4 Cara Menjadi Agen Tiket Pesawat Online Terpercaya yang Harus Anda Tahu

Sebarkan artikel ini

Sebagian orang lebih suka untuk berkarya sendiri daripada menjadi seorang karyawan atau bawahan. Baik itu membuka usaha dalam takaran kecil maupun usaha dengan modal besar. Bagi Anda yang juga lebih senang untuk berwirausaha sendiri, salah satu peluang usaha yang rekomendasi adalah menjadi agen tiket pesawat online terpercaya.

Seperti yang kita tahu, kebutuhan akan menggunakan pesawat terbang sebagai transportasi udara semakin meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai hal dan kebutuhan. Bisa karena urusan bisnis, kepentingan pemerintahan dan lainnya. Mengingat hal itu maka menjadi agen pesawat menjadi peluang usaha yang cukup baik. Namun sebelumnya, ada beberapa tips dan cara menjadi agen tiket pesawat online terpercaya yang perlu Anda tahu.

2. Menjalin Kerjasama Dengan Mitra

Untuk memulai bisnis pesawat ini Anda bisa memulainya dengan berbagai cara. Cara yang pertama adalah menjalin kerjasama dengan mitra kerja waralaba penyedia tiket pesawat dan biro perjalanan.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti prosedur yang ada untuk melakukan kerjasama dengan waralaba. Hal yang perlu Anda lakukan pertama adalah menyediakan lokasi terbaik yang akan menjadi lokasi usaha, serta peralatan operasional seperti printer, komputer, jaringan telepon dan jangan lupa menyediakan jaringan internet yang cukup lancar.

Bukan hanya itu, Anda juga akan dipandu oleh tim waralaba agen tiket pesawat dengan seluruh sistem operasional bisnis yang berlaku. Namun jika Anda cenderung kurang setuju untuk menjalin kerjasama dengan pihak waralaba, Anda bisa juga mendirikan usaha secara mandiri.

Tetapi, ketika Anda mendirikan bisnis secara mandiri berarti juga harus menjadikan usaha tersebut berbadan hukum dengan bentuk PT atau Perseroan terbatas , serta memiliki ASITA atau Asosiasi Pariwisata Indonesia.

Kedua syarat di atas wajib Anda miliki jika memilih jalur mendirikan usaha mandiri untuk membuka usaha agen tiket pesawat online terpercaya ini. Jika Anda tidak memiliki kedua syarat ini maka usaha penjualan tiket Anda dianggap ilegal.

2. Menjalankan Usaha

Setelah syarat keabsahan utama menjadi agen tiket pesawat online terpercaya sudah terpenuhi, tahap selanjutnya adalah mulai menjalankan usaha. Anda bisa memulainya dengan merekrut dua karyawan. Dimana kedua karyawan ini akan ditempatkan pada dua tugas yang berbeda. Satu menjadi operator yang tugasnya untuk melayani pelanggan dengan baik, sedangkan satunya lagi bertugas untuk operasional bisnis.

Yang dimaksud bagian operasional bisnis adalah termasuk dalam mengambil tiket pesawat dari maskapai lalu mengantarkannya kepada pelanggan atau konsumen, mengurus sistem pembayaran dan beberapa tugas lainnya.

3. Buat Sistem Managemen Perusahaan Dengan Baik

Tips dan agen tiket pesawat online terpercaya yang selanjutnya adalah membuat sistem managemen perusahaan dengan baik. Dalam menjalankan sebuah usaha apapun, seseorang membutuhkan managemen sistem yang baik. Apalagi usaha yang Anda jalankan ini berbasis online dan teknologi, tentu kepandaian membuat sistem managemen usaha sangat penting untuk dipikirkan dengan matang.

Sistem dan managemen bisa dikatakan merupakan hal yang wajib dikonsep dengan baik demi perkembangan sebuah usaha. Untuk melakukan hal ini Anda bisa memulainya dengan menentukan batasan jumlah karyawan yang akan dipekerjakan di perusahaan.

Jumlah karyawan yang ideal dalam usaha ini adalah 3 orang. Tiga orang ini nantinya akan ditempatkan dua orang sebagai reservasi yang bertugas melayani calon pembeli atau konsumen, sedangkan satu karyawan lain bertugas untuk operasional usaha.

Bagian tugas operasional sendiri memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk melakukan tugas keagenan, termasuk diantaranya seperti mengantar tiket ke calon pembeli, membeli tiket dari maskapai atau mengantarkan setoran ke pihak maskapai.

4. Lakukan Strategi Pemasaran Yang Efektif

Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah kepandaian dalam memilih strategi pemasaran terbaik untuk menggaet para konsumen Anda. Termasuk dalam mendirikan usaha agen tiket pesawat online terpercaya, memiliki strategi pemasaran yang efektif harus mampu Anda terapkan.

Misalnya saja melakukan promosi di Yellow Pages. Melakukan iklan atau promosi di Yellow Pages ini memang sudah terbukti sebagai solusi beriklan yang sangat recommended. Sangat efektif untuk Anda lakukan karena memungkinkan iklan untuk dibaca dan diketahui banyak orang dalam cakupan yang luas.

Namun untuk promosi atau iklan di Yellow Pages ini tidak gratis alias Anda membutuhkan dana untuk pembayaran. Harga beriklan di Yellow Pages tergantung dengan wilayah atau lokasi iklan yang Anda pilih.

Kurang lebih beriklan di Yellow Pages  berkisar antara 900 ribu sampai 1,4 juta rupiah dengan ukuran kolom 10×10 cm. Bisa juga melakukan promosi iklan dengan menyebarkan brosur ke daerah yang dianggap paling potensial untuk menerima promosi Anda.

 Bisnis menjadi agen tiket pesawat online terpercaya sudah cukup ketat persaingannya, sehingga Anda harus memiliki strategi pemasaran yang berpoin menarik dibandingkan dengan agen lain. Misalnya dengan memberikan harga promo atau diskon tertentu dan sebagainya.

Demikian 4 tips dan cara menjadi agen tiket pesawat online terpercaya yang perlu Anda tahu. Tentunya dengan niat yang cukup matang untuk menjalankan usaha, sehingga Anda sudah benar-benar siap untuk menanggung segala kemungkinan risiko, serta melakukannya dengan bersungguh-sungguh. Semoga bermanfaat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF