5 Tips Terbaik Membuka Usaha Toko Kelontong Bagi Pemula

Menjadi seorang karyawan tidak selamanya terasa nyaman. Bagi seseorang yang memiliki jiwa wirausaha, membuka usaha sendiri tentu lebih menarik daripada hanya menjadi seorang karyawan. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis mandiri, membuka usaha toko kelontong menjadi salah satu jenis usaha yang sangat direkomendasikan.

Namun sebelum memulai bisnis yang satu ini, ada beberapa tips yang harus Anda tahu. Langsung saja, berikut 5 tips kiat sukses memulai usaha toko kelontong bagi pemula.

  1. Mencari Tempat Strategis
    Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah mencari tempat terbaik yang cocok untuk menjalankan usaha toko kelontong Anda. Usaha toko kelontong merupakan usaha yang dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga usaha ini memiliki prospek kesuksesan yang cukup baik.
    Biasanya barang-barang yang dijual dalam toko kelontong ini adalah barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Sehingga jika Anda tepat memilih lokasinya akan sangat mendukung kemajuan usaha.
    Memilih tempat yang strategis menjadi salah satu penentu kesuksesan usaha, pilihlah lokasi yang letaknya di tengah-tengah pemukiman penduduk. Jika Anda memiliki rumah di tempat tersebut, akan lebih baik jika membuka usaha ini di depan rumah saja. Mengapa, karena hal ini akan menghemat biaya sewa toko jika menjual di tempat lain.
    Jika Anda me-manage usaha ini dengan baik, toko kelontong akan menghasilkan keuntungan yang lumayan. Sedikit demi sedikit akan mulai terkumpul menjadi banyak dan bisa digunakan untuk semakin mengembangkan usaha toko kelontong dengan menambah jenis produk yang dijual atau menambah jumlah stoknya.
  2. Lakukan Survey Keadaan Masyarakat
    Sebelum membuka usaha ini, alangkah baiknya Anda terlebih dahulu melakukan survey terhadap keadaan penduduk di tempat yang menjadi target pendirian usaha Anda. Survey ini dilakukan untuk melihat jenis kebutuhan masyarakat dan melihat seberapa besar pesaing yang ada.
    Jangan menjual barang atau produk yang kurang dibutuhkan oleh masyarakat. HIndari juga membuka usaha toko kelontong yang letaknya terlalu dekat dengan toko kelontong yang lain yang menjual barang lebih lengkap dari yang Anda sediakan.
    Survey juga dilakukan untuk melihat seberapa besar perkiraan modal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha. Modal harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Jika Anda membuka usaha ini di tempat yang tidak banyak pesaing, maka Anda bisa merencanakan modal semaksimal mungkin yang Anda mampu.
    Anda juga harus memperhitungkan kisaran pajak yang harus dibayarkan setelah membuka usaha. Inilah beberapa fungsi survey, sehingga melakukan survey lokasi sebelum membuka usaha sangat penting dilakukan.
  3. Sesuaikan Dengan Modal
    Ketika Anda ingin membuka suatu usaha, jangan terlalu memaksakan kehendak hati dengan keadaan modal yang tersedia. Memang semua orang pasti ingin usahanya menjadi besar dan jaya, tetapi semua itu tentunya membutuhkan sebuah proses.
    Di awal membuka usaha, jika persediaan modal tidak terlalu besar, jangan terlalu memaksakan keinginan untuk membuka usaha besar-besaran sampai harus meminjam dana kesana kemari untuk memulai usaha.
    Akan lebih baik jika dana atau modal yang Anda gunakan adalah dana segar. Artinya, modal ini berasal dari tabungan Anda sendiri dan bukan hasil meminjam dari bank atau sumber yang lain. Karena tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi dengan usaha Anda ke depannya. Kesuksesan atau kegagalan memang bisa diperkirakan dan diusahakan, tetapi tidak ada yang tahu tentang fakta di masa depan.
    Jika Anda mengalami kerugian dan akhirnya harus gulung tikar, sementara modal yang didapatkan dari hasil meminjam, keadaan akan semakin memburuk dan memilukan. Sehingga sebaiknya gunakan modal sendiri dan buka usaha besar kecilnya sesuai kemampuan. Jika sudah mulai berjalan, Anda bisa mengembangkan usaha secara perlahan hingga menjadi besar seperti yang diinginkan .
  4. Temukan Tempat Grosir Murah
    Hal yang tidak boleh salah adalah menentukan tempat grosir atau tempat Anda membeli barang-barang yang akan dijual. Usahakan Anda menemukan tempat grosir yang menjual barang-barangnya dengan harga yang lebih miring dari tempat grosir lainnya.
    Meski spasi harganya sedikit, ini akan sangat mempengaruhi keuntungan yang didapatkan. Sebab Anda membeli dalam jumlah banyak, artinya perbedaan harga yang sedikit dalam jumlah banyak jika dikomulasikan akan menjadi nilai yang lumayan.
  5. Dekorasi Toko
    Selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah penampilan tempat usaha toko kelontong Anda. Mulai dari kebersihan toko, tata letak barang yang sesuai, hingga dekorasi ruang yang cocok. Keadaan tata letak, kebersihan toko dan juga penampilan yang menarik sangat mempengaruhi terhadap minat calon konsumen Anda. Sehingga penting untuk Anda perhatikan dengan baik.

Itulah beberapa tips ketika ingin membuka usaha toko kelontong bagi pemula yang harus Anda tahu agar usaha dapat dimaksimalkan dan dapat mengurangi beberapa potensi risiko yang mungkin terjadi. Yang terpenting adalah niat dan tekad yang kuat dalam menjalankan usaha. Beberapa hambatan pasti datang tetapi jangan pernah menyerah untuk tetap memajukan usaha Anda. Semoga bermanfaat!

Jika Anda terarik membuka toko kelontong, Toko Modern Fastpay adalah solusi untuk Anda, memiliki toko kelontong moden lengkap dengan modal yang terbatas. Toko Modern Fastpay Anda bisa mendapatkan 8 layanan bisnis sekaligus, grosir sembako tanpa stok, penjualan barang, pembayaran tagihan online, pengiriman pandai, laku pandai bank.

Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF