5 Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Sebarkan artikel ini

Mendirikan bisnis memerlukan banyak pertimbangan. Salah satu yang terpenting adalah modal. Bahkan sepertinya tidak sedikit pelaku bisnis yang gagal mendirikan bisnis karena tidak mempunyai jumlah modal yang cukup. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena sebetulnya masih ada cukup banyak bisnis modal kecil yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya dapat Anda lihat berikut ini.

Warung Kopi Sederhana

Bisnis modal kecil pertama yang memberi keuntungan menjanjikan adalah warung kopi. Jika rumah Anda berada di lokasi yang cukup strategis atau ramai dilalui orang, Anda bisa menggunakan area halaman atau garasi sebagai warung kopi sederhana. Selain bangku dan berbagai peralatan untuk membuat kopi, sebaiknya Anda juga menyediakan aneka gorengan sebagai teman minum kopi.

Jangan lupa koneksi Wi-Fi mengingat kini orang Indonesia sangat gemar menggunakan internet. Selain itu, siapkan pula colokan listrik agar pengunjung warung kopi tidak perlu khawatir jika baterai gadget mereka mendadak habis.

Dropship Online Shop

Online shop menjadi salah satu bisnis online yang cukup populer selama beberapa tahun belakangan ini. Sudah banyak pemilik online shop yang membuktikan keberhasilannya dalam menjalankan usaha kecil sukses. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa terkadang bisnis online shop membutuhkan modal cukup besar karena Anda harus sedia banyak produk untuk dijual. Apa benar begitu?

Anda tetap bisa membuka bisnis modal kecil berupa online shop melalui metode dropship. Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang dagangan. Pada metode dropship, jika ada pesanan produk, Anda hanya perlu menghubungi supplier dan mereka yang akan mengirimkan barang tersebut ke pelanggan. Jadi, Anda hanya memerlukan smartphone dan kemauan untuk terus promosi.

Jasa Desain Grafis

Bagi yang memiliki kemampuan dalam desain grafis, bisnis modal kecil ini cocok untuk Anda. Anda bisa menjadi freelancer dan membuka jasa desain grafis melalui internet. Permintaan terhadap produk desain grafis cukup tinggi di Indonesia, mulai dari membuat karikatur untuk hadiah kelulusan, desain vektor untuk hadiah pernikahan, desain tipografi untuk kebutuhan branding, dan sebagainya. Ada baiknya Anda membuat porto folio online menarik perhatian klien.

Menjual Barang Preloved

Punya barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai? Anda bisa membuka bisnis modal kecil dengan menjual barang-barang bekas tersebut. Sebelumnya pastikan dulu kondisinya masih bagus dan layak pakai, ya. Ada banyak jenis barang bekas yang bisa Anda jual, misalnya pakaian, sepatu, buku, hingga berbagai aksesoris seperti kalung atau gelang. Anda bisa menjual barang-barang tersebut di depan rumah atau dengan mengikuti festival tertentu dan membuka booth di sana.

Layanan Pembayaran Online

Layanan pembayaran online tengah menjadi salah satu tren bisnis modal kecil, terutama di kalangan pengusaha rumahan. Anda hanya perlu menyiapkan komputer atau laptop yang terhubung dengan internet untuk menjalankan usaha ini. Namun, pastikan Anda memilih provider layanan pembayaran online yang memang terpercaya seperti FastPay.

Melalui Sentra Bisnis FastPay, Anda akan memiliki peluang penjualan yang cukup tinggi karena ada banyaknya layanan dan produk yang tersedia. Ratusan ribu produk siap dijual melalui tujuh layanan utama, yakni layanan penjualan barang, tiket dan reservasi, tur dan travel, pembayaran tagihan, keagenan, perbankan, dan ekspedisi.

Modal memang menjadi salah satu hal terpenting dalam mendirikan bisnis, tetapi modal bukan satu-satunya hal yang berpengaruh terhadap kesuksesan suatu bisnis. Kelima poin di atas menunjukkan bahwa bisnis modal kecil dapat menjadi usaha kecil sukses selama Anda terus berusaha dan bekerja keras.

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF