11 Perlengkapan Usaha Fotocopy yang Harus Dimiliki! Poin Terakhir Paling Wajib!

Sebarkan artikel ini

Membuka usaha fotocopy menjadi salah satu bisnis yang banyak dipilih sebagian orang karena prospeknya yang cukup bagus ke depan. Meski modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini tidaklah sedikit, akan tetapi jika bisa dikelola dengan benar maka keuntungan yang bisa Anda dapat sangat lumayan.

Saat membuka jasa tersebut, tentunya Anda membutuhkan berbagai macam perlengkapan usaha fotocopy. Ada banyak perlengkapan usaha yang harus dilengkapi. Apa sajakah itu? Berikut pembahasannya;

  1. Mesin Fotocopy

Saat akan membuka usaha yang satu ini, tentu wajib memiliki mesin fotocopy. Mesin fotocopy sendiri menjadi perlengkapan utama karena digunakan untuk mencetak serta menggandakan dokumen.

Ada banyak jenis serta merk mesin fotocopy yang terdapat di pasaran. Untuk harganya sendiri, ada yang mulai dari belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Jika Anda baru memulai membuka usaha, lebih baik membeli mesin fotocopy  biasa dengan harga belasan juta.

Namun, jika Anda memiliki modal lebih tidak ada salahnya untuk membeli mesin fotocopy multifungsi yang harganya mencapai puluhan juta. Nah, selain itu jangan lupakan juga kualitas mesin yang akan Anda beli. Mesin dengan kualitas yang baik tentu akan memberikan performa kinerja yang baik pula.

  1. Komputer

Berikutnya adalah komputer, untuk perlengkapan yang satu ini optional, artinya Anda bisa membelinya ataupun tidak. Namun, semakin lengkap toko tentu akan membuat pengunjung datang ke tempat Anda bukan?

Komputer ini digunakan untuk mengedit dokumen sebelum dicetak dan digandakan. Usahakan untuk memilih sebuah komputer dengan spesifikasi yang bagus agar tidak lemot saat digunakan. Seperti, Anda bisa memilih komputer dengan prosesor core i3 serta memiliki kapasitas RAM minimal 4GB.

  1. Printer

Jika Anda memiliki komputer, jangan lupakan juga printer. Alat satu ini digunakan untuk mencetak dokumen dan juga foto. Nah, jika Anda ingin membuat sebuah usaha fotocopy dengan pelayanan yang lengkap, maka jangan lewatkan printer satu ini. untuk harga printer sendiri hanya sekitar 1 jutaan.

  1. Mesin Laminating

Perlengkapan usaha fotocopy berikutnya ialah mesin laminating. Saat Anda mengunjungi sebuah usaha fotocopy, kebanyakan mereka akan memiliki mesin yang satu ini bukan? Mesin laminating digunakan untuk melaminating sebuah dokumen penting. Nah, harga dari mesin yang satu ini sekitar 1 jutaan.

  1. Etalase Kaca

Nampaknya, etalase kaca merupakan barang yang wajib untuk dimiliki saat akan membuka sebuah usaha fotocopy. Etalase kaca ini nantinya digunakan untuk meletakkan berbagai macam barang tambahan ATK.

Pilihlah sebuah etalase kaca yang bagu dan berkualitas. Etalase kaca yang berkualitas memiliki ketebalan kaca yang bagus. Untuk bisa mendapatkan barang yang satu ini, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar 1 jutaan. Akan tetapi, harga tersebut tergantung pada kualitas dan ketebalan kacanya.

  1. Alat Pemotong Kertas

Alat yang dibutuhkan berikutnya ialah alat pemotong kertas atau yang juga disebut dengan multi paper cutter. Alat tersebut dapat digunakan untuk memotong kertas dalam jumlah banyak sekaligus.

Anda hanya tinggal meletakkan bagian kertas yang akan dipotong, lalu menekannya sekali saja. Maka, puluhan lembar kertas itupun akan terpotong dengan rapi. Semakin besar alat pemotong kertas yang digunakan, maka akan semakin mudah untuk memotong kertas meski dalam jumlah banyak sekalipun.

  1. Cover Jilid

Cover jilid menjadi perlengkapan usaha fotocopy yang juga sangat diperlukan. Apalagi, jika Anda membuka usaha ini dilingkungan sekolah, kampus atau bahkan perkantoran. Biasanya, para pelanggan akan meminta cover jilid dengan jenis tertentu seperti soft cover ataupun hard cover. Oleh karenanya, sediakan beragam jenis cover jilid di tempat Anda.

  1. Meja dan Kursi

Meski hanya merupakan furniture pendukung, namun secara tidak langsung barang tersebut sangat dibutuhkan dalam usaha fotocopy Anda. meja digunakan untuk meletakkan komputer, printer atau mesin laminating. Sementara itu, kursi digunakan untuk duduk saat mengoperasikan komputer atau sebagai tempat duduk pengunjung.

  1. Stapler

Alat berikutnya yang harus Anda siapkan adalah stapler. Alat tersebut biasanya akan dibutuhkan oleh para pelanggan jika mereka ingin menggabungkan dokumen yang berisi lebih dari satu lembar. Oleh karena itu, siapkan beberapa buah stapler dengan berbagai ukuran. Jangan lupa juga siapkan stapler yang berukuran besar untuk menjilid dokumen yang tebal.

  1. Neon Box

Perlengkapan usaha fotocopy berikutnya ialah neon box. Neon box sendiri digunakan sebagai papan nama dari toko Anda. Namun biasanya, harga neon box lebih mahal jika dibandingkan dengan banner biasa.

Jika Anda belum memiliki modal yang cukup, maka Anda bisa menggunakan banner untuk membuat papan nama. Jangan lupa juga selipkan beberapa jasa lainnya yang Anda tawarkan.

  11.  Bergabung Bersama Fastpay

Jasa lain yang menjadi pelengkap usaha anda justru menjadi daya tarik untuk Pelanggan. Bagaimana Pelanggan tidak akan menjadi langganan ketika Outlet Fotokopi Anda dapat melayani pembayaran tagihan bulanan hingga setor tunai seperti di bank?

Demikian beberapa perlengkapan usaha fotocopy yang harus dilengkapi. Namun, jika modal yang Anda miliki sekiranya pas-pasan, maka Anda bisa membeli beberapa barang yang penting terlebih dahulu seperti mesin fotocopy & mendaftar menjadi Juragan Fastpay dengan paket basic.

Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Hanya dengan bergabung di Toko Modern Fastpay, bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di outlet fotokopi Anda!

banner 11 Perlengkapan Usaha Fotocopy yang Harus Dimiliki! Poin Terakhir Paling Wajib!

Tim SBF