5 Cara Mengatasi Kelebihan Berat Bagasi di Pesawat yang Harus Anda Perhatikan

Sebarkan artikel ini

Bagi Anda yang menyukai traveling pasti sudah mengetahui perihal adanya ongkos yang akan dikenakan apabila Anda membawa barang yang mengharuskan menaruhnya di bagasi pesawat. Meskipun dulu fasilitas berupa bagasi pesawat memang digratiskan, tapi lain halnya dengan aturan yang bisa dibilang masih baru ini.

Maka dari itu untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan ada baiknya jika Anda mulai merubah kebiasaan membawa barang dalam jumlah banyak. Karena selain hemat, Anda juga akan dimudahkan karena barang bawaan yang sedikit dan tentunya membuat perjalanan semakin nyaman.

Apabila masih bingung bagaimana caranya, simak cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat di bawah ini. Anda juga pasti akan terhindar dari biaya tambahan yang harus dikeluarkan:

1. Memilih Tas

Pada saat bepergian, manakah tas yang lebih efisien untuk dibawa yaitu ransel atau koper? Keduanya mungkin akan sama-sama dibutuhkan, hanya saja Anda perlu menyesuaikannya dengan banyaknya barang bawaan Anda. Jika barang yang akan dibawa  tidak terlalu banyak maka akan lebih efisien menggunakan ransel.

Lain halnya apabila barang yang akan Anda bawa banyak, maka akan lebih disarankan untuk membawa koper. Dengan catatan Anda hanya perlu membawa barang yang diperlukan saja, pastikan barang-barang tersebut adalah barang yang benar-benar Anda butuhkan saja.

Di sisi lain, pilihlah jenis koper yang tidak terlalu tebal karena dianggap akan lebih awet dan tidak mudah rusak. Tetapi, perlu diingat bahwa berat bagasi tidak hanya ditimbang berdasarkan isi kopernya saja. Tapi bobot koper juga diperhitungkan.

Memang semua cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, paling tidak Anda harus lebih bijak dalam memilih koper sebelum memutuskan untuk membelinya. Disamping keamanan yang diprioritaskan, bahan yang digunakan pun juga turut berpengaruh.

2. Membawa Tas Kecil

Cara kedua yang bisa Anda lakukan agar bobot bagasi mengalami pembengkakan adalah dengan menyimpan beberapa barang lainnya di dalam kabin. Sebab perlu Anda ketahui bahwa setiap penumpang diperbolehkan membawa tas masuk ke dalam kabin dengan maksimal berat 7 kilogram.

Maka dari itu, disarankan bagi Anda untuk membawa tas ransel atau tas jinjing yang muat untuk menyimpan beberapa barang. Terutama barang-barang berharga yang memang bisa saja harus dengan cepat Anda keluar masukkan.

Sebetulnya tidak hanya barang berharga saja, Anda juga bisa menyertakan beberapa barang lain. Yang terpenting untuk diperhatikan adalah bobot total tas yang Anda bawa masuk ke kabin tidak lebih dari 7 kilogram.

3. Gunakan Pakaian Berkantong Banyak

Memakai pakaian atau jaket yang memiliki kantong banyak ternyata menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Selain akan memberikan kehangatan bagi tubuh Anda saat berada di dalam pesawat, memakai jaket juga bisa menjadi salah satu trik agar bisa membawa banyak barang.

Cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat yakni dengan memilih jaket berkantong banyak. Karena di kantong-kantong tersebut Anda bisa memasukkan barang-barang yang memiliki ukuran relatif kecil. Perlu diketahui, barang-barang kecil semacam itu ternyata sedikit banyak juga berpengaruh terhadap berat koper Anda.

4. Teknik Menggulung Baju

Teknik menggulung baju ternyata mampu membuat koper Anda menjadi semakin longgar dan bisa memuat banyak barang loh. Tidak hanya mampu memberikan banyak ruang kosong, teknik menggulung ini juga bisa membuat koper Anda tidak terlalu berat.

Hitunglah jumlah pakaian yang pasti akan digunakan selama Anda bepergian tersebut. Sedangkan untuk peralatan mandi sendiri ada baiknya Anda membawa peralatan mandi yang berbentuk sachet agar lebih praktis.

Usahakan tidak usah terlalu banyak membawa jenis aksesoris yang sebenarnya tidak terlalu penting. Boleh saja membawanya, tapi dalam jumlah yang sedikit hanya satu atau dua saja.

5. Packing Pergi dan Pulang

Anda harus paham bahwa mengepak barang bawaan bukan hanya untuk pergi saja tapi juga untuk pulangnya. Andaikan bisa, lebih baik bawalah barang yang sedikit dan ringan saat Anda pulang. Maksudnya adalah tidak perlu membeli barang-barang di lokasi tujuan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan nantinya. Sebab pasti akan menambah bobot bagasi di pesawat.

Apabila Anda ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah maka bisa juga menggunakan jasa kirim. Terlebih jika oleh-olehnya memiliki jumlah yang tidak sedikit. Dengan mengirimkannya maka Anda sudah tidak perlu berat-berat membawanya dan juga tidak akan menambah bobot bagasi di pesawat. Cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat ini terbilang cukup efektif dan efisien untuk dilakukan.

5 tips di atas bisa Anda praktikkan saat Anda akan bepergian baik untuk kepentingan pekerjaan, bisnis ataupun liburan. Semoga cara mengatasi kelebihan berat bagasi di pesawat tersebut bisa membantu mempermudah Anda dalam mengepak barang-barang bawaan Anda.

Sekali lagi, tidak usah terlalu membawa banyak barang yang sebenarnya tidak akan Anda pakai dan bahkan tidak Anda butuhkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 5 Cara Mengatasi Kelebihan Berat Bagasi di Pesawat yang Harus Anda Perhatikan

Tim SBF