5 Tips Antisipasi Orang Tua Untuk Memilih Tayangan yang Mengedukasi Bagi Anak

Sebarkan artikel ini

Televisi merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai media pemberi informasi ataupun hiburan. Pada pertama kali kemunculannya, televisi hadir dengan warna hitam putih.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kini televisi pun hadir dengan tampilan yang lebih modern dan memiliki beragam warna. Tak hanya itu, saluran TV yang bisa Anda pilih pun mulai bervariasi. Bahkan, Anda juga bisa menikmati saluran televisi dari luar negeri.

Berkembangnya teknologi juga memunculkan sebuah TV kabel yang saat ini banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Lalu, apa itu TV kabel? TV kabel disebut dengan televisi satelit atau televisi berbayar. Bahkan, TV kabel kini sudah menjadi bagian dari tren gaya hidup manusia modern.

Tidak sedikit masyarakat modern yang lebih memilih TV kabel ini untuk mendapatkan informasi dan hiburan yang lebih lengkap. Ini karena TV kabel atau TV berbayar memiliki lebih banyak channel atau saluran TV yang bisa Anda nikmati.

Bahkan, Anda bisa menikmati berbagai macam saluran TV dari berbagai negara yang menayangkan beberapa tayangan dan juga genre film.

Banyaknya pilihan saluran TV yang ada memang memberikan keuntungan bagi Anda. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Terlebih, beberapa negara memiliki saluran TV dewasa yang tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak.

Sebagai orang tua, pasti Anda akan merasa khawatir jika tanpa sengaja anak-anak menonton tayangan yang bukan untuk seusia mereka. Sebagai langkah antisipasi agar anak tidak melihat tayangan yang belum layak untuk mereka tonton, berikut ada beberapa tips antisipasi yang bisa Anda lakukan.

1. Siasati Pembelian Paket dari Televisi Berbayar

Pastinya Anda sudah mengetahui apa itu TV kabel bukan? Ya, TV kabel atau TV berbayar menyediakan paket atau beberapa pilihan saluran TV yang bisa Anda pilih. Sebagai orang tua, Anda tentu harus memilih tayangan mana yang kiranya layak untuk ditonton sang  buah hati.

Untungnya, kini sudah ada paket yang diperuntukkan untuk anak-anak. Paket tersebut berisikan berbagai macam saluran yang layak untuk ditonton dan sesuai dengan karakter anak.

2. Jangan Terlalu Banyak Memilih Saluran Televisi

Langkah berikutnya untuk mengantisipasi anak agar tidak melihat tayangan yang tidak layak ialah dengan tidak memilih banyak saluran televisi. Mengapa? Banyaknya program yang ada justru membuatnya menjadi tidak efisien.

Selain itu, banyaknya saluran TV yang ada membuat Anda kesulitan untuk memilih mana saluran yang boleh untuk ditonton dan mana saluran yang tidak boleh untuk ditonton. Setiap saluran yang ada dalam TV berbayar tentu berkaitan dengan budaya dari negara produksi itu sendiri, sehingga tayangan yang ada di dalamnya juga sangat mempengaruhi.

3. Manfaatkan Parental Lock

Nah, bagi Anda yang merasa kesulitan untuk melakukan kontrol terhadap anak-anak saat sedang menonton televisi, maka Anda bisa menggunakan fitur parental lock yang satu ini. Bahkan, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sudah menyarankan kepada orang tua yang menggunakan televisi berbayar untuk menggunakan fitur tersebut.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dari fitur parenting lock tersebut. Dimana, fitur satu ini adalah sebuat alat kontrol terhadap saluran program yang memanfaatkan kata kunci atau password. Menariknya lagi, fitur tersebut juga bisa diatur sesuai dengan waktu pemakaian.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan pengaturan pada jam-jam tertentu seperti saat jam makan, jam belajar atau jam istirahat. Adanya fitur parenting lock juga sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang dikeluarkan oleh KPI itu sendiri.

