dan passion.
    Satu syarat penting dalam menjalani bisnis adalah harus enjoy. Rasa enjoy ini bisa diperoleh ketika anda melakukan apa yang anda suka. Hal yang anda sukai merupakan minat dan passion.
    Ketika ada hambatan timbul, anda akan lebih mampu bertahan karena ini demi passion anda. Berbeda ketika anda melakukan usaha yang bukan anda banget. Ketika bisnis mulai lemah, daya juang anda akan ikut lemah lantaran memang itu bukan passion anda.
  5. Fokus dan Konsisten
    Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah fokus. Jangan mudah tergoda untuk melakukan hal lain ketika bisnis anda belum beres. Belajarlah hingga anda benar-benar mahir dalam menjalankan bisnis.
    Jangan malas untuk mengikuti berbagai pelatihan dan workshop demi bekal ilmu. Semakin anda rajin belajar maka makin baik pula untuk bisnis anda.
    Lantas terus lakukan usaha anda dengan tekun, perlahan tetapi pasti usaha anda akan mulai menghasilkan keuntungan.

Nah, ada berbagai cara untuk menghindari kebangkrutan. Pastikan anda melakukan beberapa tips di atas. Paling tidak dengan melakukan itu, bisnis anda akan mampu berjalan stabil.  Yang terpenting dalam menjalankan bisnis adalah supaya bisnis itu tetap berjalan. Meski tidak langsung pesat perkembangannya, tetapi paling tidak ia tetap bertumbuh dan terus tumbuh.

Tertarik untuk membangun bisnis? Apabila anda ingin menjalankan bisnis tanpa resiko rugi besar ikut saja menjadi mitra Fastpay. Fastpay menjadi salah satu solusi yang bisa menjadi ladang rezeki dengan penghasilan tambahan belasan juta tiap bulannya, bergabunglah dengan Fastpay. Hanya di Fastpay, yang mempunyai 8 layanan bisnis dalam 1 aplikasi. Yuk, tak perlu ragu lagi, hanya Fastpay solusi bisnis terbaik di tahun 2019.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 5 Trik agar Supaya Tidak Mengalami Kebangkrutan

Tim SBF