Instrumen yang satu ini juga merupakan salah satu wujud nyata dari bentuk pengawasan pelanggan, khususnya para orang tua yang menggunakan saluran televisi berbayar. Jadi, dengan adanya fitur tersebut Anda bisa merasa lebih tenang dalam mengawasi anak-anak.

4. Jadilah Penonton yang Cerdas

Memang, TV kabel atau televisi berbayar memiliki lebih banyak saluran TV sehingga membuat Anda bisa mengakses lebih banyak informasi dan hiburan. Meski demikian, Anda juga harus menjadi penonton yang cerdas dalam memilih berbagai macam tayangan yang akan ditonton.

Anda bisa bertanya kepada contact center dari jasa televisi berbayar langganan Anda tentang saluran apa saja yang kiranya cocok dan pantas untuk dilihat anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi sendiri tentang channel apa saja yang kiranya pantas untuk ditonton untuk anak-anak.

Jika Anda ingin mencari informasi saluran televisi yang sesuai dengan usia anak, tentu Anda harus mencari informasi tersebut dengan teliti. Misalnya, Disney Channel berbeda dengan Disney Junior. Dimana, Disney Channel merupakan saluran televisi yang dikhususkan untuk anak-anak dari usia 6 sampai 12 tahun.

Sementara itu, Disney Junior diperuntukkan untuk anak usia 4 sampai 7 tahun. Begitu pula dengan saluran tv yang lainnya, Anda harus bisa mencari informasi tersebut dengan teliti.

5. Dampingi Anak Saat Menonton TV

Yang terakhir, Anda harus selalu mendampingi anak saat menonton televisi. Hal ini bertujuan agar anak bisa menonton yang kiranya bisa mengedukasi dirinya sendiri. Setelah menonton sebuah tayangan, berdiskusilah dengan anak tentang apa yang sudah dilihat tadi.

Selain bisa membuat anak lebih paham tentang apa yang mereka tonton, hal tersebut juga bisa membangun komunikasi dua arah antara anak dan orang tua. Anak juga akan lebih terbuka terhadap Anda terhadap berbagai macam hal.

Sejatinya, mendapatkan berbagai macam informasi seluas-luasnya memanglah hak bagi setiap orang. Namun kiranya, informasi yang didapat tersebut haruslah sesuai dengan jenjang usia. Terlebih lagi untuk anak-anak. Usia anak-anak memang belum sepantasnya melihat tayangan yang diperuntukkan orang dewasa.

Hal inilah yang membuat orang tua memiliki peranan yang lebih besar dalam memilih tayangan yang pantas dan layak untuk dilihat oleh anak-anak. Apalagi, para orang tua yang berlangganan televisi berbayar sudah tahu apa itu TV kabel yang memiliki berbagai macam saluran TV dari berbagai negara.

Meski saat ini sudah ada program saluran TV khusus untuk anak-anak, namun orang tua tetap harus waspada terhadap tontonan yang dilihat oleh anak-anak. Para orang tua bahkan tidak boleh lengah terhadap apa yang dilihat oleh anak saat mereka melihat sebuat tayangan di televisi berbayar.

Maka dari itu, tips antisipasi yang sudah disebutkan di atas bisa Anda terapkan untuk mengawasi anak agar bisa memilih tayangan yang tepat. Bahkan, jika Anda merupakan salah satu orang tua yang sibuk, ada pula fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membantu anak agar tidak ketagihan dengan tayangan TV yang dipertontonkan.

Memang, televisi menjadi salah satu media elektronik yang kehadirannya saat ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Bahkan, media elektronik tersebut kini tengah menjadi salah satu bagian dari masyarakat modern. Berbagai macam informasi pun bisa didapat dengan mudah lewat televisi.

Namun, Anda juga harus memberikan batasan terutama untuk anak-anak agar tidak menonton tayangan yang belum semestinya mereka lihat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImageImage

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF